Sponsors Link

Inilah 8 Planet yang Mengelilingi Matahari

Sponsors Link

Planet yaitu suatu benda astronomi yang mengorbit pada bintang dan planet sangat identik dengan matahari, karena planet selalu mengelilingi matahari. Pada dasarnya planet terdiri dari 2 jenis yaitu raksasa gas besar yang tingkat kepadatannya sangat rendah dan raksasa darat kecil yang kondisinya berbatu. Planet sangat berhubungan dengan sejarah dan sangat berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan alam. Pada berbagai jenjang pendidikan Indonesia dan pada saat pelajaran ilmu pengetahuan alam, pasti akan ada bahasan mengenai planet. Ada 8 planet yang dikenal seperti planet merkurius, venus, bumi, mars, yupiter, saturnus, uranus dan neptunus.

ads

Planet mengelilingi matahari, karena matahari adalah pusat dari sistem tata surya dan dengan mengelilingi matahari semua planet akan mendapatkan energi yang berasal dari cahaya matahari. Proses gravitasi matahari membuat posisi seluruh planet tetap berada pada orbitnya dan proses bumi yang mengelilingi matahari disebabkan, karena adanya tarikan dari gravitasi matahari. Planet yang ada di tata surya akan melakukan 2 gerakan yaitu rotasi dan revolusi. Rotasi adalah perputaran planet yang terjadi pada porosnya dan revolusi adalah perputaran planet terhadap matahari.

Planet melakukan gerak revolusi dalam jalur orbit yang bentuknya elips dan hal ini terjadi, karena planet memiliki kecepatan dalam arah yang tegak lurus terhadap kuatnya tarikan matahari. Saat matahari tidak ada, planet akan melakukan perjalanan yang tanpa arah atau lurus dan dengan adanya percepatan gravitasi matahari, akan mengubah bentuk perjalanan lurus planet menjadi melingkar sempurna atau elips. Ada delapan planet yang mengelilingi matahari, diantaranya adalah:

1. Merkurius

Planet merkurius adalah planet yang letaknya paling dekat dengan matahari dan lapisan atmosfer yang dimiliki planet ini sangatlah tipis, hal ini membuat suhu pada permukaannya mencapai 430 derajat celcius pada saat kondisi siang hari. Pada bagian permukaannya, planet ini memiliki bentuk yang berlubang-lubang dan ukuran merkurius lebih kecil dibandingkan bumi. Planet merkurius dapat terlihat dari bumi, pada kondisi matahari akan terbit ataupun akan tenggelam. Planet merkurius tidak memiliki jaringan satelit dan merkuris memiliki gerak relatif saat melakukan perputaran pada matahari.

2. Venus

Venus adalah salah satu planet yang sering dijuluki sebagai bintang fajar dan venus seringkali terlihat indah saat waktu fajar tiba. Tak hanya itu venus juga sering terlihat saat matahari akan tenggelam dan atmosfervenus terdiri dari gas karbondioksida, hidrogen, uap air dan nitrogen. Berbagai langkah-langkah penelitian menyebutkan bahwa venus memiliki sifat untuk menahan cahaya matahari dan venus menjadi planet yang terlihat sangat cerah atau paling cerah. Arah rotasi venus searah dengan jarum jam dan planet ini juga tidak memiliki sebuah satelit.

3. Bumi

Bumi adalah satu-satunya planet yang dihuni oleh makluk hidup dan bumi melakukan keliling atmosfer yang terdiri dari nitrogen, uap air, oksigen dan karbondioksida. Dengan adanya atmosfer berbagai ancaman sinar ultraviolet dapat dicegah dengan sangat baik dan sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi bumu, karena bisa mematikan kehidupan. Saat dilihat dari angkasa, bumi akan terlihat bewarna biru dan lapisan putih melingkar yang dihasilkan atmosfer. Bumi menjadi salah satu planet yang memiliki satelit dan bulan sebagai satelit bumi satu-satunya.

4. Mars

Planet mars adalah salah satu planet yang sering disebut sebagai planet merah, hal ini didasarkan pada warnanya yang terlihat kemerahan dan warna merah yang ada dihasilkan dari butiran debu yang diterbangkan angin. Pada permukaannya, mars memiliki gunung-gunung yang sangat tinggi dan memiliki kawah yang besar, secara keseluruhan planet mars merupakan padang pasir. Atmosfer yang terdapat pada planet mars terdiri dari gas karbondioksida dengan nitrogen dan pada planet mars, tak ada kandungan air. Planet mars memiliki 2 satelit yaitu Phobos dan Deimos.

5. Yupiter

Dalam sistem tata surya, yupiter adalah planet yang paling besar dan bentuk yupiter 11 kali lebih besar dari pada bumi, tak heran jika planet yupiter sering disebut sebagai planet raksasa. Yupiter memiliki kecepatan yang sangat tinggi saat berputar pada porosnya dan atmosfer planet yupiter kebanyakan dari hidrogen dan sisa helium. Atmosfer yang terdapat pada planet yupiter sangatlah tebal dan hal ini membuat bentuk yupiter seperti bola gas raksasa. Yupiter memiliki 16 satelit dan empat satelit terbesar yang dimiliki yupiter adalah Ganymede, Callisto, Europa, serta Io.


6. Saturnus

Dalam susunan tata surya, planet saturnus adalah planet yang memiliki ukuran kedua terbesar setelah yupiter dan ukuran planet saturnus 9 kali lebih besar dari pada ukuran bumi. Saturnus memiliki lapisan atmosfer yang sangat tebal dan susunan atmosfer dalam planet ini terdiri dari hidrogen serta helium. Pada bagian atmosfernya, planet ini memiliki tiga cincin dan bagian cincin terdiri dari debu yang halus, butir es dan kerikil yang sangat kecil. Planet saturnus memiliki jumlah satelit sebanyak 31 dan Titan adalah satelit terbesar yang ada di planet ini.

7. Uranus

Planet uranus adalah salah satu planet yang sulit untuk dilihat dari bumi dan planet ini sangat tertutup oleh awan yang tebal. Planet ini memiliki warna yang kebiruan dan atmosfer pada planet ini terdiri dari hidrogen, metana serta helium. Arah rotasi planet uranus tidak searah dengan jarum jam dan arah rotasinya berlangsung dari timur ke barat. Pada bagian porosnya, planat ini berputar dengan sangat cepat dan planet ini memiliki cincin pada bagian atmosfer. Planet ini sulit diamati dari bumi, meskipun menggunakan bantuan teleskop. Planet ini memiliki 27 satelit dan Miranda menjadi salah satu satelit yang ukurannya sangat besar.

8. Neptunus

Planet neptunus adalah salah satu planet yang memiliki 4 cincin dan memiliki 11 satelit, Triton adalah salah satu satelit yang memiliki ukuran besar di planet ini. Planet ini memiliki bintik yang hitam dan diperkirakan adalah sebuah badai raksasa. Lapisan atmosfer planet ini sangatlah tebal dan atmosfernya terdiri dari gas hidrogen serta helium. Matahari terdiri dari berbagai gas penyusun matahari dan planet ini mengelilingi matahari dengan sangat cepat.

Demikian ulasan lengkap mengenai planet yang mengelilingi matahari dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Astronomi
Search
Belajar Online Gratis

Ternyata banyak sekali orang-orang pintar dari Indonesia yang berhasil menciptakan sesuatu dan diakui oleh Internasional. Berikut ini daftar ilmuwan dengan ciptaannya yang fungsi dan temuannya diakui oleh banyak negara di dunia.