Sponsors Link

6 Perubahan Wujud Zat Secara Fisika dan Contohnya

Sponsors Link

Pernahkah kalian mengamati, bahwa benda-benda yang berada disekitar kalian sering kali mengalami perubahan? Ada beberapa perubahan yang dapat langsung kalian amati, ada juga yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa teramati. Salah satu perubahan yang mudah kalian amati adalah perubahan fisika.

ads

Perubahan fisika secara mudahnya bisa diartikan sebagai perubahan suatu zat tanpa menyebabkan terbentuknya zat baru. Sedangkan pengertian zat itu sendiri adalah semua yang memiliki massa dan juga menempati suatu ruang. Mungkin kalian akan bertanya, massa itu apa, ya? Massa adalah banyaknya partikel penyusun dari suatu benda.

Ciri-ciri suatu zat mengalami perubahan fisika adalah bila perubahan zat tersebut hanya terjadi pada wujudnya saja, namun sifat dari zat itu sendiri tidak akan mengalami perubahan. Dan hasil dari perubahan yang terjadi dapat kembali lagi ke bentuknya semula. Perubahan fisika meliputi perubahan wujud, perubahan ukuran, perubahan volume dan perubahan bentuk dari suatu zat.

Berdasarkan wujud dari suatu zat, zat-zat yang terdapat di sekitar kalian dapat dibedakan menjadi tiga macam. Yaitu zat padat, cair, dan gas. Masing-masing dari wujud zat tersebut memiliki karakteristik dan ciri-ciri yang berbeda.

  • Zat padat memiliki sifat dan ciri seperti gaya tarik menarik antara partikelnya sangat kuat. Sehingga hal ini menyebabkan susunan partikel zat padat dapat tersusun rapat dan teratur. Susunan partikel yang rapat ini menyebabkan pergerakan antar partikel menjadi sangat terbatas sehingga bentuk dan volume dari zat padat cenderung tetap atau tidak mudah berubah.
  • Zat cair memiliki susunan partikel yang tidak terlalu rapat, dan tidak teratur. Dengan gaya tarik menarik antar partikelnya yang kurang kuat, menjadikan partikel-partikel pada zat cair dapat bergerak walaupun terbatas. Karenanya zat cair dapat menyesuaikan bentuknya dengan wadahnya, namun volumenya tidak akan berubah.
  • Sedangkan untuk zat berwujud gas memiliki sifat susunan partikel yang sangat longgar dan tidak teratur. Partikel penyusun gas dapat bergerak sangat bebas karena gaya tarik menarik antar partikelnya yang sangat lemah. Karenanya, volume dan bentuk gas dapat berubah-ubah.

Benda-benda yang ada disekitar kalian dapat mengalami perubahan wujud, dari satu bentuk zat ke bentuk yang lain. Berikut ini akan kita bahas satu persatu macam-macam perubahan wujud benda yang terjadi akibat perubahan fisika.

Perubahan wujud suatu benda atau zat adalah sebuah perubahan termodinamika suatu zat ke wujud zat yang lainnya. Perubahan wujud bisa juga disebut sebagai perubahan fase benda. Perubahan wujud ini disebabkan karena benda atau zat tersebut mengalami pelepasan panas atau bisa juga karena mengalami penyerapan panas. Perubahan wujud ini tidak akan menyebabkan suatu zat berubah sifatnya, hanya wujudnya saja yang menjadi berbeda.

Banyak contoh dari perubahan wujud zat yang bisa kalian amati dalam kehidupan sehari-hari, berikut adalah istilah dan contoh-contohnya.

1. Mencair

Peristiwa perubahan wujud zat dari padat menjadi zat cair biasanya kalian kenal dengan sebutan mencair (bila zatnya berbahan dasar air) atau melebur (biasanya untuk menyebut logam yang dilelehkan). Perubahan wujud dari padat menjadi cair membutuhkan adanya panas. Salah satu contoh yang dapat kalian temui dengan mudah adalah peristiwa mencairnya es batu akibat terkena panas matahari. Atau peristiwa melelehnya es krim kesayangan kalian saat dimakan di siang hari yang panas.

2. Membeku

Peristiwa perubahan wujud zat dari cair menjadi padat biasa kalian sebut dengan membeku. Membeku ini adalah kebalikan dari peristiwa mencair. Bila mencair membutuhkan panas, maka peristiwa membeku akan terjadi karena suatu zat melepaskan panasnya. Salah satu contohnya adalah proses pembuatan es batu. Air yang dibekukan akan membuat air tersebut menjadi padatan.

3. Menguap

Pernahkah kalian memasak air didalam panci? Bila kalian perhatikan, pada saat air tersebut mendidih, pastinya kalian akan menemukan uap air yang keluar dari dalam panci. Peristiwa berubahnya wujud benda cair menjadi gas ini lah yang dikenal dengan menguap. Peristiwa menguap bisa terjadi karena suatu zat cair menerima panas dari sekitarnya. Atau bisa disimpulkan, proses perubahan wujud dari cair ke gas membutuhkan panas. Contoh lainnya adalah menguapnya bensin bila dibiarkan dalam ruangan yang terbuka tanpa ditutup.

Sponsors Link

4. Mengembun

Contoh peristiwa mengembun adalah proses terjadinya embun pagi pada dedauanan atau rerumputan. Bila kalian sering mengamati, pada pagi hari di dedaunan atau rumput-rumput, sering terlihat adanya bulir-bulir air. Bulir air ini lah yang disebut embun. Embun tercipta karena adanya peristiwa pengembunan dari uap air yang ada di udara karena suhu udara pagi yang masih dingin. Jadi, peristiwa perubahan wujud zat dari fase gas ke cair ini lah yang kalian kenal dengan peristiwa mengembun.

Contoh lain dari peristiwa mengembun adalah munculnya bulir-bulir air dipermukaan luar gelas yang terisi es batu. Uap air yang ada di udara sekitar gelas akan melepaskan panasnya dan diserap oleh dinginnya es batu, sehingga udara akan mengembun dan menempel pada permukaan luar gelas. Jadi bisa disimpulkan, untuk terjadi peristiwa mengembun, suatu zat akan melepaskan panasnya.

5. Menyublim

Peristiwa perubahan wujud zat dari padat menjadi gas disebut dengan peristiwa menyublim. Peristiwa perubahan wujud ini membutuh panas agar bisa terjadi. Contoh peristiwa menyublim adalah habisnya kapur barus yang berbentuk padat dalam lemari pakaian kalian. Kapur barus karena terkena panas ruangan akan berubah menjadi gas.

6. Mengkristal

Perubahan wujud yang terakhir adalah perubahan wujud dari gas menjadi padat. Contoh peristiwa ini adalah peristiwa terbentuknya salju saat musim dingin. Uap air yang berada di udara akan mengkristal dan menjadi butiran salju yang padat. Peristiwa mengkristalnya uap air ini terjadi karena uap air melepaskan panasnya ke lingkungan sekitar yang dingin.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua dalam memahami macam-macam perubahan wujud suatu zat. Untuk lebih memahami bagaimana peristiwa terjadinya perubahan wujud pada suatu zat, kalian juga bisa mempelajarinya melalui video berikut ini.

Sponsors Link
, , , , ,



Oleh :
Kategori : Fisika