Sponsors Link

Daur Hidup Jangkrik dan Manfaatnya

Sponsors Link

Jangkrik adalah salah satu serangga yang banyak dijumpai di kebun dan sawah. Jangkrik menjadi serangga yang sangat mirip dengan belalang dan hewan ini memiliki antena di bagian depan yang panjang. Jangkrik termasuk dalam golongan hewan omnivora dan jangkrik memiliki ciri khas dari suaranya yang sangat unik, namun suara jangkrik hanya keluar dari jangkrik jantan saja. Jangkrik bersuara dengan tujuan untuk menarik para betina dan menjauhkan para jantan yang akan mendekat. Hewan ini sering dicari banyak orang sebagai hewan peliharaan yang nantinya bisa dikonteskan dan banyak yang berpendapat bahwa jangkrik adalah salah satu hewan keberuntungan.

ads

Daur Hidup Jangkrik

Proses metamorfosis yang dilakukan jangkrik terdiri dari berbagai tahapan seperti Telur-Nimfa-Jangkrik Dewasa. Jangkrik betina biasanya menyimpan telurnya di dalam tanah dan telur yang menetas disebut juga nimfa. Pada saat fase nimpa akan ada pergantian kulit yang berlangsung sebanyak 6-8 kali dan pada pergantian kulit terakhir, jangkrik akan berubah menyerupai jangkrik dewasa. Jangkrik memang menjadi hewan yang identik dengan lahan perkebuhan atau pesawahan, namun secara garis besarnya jangkrik sangat senang berada di tanah. Daur hidup jangkrik akan berjalan dengan baik, apabila terhindar dari berbagai serangan dari berbagai ancaman dan ancaman terhadap daur hidup jangkrik bisa terjadi dari proses internal ataupun eksternal.

Faktor internal yang bisa menghambat daur hidup jangkrik adalah adanya virus serta bakteri yang sudah merambat dan berbagai virus yang menyerang jangkrik, akan sangat berbahaya bagi kelangsungan daur hidup jangkrik. Sedangkan faktor eksternal yang bisa saja menyerang daur hidup jangkrik adalah adanya pemangsa dari jenis hewan lain seperti ular, kadal dan berbagai hewan berbahaya lainnya. Jangkrik juga dikenal menjadi salah satu hewan yang bermanfaat bagi manusia dan bagi kesehatan manusia.

Manfaat Daging Jangkrik

1. Makanan

Pada jaman dahulu jangkrik banyak digunakan untuk pakan burung dan jangkrik menjadi makanan favorit bagi para burung. Jangkrik juga seringkali dibuat menjadi tepung dan tepung jangkrik biasanya diberikan pada burung peliharaan. Namun kini seiring perkembangan jaman yang pesat, kini jangkrik dimanfaatkan untuk menjadi makanan manusia dan dijual dengan harga yang lumayan murah. Ada beberapa makanan yang berbahan dasar daging jangkrik seperti sate jangkrik, rempeyek jangkrik, nasi goreng jangkrik dan berbagai jenis makanan lain. Salah satu faktor penghambat pesebaran flora dan fauna adalah adanya pembangunan berbagai kebutuhan negara seperti gedung serta jalan.

2. Kandungan

Berdasarkan berbagai langkah-langkah penelitian yang dilakukan lembaga terkait ada berbagai manfaat yang dihasilkan dari kandungan jangkrik seperti mengandung banyak gizi hormon serta mengandung banyak protein. Gizi hormon yang dihasilkan dari daging jangkrik bisa bermanfaat sebagai sumber energi manusia dan dari setiap jangkrik dewasa terdapat sekitar 4.87 kalori/gram. Kandungan protein yang didapatkan dari jangkrik dan kandungan proteinnya sangat membantu manusia untuk menambah kecerdasan otak. Semua manfaat kandungan jangkrik dapat berfungsi dengan baik, apabila dikonsumsi sesuai aturan atau tidak terlalu berlebihan.

3. Penambah stamina

Stamina menjadi salah satu hal penting bagi manusia, apalagi bagi para lelaki dan lelaki yang sudah menikah biasanya membutuhkan tenaga 2 kali lipat dalam kesehariannya, karena harus bekerja siang serta bekerja di ranjang pada malam. Kebugaran atau stamina seorang lelaki tentu menjadi penentu kepuasan bagi para wanita dan jika loyo tentu akan mengecewakan. Salah satu hewan yang bisa diolah menjadi ramuan penambah stamina adalah jangkrik dan pengolahan jangkrik biasanya dibuat jamu serta tambahkan ramuan lainnya, agar ramuannya lebih manjur. Tak hanya untuk pria, jangkrik juga dapat menambah vitalitas seorang wanita. Jangkrik tidak termasuk dalam hewan langka yang dilindungi di indonesia dan populasinya di Indonesia sangatlah banyak.

4. Pencegah penyakit

Jangkrik juga bermanfaat untuk mencegah berbagai jenis penyakit dan salah satu penyakit yang dapat tercegah adalah penyempitan pembuluh darah. Salah satu penyakit penyempitan pembuluh yang paling berbahaya adalah stroke dan kandungan asam amino dari jangkrik dapat mencegah stroke dengan baik. Jangkrik menjadi komponen biotik penyusun ekosistem yang ada di alam dan peranan jangkrik sangatlah penting. Ketika melihat fisiknya jangkrik memang sangat menjijikan bila dikonsumsi, namun bila dilihat dari manfaatnya jangkrik sangatlah penting dan kini untuk memperoleh jangkrik sangatlah mudah, karena banyak dijual dipasaran.


5. Sehat untuk anak

Pertumbuhan anak memang memiliki peran penting dalam menentukan kesehatan dan kecerdasan seorang anak. Jangkrik menjadi hewan yang tidak mengalami metamorfosis sempurna dan daur hidup jangkrik hanya melalui 3 fase saja. Hewan ini sangat bermanfaat bila dikonsumsi oleh anak-anak dan anak yang sedang dalam masa pertumbuhan akan sangat baik bila diberikan daging jangkrik. Protein yang dimiliki jangkrik memang memberikan manfaat bagi manusia dan dengan mengkonsumsi daging jangkrik secara rutin akan membuat seseorang menjadi sehat.

6. Membuat awet muda

Berdasarkan ruang lingkup geografi, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki wilayah strategis dan kondisi cuacanya yang hujan disertai kemarau sangat memudahkan jangkrik untuk berkembang biak. Jika jangkrik dikonsumsi secara rutin bisa membuat seseorang menjadi awet muda dan semakin awet muda, manusia akan selalu bisa tampil percaya diri. Kasir biasanya tinggal di tanah dan sengaja membuat lubang di tanah untuk tempat berlindung. Cara pengolahan jangkrik bisa dilakukan dengan berbagai cara dan bisa dilakukan dengan tambahan rempah-rempah pendukung kelezatannya.

7. Untuk burung kicau

Jangkrik juga tidak hanya bermanfaat bagi manusia, namun bisa bermanfaat juga bagi burung peliharaan dan manfaat jangkrik untuk burung adalah menambah daya kicau burung. Kicau burung memang seringkali dikonteskan dan semakin baik burung berkicau, maka harga jualnya akan semakin tinggi. Tak hanya itu jangkrik juga sering digunakan untuk pakan ikan hias dan berbagai jenis ikan hias sangat menyukai jangkrik. Hewan ini juga menjadi salah satu hewan yang dibudidayakan di dataran rendah dan biasanya bila dibudidayakan di dataran tinggi akan mudah kedinginan serta berimbas pada kematian.

Demikian ulasan lengkap mengenai daur hidup jangkrik & manfaat daging jangkrik serta semoga artikelnya dapat memberikan banyak manfaat.

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Hewan
Search
Belajar Online Gratis

Ternyata banyak sekali orang-orang pintar dari Indonesia yang berhasil menciptakan sesuatu dan diakui oleh Internasional. Berikut ini daftar ilmuwan dengan ciptaannya yang fungsi dan temuannya diakui oleh banyak negara di dunia.