Sponsors Link

3 Sistem Gerak Pada Manusia dan Penjelasan Lengkapnya

Sponsors Link

Manusia adalah salah satu makhluk ciptaan tuhan yang paling sempurna, karena manusia diciptakan dengan berbagai organ tubuh yang saling melengkapi dan manusia diberi akal dan pikiran untuk berpikir. Namun tidak semua manusia lahir ke dunia dengan kesempurnaan secara fisik, karena banyak manusia yang lahir dengan berbagai kekurangan di fisiknya seperti cacat pada bagian tangannya, cacat pada bagian kakinya dan berbagai kekurangan fisik lainnya. Pada dasarnya manusia diciptakan memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal ini membuat keragaman yang terjadi di masyarakat dan salah satu hal penting dalam sistem tubuh manusia adalah sistem gerak.

Sistem gerak adalah komponen yang sangat penting bagi manusia dan ada 3 komponen penting yang dimiliki tubuh manusia yaitu sendi, rangka dan otot. Rangka adalah sebuah alat gerak yang bersifat pasif dan rangka berfungsi sebagai tempat melekatnya otot. Sistem gerak membuat manusia bisa melakukan berbagai pergerakan dalam kegiatan sehari-hari dan ada berbagai pergerakan yang bisa saja dilakukan seperti berjalan, berlari dan berbagai aktivitas lainnya. Sistem gerak manusia tidak semuanya mulus dan ada banyak manusia yang mengalami kelainan dalam sistem gerak. Sistem gerak yang normal akan membuat kegiatan sehari-hari menjadi terbantu dan aktivitas kerja bisa berjalan lancar.

Otot yang letaknya menempel pada bagian rangka dapat bergerak dengan baik dan persendian dapat bekerja dengan sangat efektif. Persendian akan membantu tubuh dalam melakukan berbagai gerakan seperti menekuk lutut, menekuk siku dan menekuk jari-jari. Rangka tubuh atau tulang memiliki fungsi utama untuk menegakkan tubuh dan tulang akan menjadi alat gerak yang sangat efektif dengan adanya otot. Tulang memiliki ukuran yang bervariasi dan memiliki bentuk yang berbeda-beda. Penyusun tulang yang utama adalah kalsium yang berbentuk garam dan melekat dengan adanya bantuan kolagen.

Peranan sistem gerak sangatlah penting bagi kesehatan tubuh manusia dan ada berbagai jenis metode penelitian yang menyebutkan bahwa sistem gerak memiliki peran yang sangat vital bagi manusia. Berikut penjelasan jenis sistem gerak pada manusia:

1. Rangka atau Tulang

Tulang adalah salah satu alat gerak yang bersifat pasif, karena tulang hanya bisa bergerak dengan adanya bantuan dari otot dan tulang tersusun dari kandungan kalsium yang berbentuk garam. Bentuk tulang manusia dapat berubah ataupun mengalami berbagai kelainan tulang. Ada berbagai gangguan tulang yang dibawa sejak lahir seperti infeksi terhadap suatu penyakit, faktor nutrisi yang kurang baik, faktor gizi yang buruk dan faktor posisi tubuh yang menyalahi aturan. Tulang akan saling terhubung dengan adanya sendi-sendi. Ada berbagai fungsi tulang seperti untuk membuat tubuh tegak, membentuk tubuh, sebagai tempat melekatnya otot dan tempat pembentukan sel darah merah. Berdasarkan langkah-langkah penelitian tulang sangat memiliki peranan pokok dalam sistem gerak tubuh manusia.

Dalam tubuh manusia, kerangka di bagi menjadi 3 macam yaitu bagian tengkorak, bagian badan dan bagian gerak. Pada bagian tengkorak tersusun atas tulang-tulang yang pipih dan menjadi tempat pembentukan sel darah merah serta putih. Tubuh manusia memiliki suhu yang bervariasi dan bagian tengkorak menjadi bagian yang miliki peranan sangat penting. Bagian badan tubuh manusia dipisahkan dengan berbagai ruas tulang belakang, tulang rusuk, tulang dada, gelang panggul dan gelang bahu. Sedangkan bagian anggota gerak dibagi menjadi 2 bagian yaitu anggota gerak bagian atas dan anggota gerak bagian bawah.

2. Sendi

Persendian adalah sistem organ manusia yang memiliki peranan penting dalam menjalankan sistem gerak dan persendian dibedakan menjadi 3 buah yaitu sendi mati, sendi kaku dan sendi gerak. Sendi memiliki fungsi untuk menghubungkan tulang yang tersebar di seluruh tubuh dan sendi memiliki kekuatan yang baik sebagai penopang tubuh. Sendi gerak dikelompokkan menjadi 5 buah yaitu sendi engsel, sendi putar, sendi pelana, sendi peluru dan sendi geser. Setiap sendi memiliki peranan yang sangat penting dan tubuh menjadi lebih kokoh dengan adanya persendian. Dalam sistem gerak, peranan sendi sangatlah pokok untuk melakukan berbagai macam aktivitas keseharian.

Persendian dibedakan menjadi 3 macam yaitu sendi mati, sendi kaku dan sendi gerak. Sendi mati sangat berperan dalam menghubungkan antar tulang dan hubungannya tidak mungkin memunculkan suatu gerakan. Sendi kaku adalah hubungan atar tulang yang memungkinkan adanya gerakan yang sifatnya sangat terbatas atau sangat kaku dan salah satu contohnya adalah hubungan antara tulang rusuk dengan tulang dada. Sedangkan sendi gerak menimbulkan hubungan antar tulang yang menimbulkan banyaknya gerakan dan gerakan yang dihasilkan memiliki peranan yang sangat penting. Persendian menjadi penyusun sistem gerak yang baik bagi tubuh manusia dan dengan sendi yang kuat, manusia dapat hidup dengan sehat.

3. Otot

Otot adalah suatu jaringan yang ada di dalam tubuh dan memiliki fungsi sebagai alat gerak yang aktif. Otot bekerja dengan cara membantu tulang dalam melakukan sistem gerak dan peranan otot sangatlah vital, karena tanpa otot tubuh akan sangat sulit untuk bergerak. Cara kerja otot adalah dengan kontraksi dan relaksasi. Saat otot melakukan kontraksi, maka ukurannya akan memendek dan ototnya akan menjadi keras. Kontraksi pada otot juga akan membuat tulang kembali ke posisi awal dan peranan otot sangatlah baik bagi tubuh manusia. Otot yang kuat akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih bugar dan sehat.

Ada berbagai jenis otot yang menjadi jaringan penyusun tubuh manusia seperti otot polos, otot pada dinding jantung dan otot lurik. Otot polos adalah suatu otot yang terbentuk dari sebuah jaringan sel otot dan sel otot ini memiliki bentuk seperti gelondong, karena bagian ujung bentuknya runcing. Otot yang berada pada dinding jantung memiliki ciri berbentuk silindris bercabang dan membentuk seperti anyaman. Sedangkan otot lurik memiliki ciri berbentuk memanjang dan warnanya lurik. Tak hanya itu oto lurik juga memiliki inti yang banyak dan bekerja secara sadar. Otot memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia.

Demikian ulasan lengkap mengenai Sistem gerak pada manusia dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Biologi