Sponsors Link

Inilah 7 Hewan yang Cuma Ada di Indonesia

Sponsors Link

Indonesia tercatat menjadi negara yang sangat kaya akan sumber daya alam dan Indonesia juga memiliki kondisi geografis yang sangat strategis. Indonesia terdiri dari banyak sekali pulau dan ada beragam suku serta budaya yang berasal dari bumi pertiwi ini. Indonesia menjadi sebuah negara di Asia Tenggara yang memiliki banyak sekali suku dan ras. Semua ras yang ada di Indonesia memiliki ciri khasnya tersendiri dan catatan sejarah Indonesia memang sangatlah panjang. Mulai dari sejarah purbakala sampai dengan sejarah kemerdekaan yang diusung oleh para pahlawan proklamasi kemerdekaan.

ads

Indonesia juga terdiri dari banyak sekali hewan yang berasal dan berkembang biak di berbagai daerah. Semua hewan yang tersebar memiliki ciri khasnya tersendiri. Namun kini banyaknya perburuan liar yang membuat hewan menjadi sangat langka dan langkah-langkah penelitian terus dilakukan untuk mengetahui berapa populasi suatu hewan yang ada di suatu daerah. Ada banyak populasi hewan yang berasal dari seluruh dunia dan Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak sekali hewan. Berikut ini adalah beberapa hewan yang cuma ada di indonesia:

1. Kucing Merah Kalimantan

Kucing memang bukan hewan yang asing di Indonesia, karena banyak sekali jenis kucing yang berkeliaran bebas di berbagai tempat dan kucing merah kalimantan menjadi slah satu hewan langka yang dilindungi di indonesia. Kucing ini hanya ditemukan di pulau Kalimantan saja dan kucing ini menjadi hewan yang mendiami dataran rendah dengan hutan tropisnya. Keberadaan kucing ini memang sudah sangatlah langkah dan hal ini membuat pihak pemerintah melakukan perlindungan terhadap hewan lucu ini. Kucing unik ini memiliki ciri khas pada bagian bulunya yang bewarna coklat kemeahan dan telingga kucing langka ini kebanyakan bewarna hitam.

2. Kura-kura Leher Panjang Pulau Rote

Kura-kura memang terdiri dari berbagai jenis dan banyak di belahan dunia lain hidup berbagai jenis kura-kura, namun kura-kura berleher panjang ini hanya ditemukan di daerah Pulau Rote. Hewan ini termasuk dalam salah satu hewan endemik Indonesia yang keberadaannya sudah terancam punah dan dalam ruang lingkup geografi hewan ini menjadi salah satu hewan yang sangat unik. Kura-kura jenis ini memiliki bentuk leher yang panjang dan menyerupai ular, karena kondisi lehernya yang panjang membuat lehernya tak bisa dimasukan kedalam tempurung seperti kura-kura jenis lainnya. Tempurungnya hanya bisa dilipat pada bagian samping tempurungnya saja dan kura-kura ini termasuk dalam hean air tawar.

3. Cendrawasih Botak

Burung Cendrawasih memang menjadi salah satu burung yang sangat populer di Indonesia dan burung ini memang terkenal sebagai salah satu burung asli Indonesia tepatnya dari pulau Waigeo, Raja Ampat. Hewan ini seringkali memakan buah-buahan dan berbagai aneka serangga kecil yang ditemukan di hutan.

Perburuan liar menjadikan hewan ini menjadi sangat langka dan populasinya menjadi semakin sedikit. Pemerintah Indonesia langsung berinisiatif dengan memasukan burung cendrawasih botak sebagai hewan yang dilindunggi dan cendrawasih botak ini menjadi salah satu contoh hewan yang tidak mengalami metamorfosis sempurna.

4. Elang Flores

elang flores

Burung elang adalah salah satu burung yang banyak ditemukan di berbagai tempat di Indonesia dan menjadi hewan yang dikategorikan sebagai hewan langka. Salah satu hewan asli Indonesia yang terancam punah adalah Elang Flores dan burung ini bisa ditemukan di kawasan Pulau Flores.

Hutan dataran rendah menjadi tempat yang nyaman bagi burung jenis ini dan ada beberapa ciri-ciri yang membuat burung ini menjadi unik seperti warna bulu putih pada bagian kepalanya, tubuh elang ini berwarna cokelat dan dada burung elang ini bewarna putih. Elang menjadi hewan yang masuk dalam komponen biotik penyusun ekosistem dan keberadaan burung ini sangatlah penting.


5. Harimau Sumatera

Harimau menjadi salah satu hewan yang banyak ditakutti dan kini harimau Sumatera termasuk dalam pengelompokan hewan yang dilindunggi di Indonesia, hal ini dilakukan berkat populasinya yang semakin sedikit. Ada berbagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk mempertahankan populasi hewan pemangsa yang satu ini dan penampilannya yang gelap membuat tampilan hewan ini sangat menakutkan. Seekor harimau Sumatera jantan biasanya memiliki rata-rata panjang sekitar 92 inch dan memiliki tinggi sekitar 60 cm, bobot harimau jantan dewasa biasanya sekitar 140 kg. Perburuan liar menjadi salah satu penyebab mulai sedikitnya populasi Harimau Sumatera dan kulit harimau sumatera menjadi kulit hewan yang berguna bagi berbagai jenis fashion.

6. Burung Bidadari Halmahera

Burung Bidadari Halmahera

Burung Halmahera adalah salah satu jenis burung asli Indonesia yang keberadaannya hampir punah dan burung ini sudah termasuk dalam burung langka. Burung ini memiliki warna bulu yang sangat indah dan kombinasi warna burung ini sangatlah menarik. Apalagi burung bidadari jantan memiliki warna ungu yang sangat mengkilap dan warna hijau menghiasi bagian dadanya. Keindahan burung ini membuat banyaknya perburuan liar yang terjadi di daerah hutan dan burung ini juga seringkali dikirim ke luar negeri untuk dijadikan sebagai bahan makanan ataupun burung peliharaan. Cakar yang tajam menjadi salah satu cara hewan melindungi diri dari berbagai serangan musuh dan hewan ini juga terkenal dengan corak warna kulitnya yang indah bagaikan seorang bidadari.

7. Beruk Mentawai

beruk mentawai

Beruk Mentawai adalah salah satu primata endemik yang memiliki bentuk unik yang bisa ditemukan di Kepulauan Mentawai di Sumatera dan hewan ini seringkali disebut sebagai bokoi oleh penduduk sekitar. Hewan ini memiliki jumlah populasi yang semakin langka dan kini hewan ini dimasukkan kedalam salah satu hewan yang dilindunggi di Indonesia. Perburuan liar yang dilakukan manusia menjadi salah satu faktor kelangkaan hewan ini dan beruk mentawai biasanya hidup di daerah hutan bakau serta hutan yang lokasinya tak jauh dengan pemukiman warga. Hewan unik ini memiliki ciri rambut pipi yang warnanya terlihat gelap dan hewan ini memiliki mahkota yang bewarna coklat.

Demikian ulasan lengkap mengenai hewan yang cuma ada di indonesia dan semoga artikel ini dapat menjadi referensi terbaik bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Hewan