Sponsors Link

Planet Venus: Karakteristik – Pembentukan – Julukan dan Fakta Menarik

Sponsors Link

Venus merupakan planet yang paling dekat urutan kedua dari bagian bagian matahari sesudah Merkurius. Sesudah bulan, venus adalah objek alami yang memiliki warna cerah ketika langit sudah malam dan menjadi planet inferior dengan sudut elongasi sampai 47.8 derajat. Kecerahan dari planet venus sendiri akan terlihat sangat maksimal sebelum matahari terbit dan sesudah matahari terbenam sehingga sering disebut dengan bintang fajar atau bintang senja.

Karakteristik Planet Venus

Karakteristik paling utama dari planet venus adalah warnaya yang cerah akibat lapisan buram yang terdiri dari awan asam sulfat reflektif sehingga permukaan venus tidak dapat dilihat dari luar angkasa. Pada saat kita melihat venus yang cerah, ini disebabkan karena awan sulfat yang reflektif terhadap cahaya yang dihasilkan matahari.

  • Geografi Planet Venus

Venus terdiri dari 80% daerah vulkanik, 70% daerah daratan, 20% 2 benua dataran tinggi serta 10% dataran halus dan berlekuk. 2 dataran tersebut ada di utara venus yang dinamakan ishtar terra dan di bagian selatan dari garis khatulistiwa yang dinamakan benua Aphrodite Terra dari kata Ishtar yang berarti Dewi Cinta untuk orang Babilonia dengan luas yang tidak lebih dari Benua Australia serta Terra yang berarti Dewi Cinta menurut mitologi Yunani dengan besar tidak lebih dari Amerika Selatan.

  • Geografi Permukaan Planet Venus

Untuk sebagian besar permukaan venus terdiri dari daerah vulkanik yang mempunyai begitu banyak gunung berapi yakni sekitar 167 dengan luas sampai 100 km sehingga jumlahnya lebih banyak dari gunung berapi yang ada di bumi.

Di venus tidak terjadi hujan, namun dalam proses Venera yang dilakukan Uni Soviet, ada bukti jika di venus terjadi sekitar 12 kali petir dan 12 kali merekam gemuruh ketika mendarat di Venus.

  • Struktur Dalam Planet Venus

Kemiripan planet venus sebagai salah satu planet yang mengelilingi matahari dan bumi mungkin terjadi karena kedua planet tersebut punya struktur seperti inti, kerak dan mantel yang sama. Venus berukuran lebih kecil dibandingkan bumi sebab tekanan bagian dalamnya lebih rendah.

Kedua planet ini letaknya berdampingan sehingga memiliki inti planet yang cair sebab pendinginan yang terjadi pada laju yang sama. Venus tidak punya tektonika lempeng yang mengakibatkan jumlah panas di venus berkurang sehingga menghambat pendinginan planet venus. Ini terjadi karena kreak venus terlalu kuat dan tidak ada air yang bisa mengurangi viskositas dari planet venus.

  • Atmosfer dan Iklim Planet Venus

Atmosfer venus sangat padat yakni 96.5% karbon dioksida dan 3.5%  nitrogen. Venus punya massa atmosfer 93 kali lebih besar dibandingkan planet bumi. Atmosfer venus tinggi akan karbon dioksida serta sulfur dioksida serta menghasilkan efek rumah kaca terkuat di semua tata surya.

Pembentukan Planet Venus

Kemungkinan, planet venus terbentuk dari nebula matahari dengan periode rotasi serta kemiringan sumbu yang berbeda seperti sekarang karena perubahan dari putaran yang terjadi karena perturbasi serta efek pasang surut atmosfer venus yang padat selama miliaran tahun.

Revolusi dan Rotasi Planet Venus

Planet venus berotasi pada matahari dari timur ke barat dengan lambat. Garis khatulistiwa venus berkecepatan rotasi pada matahari sekitar 65 km/h atau 40 mph sehingga memperlambat sekitar 6.5 menit per hari Sideris Venus rotasi venus terhadap matahari.

Hari sideris venus lebih lama sehingga 243 hari di venus sama dengan 224.7 hari di bumi. Karena rotasi venus yang lambat, maka panjang hari matahari di venus juga lebih pendek dibandingkan hari siderisnya yaknis ekitar 116.75 hari di bumi.

Jarak waktu rotasi venus juga lebih lama dibandingkan jangka waktu revolusinya yang disebabkan karena venus berotasi di sumbu yang hampir 180 derajat.

Ciri Ciri Planet Venus

Venus merupakan satu dari empat planet kebumian di tata surya yang mengartikan jika venus adalah planet berbatu seperti bumi. Untuk ukuran serta massa juga sama seperti bumi sehingga sering mendapat julukan saudara atau kembaran dari planet bumi.

Venus memiliki diameter sebesar 12.092 km yakni 650 km lebih kecil dibandingkan bumi dengan massa sekitar 81.5% dari massa planet bumi. Namun, kondisi permukaan venus berbeda dengan bumi akibat atmosfer tebal planet venus yang terdiri dari 96.5% karbon dioksida serta 3.5%  nitrogen.

Jarak Planet Venus dari Matahari

Planet venus mengorbit matahari dari jarak 0.72 AU atau 108.000.000 km dengan periode orbit selama 224.65 hari. Meski seluruh orbit planet berbentuk elips, akan tetapi orbit venus hampir melingkar.

Setiap 584 hari, maka akan terjadi konjungsi inferior yakni pada saat venus ada di antara bumi dan matahari sehingga jarak venus akan berada rata rata terdekat dari bumi yakni 41 juta km.

Satelit Planet Venus

Sebenarnya sama seperti merkurius, planet venus tidak punya satelit berbeda dengan planet neptunus yang memiliki satelit. Di dalam sistem tata surya, venus merupakan planet dengan jarak kedua terdekat dari matahari. Jarak yang cukup dekat tersebut bisa berpengaruh pada benda langit yang mengitari planet venus. Gravitasi matahari yang terlalu besar membuat orbit benda langit yang ada di sekitarnya jadi terganggu sehingga venus tidak punya satelit alami.

Julukan Planet Venus

Venus memiliki jarak terdekat dari bumi dengan karakteristik yang menyerupai bumi dari mulai gravitasi, ukuran serta komposisinya sehingga sering disebut dengan kembaran bumi. Selain itu, ada beberapa julukan lain dari planet venus, seperti:

1. Planet Putih

Venus memiliki julukan lain yakni planet putih sebab permukaan planet ini berwarna terang atau putih. Sifat warna putih atau albedo yang besar di venus ini terjadi karena ada banyak awan dan awan tersebut berasal dari pembakaran gas asam sulfat yakni salah satu gas yang terdapat dalam atmosfer.

2. Bintang Kejora

Venus juga dijuluki dengan bintang kejora sebab bisa terlihat sangat terang tanpa menggunakan alat bantu penglihatan. Sedangkan waktu terbaik untuk melihat planet venus adalah ketika pagi dini hari atau juga bisa sore hari sesudah matahari terbenam.

3. Bintang Fajar, Bintang Senja atau Bintang Timur

Venus memiliki tingkat kecerahan maksimal sebelum terbit dan sesudah matahari terbenam. Kecerahan venus sebelum matahari terbit ini membuat planet ini dijuluki dengan bintang fajar, bintang senja atau bintang timur.

Warna Planet Venus

Berbeda dengan merkurius, warna dari planet venus tergantung dari posisi ketika mengamati. Meski venus adalah planet terestrial, namun venus punya atmosfer yang padat terdiri dari karbon dioksida, sulfur dioksida serta nitrogen. Jika dilihat dari luar angkasa, maka venus akan berwarna oranye agak kekuningan akibat penyerapan cahaya biru atmosfer.

Sedangkan jika dilihat dari permukaan lain, maka warnanya terlihat abu abu karena kaya akan basalt beku sehingga akan terlihat seperti bulan dan merkurius. Sedangkan dari beberapa misi ke venus untuk melihat apa yang ada di bawah awan karbon dioksida beracun, venus terlihat berwarna seperti bola putih kekuningan dengan memakai spektrum cahaya.

Fakta Menarik Planet Venus

Ada beberapa fakta menarik seputar planet venus yang bahkan beberapa diantaranya bisa dikatakan sedikit aneh dan akan kami jelaskan berikut ini:

  • Venus Merupakan Kembaran Bumi

Karena ukuran dari planet venus dan bumi hampir sama, maka ini mengartikan keduanya memiliki kepadatan yang hampir sama dengan komposisi yang juga sama sehingga sering disebut dengan kembaran bumi.

  • Venus Lebih Panas karena Efek Rumah Kaca

Atmosfer venus sangat tebal akibat efek rumah kaca yang besar dan membuat planet venus sangat panas. Sinar matahari diserap dan diradiasikan ulang sebagai radiasi infra merah. Jika di bumi, radiasi infra merah akan dikembalikan ke luar angkasa.

Namun di venus berbeda sehingga planet tersebut dipenuhi dengan awan karbon dioksida tebal serta terjebak di radiasi inframerah yang membuat venus sangat panas.

  • Venus Memutar Dengan Jalan Berbeda Dibandingkan Planet Lain

Di tata surya ada 2 planet yang berputar mengelilingi matahari dengan arah berbeda yakni uranus dan venus. Inilah yang menyebabkan venus memiliki hari terpanjang dibandingkan dengan bumi.

  • Udara Berputar Dengan Cepat

Planet venus berputar mengelilingi matahari setiap 243 hari. Sementara atmosfer diatasnya berputar setiap 4 hari. Ada banyak yang berpendapat jika ini berkaitan dengan pasang surut dari matahari namun belum bisa disebutkan penyebabnya dengan pasti.

Sponsors Link
,
Oleh :
Kategori : Astronomi