Sponsors Link

Gaya Tegangan Tali : Pengertian – Contoh Penerapan – Rumus dan Contoh Soal

Sponsors Link

Dalam ilmu pendidikan pasti sudah sering diperkenalkan mengenai masa benda dan semua benda yang memiliki masa pasti akan dipengaruhi oleh gaya berat yang mengarah ke pusat bumi. Pada dasarnya setiap berada yang dilemparkan atau berada di udara pasti akan jatuh ke bawah dan hal ini sangat dipengaruhi oleh gaya berat suatu benda atau adanya proses gravitasi yang terjadi. Gaya berat benda pasti akan selalu ada pada setiap benda dan berat tidak akan hilang. Berat benda akan selalu berpengaruh, walaupun benda diletakan pada permukaan tanah yang memiliki titik terendah di bumi.

Gaya tegangan tali adalah gaya yang terjadi pada saat tali dalam keadaan tegang dan tegangan tali dilambangkan dengan huruf T. Benda yang disatukan atau dihubungkan dengan bantuan tali, baik secara vertikal ataupun horizontal akan menghasilkan suatu gaya tegangan tali yang terjadi dan tegangan tali seperti ini memiliki kegunaan dalam kehidupansehari-hari. pada sebuah gaya tegangan tali, arah gayanya bergantung pada suatu titik pada benda yang ditinjau dan arahnya bisa ke atas, bawah, kanan ataupun kiri. Variasi ini juga dipengaruhi oleh percepatan gravitasi yang terjadi pada suatu tegangan tali dan suatu tali memiliki kekuatan tersendiri, tergantung dalam bahan baku pembuatannya.

Contoh penerapan gaya tegangan tali dalam kehidupan sehari-hari:

1. Jemuran Baju

Ibu rumah tangga tentunya pasti mengenal kegunaan jemuran pakaian dalam kegiatan sehari-hari dan masih banyak jemuran yang menggunakan tali yang diikatkan pada kayu, tembok atau pohon. Penerapan jemuran baju dengan tali ini menjadi salah satu contoh gaya tegangan tali dan beberapa cabang ilmu kimia menjelaskan mengenai gaya tegangan tali yang terjadi di masyarakat. Pakaian yang digunakan untuk aktivitas tentu akan kotor bila tidak dibersihkan dan setelah dibersihkan pakaian harus dijemur supaya cepat kering. Kini memang ada teknologi mesin cuci yang bisa mengeringkan pakaian secara cepat, namun hal ini tidak cukup nasih memerlukan cahaya matahari untuk mengeringkan pakaian lebih merata.

2. Air sumur

Untuk memperoleh air sumur bisa didapatkan dengan cara menarik ember menggunakan tali yang dililitkan ke katrol dan hal ini menjadi penerapan hukum newton pada katrol dalam kehidupan sehari-hari. Air sumur adalah air yang langsung diperoleh dari bawah tanah dan kedalaman sumur tergantung pada daerahnya, semakin rendah kedalaman sumur akan semakin mudah pula untuk memperoleh airnya. Indonesia memiliki banyak daerah yang memiliki tingkat kedalaman pada air sumurnya dan hal ini membuat penggunaan tali serta katrol menjadi sangatlah penting. Air sumur dipercaya lebih bersih dari pada air PDAM, karena air sumur didapatkan langsung dari dalam sumur dan air PDAM didapat dari penyaringan air sungai.

3. Tarik Tambang

Tarik tambang adalah kegiatan olahraga atau permainan yang selalu rutin diselenggarakan pada acara Hut RI dan kegiatan ini dilakukan oleh siapa saja, namun disesuaikan dengan usia. Kegiatan ini menjadi salah satu gerak tegangan tali yang terjadi dalam kehidupan masyarakat dan gerakan ini terjadi secara sengaja. Banyak sekali manfaat terik tambang untuk kesehatan seseorang, karena dengan melakukan kegiatan ini keringat akan keluar dengan sendirinya dan kegiatan ini juga menjadi kegiatan yang bisa melatih kekompakan. Kekuatan tarikan tangan sangatlah berperan penting dan katahanannya tergantung pada kekuatan oto tangannya. Pada permainan ini biasanya yang menang akan tertarik pada wilayah lawannya.

4. Derek mobil

Mobil seringkali mogok di dalam perjalanan dan hal ini bisa terjadi akibat adanya perubahan wujud zat yang terjadi pada kendaraan. Untuk wilayah perkotaan penggunaan mobil derek sebagian besar lebih efektif dibandingkan dengan di pedesaan, karena sudah banyak kasus mobil mogok yang merugikan para pemilik mobil seperti biaya yang mahal dan lain-lain. Penggunaan tambang dianggap sebagai cara yang efektif di daerah perkotaan, karena selain cepat juga sangat irit biaya dan gaya tegangan tali tambang menjadi salah satu contoh gaya tegangan tali yang banyak ditemukan dalam kegiatan sehari-hari. Mobil derek memiliki peranan yang sangat penting di Indonesia, salah satunya sebagai alat derek pada saat mobil mogok di area tol.

5. Orang-orangan Sawah

Orang-orangan sawah adalah salah satu mainan buatan yang digunakan untuk mengusir hama burung di sawah dan orang-orangan sawah juga sering disebut sebagai bebegig sawah. Bebegig sawah memiliki wujud zat yang berbeda-beda dan bebegig sawah dibuat dengan mengandalkan kayu dan juga tali yang saling memiliki gaya tegangan. Bebegig sawah biasanya di pasang oleh para petani pada saat pada sudah mulai muda yaitu saat bewarna hijau, karena padi muda sangat disukai burung dan padi yang banyak dimakan burung biasanya akan membuat panen petani rugi. Tali yang digunakan untuk membuat bebegig sawah biasanya adalah tali rapia atau benang kasur dan perlengkapan bantuan yang digunakan biasanya adalah boneka, kain bekas, kaleng dan kelerang.

Rumus Gaya Tegangan Tali

Berikut ini adalah rumus massa benda yang utama dalam menentukan suatu tegangan tali:

T = M x G + M x A

T = Tegangan tali

M = Masa suatu benda

G = Percepatan gravitas yang dinyatakan dalam m/s2

A = Percepatan yang dinyatakan dengan m/s2

Contoh Soal Gaya Tegangan Tali

Pada sebuah balok ada M1 dan M2 yang terhubung pada suatu bidang yang memiliki permukaan datar. Balok M2 dihubungkan dengan balok M3 yang sudah tergantung pada sebuah katrol. Jika M1 = M2 = 20 kg (abaikanlah massa dari katrol) dan G = 8,6 m/s2.

A. Berapa nilai dari T1 yang merupakan penghubung dari M1-M2

Diketahui:

M1 = M2 = 20 kg
M3 = 10 kg
G = 8,6 m/s2
m3 menggantung

M3.G = (M1+M2+M3).T1
10.8,6 = 10+20+20).T1
86 + 50T1
T1 = 86 : 50 = 1,72 m/s2

Jadi nilai T1 sebagai penghubung dari M1-M2 adalah 1,72 m/s2.

Demikian ulasan lengkap mengenai gaya tegangan tali dan semoga artikel ini dapat memberikan referensi terbaik bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Fisika