Sponsors Link

Planet Mars: Karakteristik – Pembentukan – Satelit

Sponsors Link

Mars merupakan planet yang letaknya berada di urutan ke depan dari matahari. Nama mars sendiri diambil dari Dewa perang Romawi yakni Mars yang juga sering disebut dengan planet merah sebab akan terlihat kemerahan ketika dilihat dari jauh. Berikut akan kami ulas tentang planet mars secara lengkap dari mulai karakteristiknya, pembentukan, warna, julukan dan masih banyak lagi.

Karakteristik Planet Mars

Planet mars mempunyai jari jari kurang lebih ½ dari jari jari bumi dan terbilang tidak terlalu padat dibandingkan dengan bumi karena hanya memiliki sekitar 15% volume serta 11% massa bumi berbeda dengan planet venus.

Planet mars juga memiliki luas permukaan lebih kecil dibandingkan dengan wilayah kering di bumi. Namun mars lebih besar dibandingkan dengan merkurius meski merkurius jauh lebih padat. Ini menyebabkan kedua planet tersebut memiliki gaya gravitasi yang hampir sama pada permukaannya.

Untuk ukuran, gravitasi bumi serta massa permukaan mars sendiri ada di antara bumi serta bulan. Diameter bulan hanyalah setengah dari planet mars, sedangkan bumi sebesar dua kalinya yakni sembilan kali lebih besar dibandingkan mars.

  • Geologi Planet Mars

Dari pengamatan orbit serta pemeriksaan pada sekumpulan meteorit mars, pada permukaan mars terdiri dari basalt. Selain itu dalam beberapa bukti juga ditemukan jika mars memiliki banyak silika yang terlihat mirip dengan batu andesit di bumi.

Sebagian besar permukaan dari planet mars juga dilapisi dengan debu besi oksida sehingga membuat planet mars terlihat kemerahan. 40% dari permukaan planet mars ini memiliki cekungan yang terjadi karena tabrakan objek sebesar pluto 4 miliar tahun yang lalu. Cekungan yang ada di bagian utara mars dikenal dengan nama cekungan Borealis.

  • Tanah Planet Mars

Dari data wahana Phoenix, tanah mars terdiri dari beberapa unsur seperti klorida, potasium atau kalium, magnesium dan juga magnesium. Selain itu, percoban yang dilakukan wahan Phoenix juga mengungkapkan jika tanah mars memiliki pH 8.3 serta mengandung garam perklorat.

  • Atmosfer Planet Mars

Mars sudah kehilangan magnetosfer 4 miliar tahun yang lalu sehingga angin surya dapat berhubungan langsung dengan ionosfer dan akhirnya menyebabkan menurunnya kepadatan atmosfer yang mengupas atom atom dari lapisan luarnya.

Jika dibandingkan dengan bumi, atmosfer mars bisa dikatakan tipis. Sedangkan tekanan terkuat mars ada pada ketinggian 35 km di atas permukaan bumi. Atmosfer mars sendiri terdiri dari 95% karbon dioksida, 1.6% argon, 3% nitrogen dan juga mengandungn oksigen serta air.

  • Iklim Planet Mars

Dibandingkan dengan planet lain, mars merupakan planet yang memiliki musim serupa dengan bumi yang disebabkan karena sumbu kedua planet. Namun untuk panjang musim di mars dua kali lebih lama dari bumi sebab jarak mars lebih jauh dari matahari.

Pembentukan Planet Mars

Ketika pembentukan tata surya, mars terbentuk dari cakram protoplanet yang mengelilingi matahari. Planet mars memiliki ciri kimia berbeda sebab letaknya pada tata surya. Unsur dengan titik didih rendah seperti fosfor atau fosforus, klorin serta sulfur berjumlah lebih besar dibandingkan bumi. Beberapa unsur tersebut kemungkinan dihalangi di daerah yang dekat dengan matahari oleh angin surya muda yang sangat kuat.

Sesudah terbentuk, beberapa planet kemudian melewati masa pemborbardiran berat akhir dan bekas tabrakan di masa tersebut bisa dilihat pada 60% permukaan mars.

Ciri Ciri Planet Mars

Planet mars sendiri memiliki ciri ciri khusus yang membuat planet ini berbeda dengan planet lainnya. Berikut akan kami jelaskan beberapa ciri dari planet mars:

  • Planet mars memiliki warna kemerahan sehingga dijuluki planet merah akibat kandungan besi oksida pada permukaan mars.
  • Jarak antara mars dan juga matahari adalah 227 juta km. Untuk jarak terdekat adalah 206 juta km, sedangkan untuk jarak terjauh adalah 246 juta km.
  • Pada permukaan planet mars terdapat lembah, kawah, gunung berapi, gurun serta bagian kutub yang tertutup dengan kubah es.
  • Lapisan atmosfer planet mars lebih tipis dibandingkan dengan atmosfer bumi serta tersusun dari gas karbon dioksida sebanyak 95%, nitrogen sebanyak 3%, oksigen, argon serta uap air.
  • Periode rotasi planet mars adalah 24.6 jam, sedangkan periode revolusi adalah 687 hari.

Jarak Planet Mars dari Matahari

Planet mars sebagai planet yang mengelilingi matahari atau mengorbit matahari di jarak rata rata yakni sumbu semi mayor 228 juta km atau lebih dari 1 ½ kali jarak antara bumi dan matahari. Akan tetapi, planet mars juga punya orbit paling eksentrik urutan kedua dari seluruh planet di tata surya sesudah merkurius.

Ini menandakan jika jarak mars dari matahari akan bervariasi antara perihelion atau titik terdekatnya serta aphelion atau titik terjauhnya. Bisa dikatakan jika jarak antara mars dan matahari berkisar 1 tahun mars dari 206.700.000 km di perihelion serta 249.200.000 kmdi aphelion.

Satelit Planet Mars

Planet mars memiliki dua satelit alami yang terbilang kecil bernama Phobos serta Deimos. Namun, asal usul dari planet ini masih belum diketahui dan baru ditemukan pada tahun 1877 oleh Asaph Hall kemudian diberi nama dari tokoh Phobos yang berarti panik atau ketakutan dan juga Deimos yang berarti teror dan dalam mitologi Yunani yang menemani ayah mereka yakni Ares pertempuran.

Orbit Phobos ada di bawah ketinggian sinkron sehingga menyebabkan gaya pasang surut planet mars secara perlahan merendahkan orbitnya. Dalam 50 juta tahun, satelit tersebut akan menabrak mars atau pecah menjadi struktur cincin yang mengitari planet.

Julukan Planet Mars

Planet mars yang ada di urutan keempat dalam tata surya memiliki warna kemerahan akibat besi oksida di permukaan planet mars tersebut. Untuk itulah, planet mars dijuluki dengan nama planet merah.

Posisi mars ada di langit timur sesudah petang hari dan karakteristik yang paling mencolok dari planet ini adalah warna merah berbeda dengan macam macam benda langit lainnya.

Dibandingkan dengan planet lain yang terlihat seperti bintang berwarna putih, planet mars merupakan satu satunya planet yang akan berwarna merah ketika malam. Sebenarnya, mars mempunyai permukaan yang dipenuhi dengan debu serta bebatuan sehingga membuat planet mars berwarna merah muda termasuk ketika ada di langit bumi.

Warna Planet Mars

Mars menjadi satu satunya planet yang dijuluki dengan planet merah. Foto mars dari lembaga antariksa selalu memperlihatkan jika mars seperti bola berwarna oranye agak kemerahan dan akan terlihat sama di malam hari sehingga membuat mars terlihat berbeda dari planet atau bintang yang lainnya.

Mesi dilihat dengan mata telanjang, planet mars akan tetap terlihat seperti bintang yang berwarna kemerahan. Dari keterangan resmi Badan Antariksa Eropa atau ESA, warna merah dari planet mars tersebut terjadi karena partikel karat atau oksida pada bebatuan mars yang tertiup ke atmosfer mars yang tipis. Inilah yang membuat mars terlihat berwarna merah agak oranye ketika dilihat dari bumi.

Fakta Menarik Planet Mars

Selain dari warnya yang berbeda dengan planet atau bintang lain, planet mars juga memiliki beberapa fakta menarik lain, seperti:

1. Gunung Tertinggi di Tata Surya Ada di Mars

Tidak hanya bumi yang mempunyai beberapa gunung, namun planet mars juga mempunyai gunung pada permukaannya seperti salah satunya adalah Olympus Mons yakni gunung tertinggi tidak hanya di mars, namun juga menjadi gunung tertinggi di tata surya. Ketinggian dari Olympus Mons tersebut adalah 3 kali dari tinggi Gunung Everest

2. Satu Tahun di Mars Sama Seperti 2 Tahun di Bumi

1 hari di bumi adalah 24 jam, sedangkan di planet mars, 1 hari berlangsung selama 24 jam 37 menit. Meski satu hari di mars hanya sedikit lebih lama di bumi, akan tetapi satu tahun di mars setara dengan 2 tahun di bumi atau 687 hari.

Ini disebabkan karena orbit mars lebih lonjong dibandingkan dengan orbit bumi yang membuat planet ini butuh waktu lebih lama untuk mengelilingi bumi.

3. Terdapat Air di Mars

Hampir sekitar 10 tahun para ilmuwan berdebat tentang adanya air di planet mars. Meski mars memiliki iklim  yang kering, namun planet tersebut mempunyai kutub serta lapisan es beku dan juga uap air di udara. Meski memang belum terbukti, namun ilmuwan beranggapan jika ada air di mars dari noda atau garis gelap pada dinding kawah serta tebing.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Astronomi