Sponsors Link

Gerak Relatif : Pengertian – Contoh – Rumus dan Contoh Soal

Sponsors Link

Suatu benda pasti mengalami sebuah pergerakan dan benda yang bergerak biasanya disebabkan berbagai faktor. Pergerakan sebuah benda memang sangat sulit untuk diprediksi, karena pergerakannya seringkali variatif danb dengan gerakan sebuah benda akan menjadi pindah posisi atau terjadinya sebuah pergeseran. Ada berbagai macam gerak yang dikenal seperti gerak semu, gerak ganda, gerak lurus dan gerak relatif. Pada pembahasan kali ini, akan mengkaji gerak relatif yang sering terjadi pada benda dan penguraian materinya akan disampaikan dengan jelas.

ads

Gerak Relatif adalah suatu pergerakan benda yang sangat terpengaruh dengan titik acuannya dan gerak relatif terjadi apabila suatu benda bergerak terhadap benda lainnya. Suatu benda dapat dikatakan benda bergerak apabila ada suatu pergeseran posisi yang terjadi dan benda bergerak bisa secara menjauh ataupun mendekat. Tak hanya itu gerak benda juga dapat terjadi akibat adanya gravitasi bumi dan gerak benda pada umumnya dipengaruhi oleh 2 jenis energi yaitu energi potensial dan energi kinetik. Energi potensial adalah energi yang bisa mempengaruhi pergerakan suatu benda akibat posisi ketinggian benda dan energi kinetik yaitu energi yang sangat dibutuhkan saat adanya suatu pergerakan benda dengan keadaan masa tertentu.

Berikut ini beberapa contoh gerak relatif di kehidupan sehari-hari:

1. Gerak pohon terhadap manusia

Gerak pohon terhadap manusia menjadi contoh gerak relatif dan titik acuannya terdapat pada pohonnya. Pergerakan pada benda akan membuat wujud zat menjadi berubah dan hal ini mempengaruhi hasil pergerakan suatu benda. Pohon menjadi sumber daya alam yang ada di Indonesia dan pohon memiliki banyak sekali fungsi bagi kehidupan manusia. Ada banyak sekali fungsi pohon dan Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki berbagai jenis pohon. Manusia memang memiliki ketergantungan terhadap suatu pohon, karena dengan pohon berbagai kebutuhan manusia bisa terpenuhi dan pohon bermanfaat bagi berbagai aspek kehidupan.

2. Gerak kendaraan terhadap gedung

Gerak suatu kendaraan seperti mobil atau motor terhadap suatu bangunan atau gedung menjadi salah satu contoh gerak relatif dengan titik acuan bangunan atau gedung dan gerak ini menjadi salah satu gerak yang sangat sering dijumpai. Gerak relatif memang menghasilkan perubahan wujud zat suatu benda dan gerak kendaraan menjadi contoh gerak relatif antara benda terhadap benda. Indonesia kini menjadi salah satu negara yang kaya akan berbagai jenis kendaraan dan hal ini terbukti dari banyaknya kemacetan yang terjadi di berbagai wilayah, salah satu wilayah yang memiliki kemacetan terparah adalah Ibukota Jakarta. Motor dan mobil menjadi kendaraan yang sangat mendominasi jalanan Indonesia.

3. Gerak kereta api terhadap lintasan

Gerak kereta api terhadap lintasannya menjadi contoh gerak relatif dengan titik acuannya lintasan dan gerak kereta api terhadap lintasan sudah terjadi sejak jaman dahulu, karena kereta api menjadi salah satu alat transportasi jaman dulu yang ada di Indonesia. Banyak benda yang mengalami perubahan wujud benda secara kimia, hal ini menjadi dasar banyaknya gerak benda yang terbentuk dan gerak relatif bisa terjadi antara benda dengan benda. Kereta api menjadi salah satu alat transportasi yang bertarif ekonomis di Indonesia dan dengan banyaknya kereta api membuat kemacetan di berbagai wilayah menjadi terhindarkan, kini kereta api juga sudah mengalami kemajuan dengan menerapkan sistem beli tiket dengan cara online.

4. Gerak manusia terhadap jalan raya

Gerak yang dilakukan manusia terhadap jalan raya menjadi salah satu contoh gerak relatif yang terjadi dan pada gerak ini jalan raya menjadi titik acuannya. Gerak suatu benda juga sangat terpengaruh oleh gelombang elektromagnetik dan banyak benda yang bisa bergerak akibat pengaruh dari gelombang elektromagnetik. Manusia pasti akan melakukan perjalanan atau beraktivitas di sekitar jalan raya, baik itu dengan cara berjalan kaki ataupun saat menaiki kendaraan. Jalan raya memiliki peranan yang sangat penting bagi keberlangsungan ekonomi kerakyatan, karena dengan jalan raya bisa menjadi salah satu akses penghubung antar kota di Indonesia. Kini pembangunan jalan raya menjadi salah satu fokus pemerintah dan dengan terbangunnya akses jalan yang luas perekonomian Indonesia akan semakin merata.

5. Gerak manusia terhadap tempat ibadah

Gerak manusia terhadap tempat ibadah menjadi salah satu contoh gerak relatif yang terjadi di kehidupan sehari-hari dan banyak juga gerak benda yang dipengaruhi oleh percepatan gravitasi. Rumah ibadah menjadi salah satu tempat penting bagi umat beragama dan Indonesia menjadi negara yang terdiri dari berbagai aliran agama. Agama mayoritas di Indonesia adalah agama islam dan keberadaan masjid sangatlah mudah ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Masjid menjadi tempat yang sangat sakral bagi umat islam dan saat hari Idul Fitri tiba, banyak orang islam berkumpul melaksanakan ibadah bersama-sama. Sedangkan gereja menjadi tempat ibadah umat kristen dan kini pembangunan gereja sudah lumayan banyak di Indonesia.

Rumus Gerak Relatif

Gerak relatif sangat tergantung pada 2 konsep yaitu gerak luruh beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB):

1. Rumus Gerak Lurus Beraturan

∆v = v2 – v1
∆s = s2 – s1

∆v = kecepatan relatif dan ∆s = perpindahan relatif.


2. Rumus Gerak Lurus Berubah Beraturan

∆v = v2 – v1
∆s = s2 – s1
∆a = a2 – a1

∆v = kecepatan relatif, ∆a = jarak relatif dan ∆s = perpindahan relatif.

Contoh Soal Relatif

Saat motor A berjalan dengan kecepatan sekitar 60 km/jam dan dibelakngnya motor B sekitar 1,4 km. Motor B sedang melakukan pengejaran terhadap motor A dengan kecepatan 64 km/jam.

  • Berapa waktu motor B untuk melakukan pengejaran terhadap motor A?

vA = 60 km/jam
vB = 64 km/jam
SAB = 1,4 km

Dari hasil pemaparan soal diatas, maka diperoleh hubungan antara SA dengan SB sebagai berikut:

SB = SA + 1,4
VBT = VAT + 1,4
64t = 60t + 1,4
4t = 1,4
t = 0,35 jam

  • Berapa total jarak tempuh yang harus didapat motor B setelah menyusul motor A?

Dari jawaban soal pertama didapat bahwa motor B memerlukan waktu 0,35 jam untuk mengejar mobil A dan jarak tempuh yang harus didapat adalah:

SB = VBt
SB = 64 x 0,35
SB = 2,24

Itulah ulasan lengkap mengenai gerak relatif dan semoga artikelnya dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , ,



Oleh :
Kategori : Fisika
Search
Belajar Online Gratis

Ternyata banyak sekali orang-orang pintar dari Indonesia yang berhasil menciptakan sesuatu dan diakui oleh Internasional. Berikut ini daftar ilmuwan dengan ciptaannya yang fungsi dan temuannya diakui oleh banyak negara di dunia.