Sponsors Link

10 Hewan yang Tidak Mengalami Metamorfosis

Sponsors Link

Metamorfosis yaitu perkembangan hewan yang terihat dari perubahan bentuk fisik dan metamorfosis terbagi menjadi dua yaitu metamorfosis sempurna dengan metamorfosis tidak sempurna. Ada fase metamorfosis yang lazimnya terjadi yaitu fase telur, larva, pupa dan imago. Sedangkan metamofosis yang melalui tiga fase sering disebut metamorfosis tidak sempurna.

ads

Pada dasarnya pengelompokan hewan seringkali dilakukan untuk mengetahui siklus hidupnya dan ada banyak hewan yang termasuk kedalam golongan hewan yang tidak memiliki tahap metamorfosis. Berikut ini adalah hewan yang tidak mengalami metamorfosis:

1. Sapi

Sapi adalah salah satu hewan yang mudah sekali ditemukan di lingkungan masyarakat dan ada 2 jenis sapi yang banyak diternak yaitu sapi pedaging serta sapi perah. Pada dasarnya daur hidup sapi sama seperti hewan lainnya, karena sapi dapat bertahan hidup dengan mengkonsumsi rumput dan daun padi yang baru panen. Sapi berkembang biak dengan cara melahirkan dan dalam satu kali melahirkan sapi idealnya memiliki 1 sampai 2 anak. Hewan ini memiliki harga jual yang lumayan tinggi dan di kampung-kampung menjadi penanda kekayaan seseorang, karena seseorang yang miliki banyak sapi dikategorikan orang kaya.

2. Kambing

Kambing adalah salah satu hewan yang banyak dijadikan hewan ternak dan kambing adalah hewan konsumsi yang banyak peminatnya. Dalam siklus daur hidup kambing ada beberapa makanan yang biasanya diberikan selain rumput yaitu dage tahu dan berbagai jenis daun. Kambing juga menjadi hewan yang sangat mudah untuk digembala dan kambing selalu laku di pasaran, apalagi saat musim lebaran haji. Kambing juga menjadi hewan yang bisa hidup di berbagai wilayah dengan iklim yang berbeda dan hewan ini sangat mudah diperoleh, karena banyak pasar khusus yang hanya menjual berbagai jenis kambing.

3. Belut

Belut adalah hewan yang banyak hidup di sawah dan menjadi salah satu pelengkap ekosistem yang ada di sawah. Belut memiliki adaftasi yang sangat baik terhadap tanah dan jenis-jenis adaptasi yang dilakukan belut memang bervariasi, karena balut hanya bisa hidup dalam sebuah tanah yang memiliki kandungan air. Belut seringkali dikonsumsi oleh manusia, karena memiliki kandungan yang baik dan belut biasanya di dapatkan dengan cara di obor atau di pancing. Bagi sebagian orang belut menjadi makanan yang memiliki rasa yang enak serta lezat dan menyehatkan buat tubuh manusia.

4. Kadal

Kadal menjadi salah satu hewan yang bisa hidup di berbagai tempat, karena daur hidup kadal bisa ditemukan di berbagai tempat seperti di sawah, di kebun dan di sela-sela bebatuan. Kadal adalah hewan yang dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati penyakit kulit seperti koreng dan kadal menjadi hewan yang sering memangsa berbagai hewan kecil di sawah. Kadal juga menjadi salah satu komponen ekosistem sawah yang sangat penting, karena dengan adanya kadal ekosistem hewan kecil pengganggu padi menjadi lebih sedikit dan hal ini sangat membantu para petani.

5. Cicak

Cicak adalah hewan yang seringkali hidup di rumah-rumah dan menjadi komponen biotik penyusun ekosistem yang ada di lingkungan. Cicak juga terkenal memiliki perlindungan dari serangan musuh yaitu dengan memutuskan ekornya dan dengan ekornya musuh akan terkecoh. Cicak sangat mudah ditemukan di sebuah lingkungan dan nyamuk menjadi makanan yang sangat disukai cicak. Cicak juga menjadi hewan yang memiliki tekstur tubuh kenyal dan sangat membuat banyak orang jadi tidak menyukai hewan ini.

6. Kura-kura

Kura-kura adalah salah satu hewan yang seringkali hidup di pantai atau sungai dan kura-kura memiliki cangkang yang sangat kuat, sehingga menyulitkan musuhnya untuk memangsanya. Kura-kura berkembang biak dengan cara bertelur dan biasanya telur kura-kura ditempatkan pada wilayah yang memiliki pasir, hal ini dilakukan agar kondisi telurnya tetap hangat. Salah satu faktor internal pertumbuhan kura-kura adalah berada pada lokasi yang aman dari para pemangsa.

7. Kerbau

Kerbau adalah hewan yang seringkali digunakan untuk membajak sawah dan kerbau memiliki makanan yang mudah di dapatkan. Kerbau berkembang biak dengan cara melahirkan dan normalnya kerbau bisa melahirkan satu sampai dengan dua anak. Kerbau juga memiliki harga jual yang lumayan tinggi dan hewan ini seringkali diperjualbelikan oleh para petani. Kini peran kerbau semakin sedikit, karena kini hadir traktor yang memiliki tugas untuk membajak tanah dan secara kualitas serta kuantitas traktor terbukti lebih baik, namun dampak negatifnya menghasilkan polusi.


8. Kelinci

Kelinci adalah hewan lucu yang sangat menyukai wortel dan kelinci sangat mudah untuk dipelihara di rumah. Kelinci berkembang biak dengan cara melahirkan dan perkawinan kelinci bisa dilakukan dengan cara silang, hal ini dilakukan agar memiliki kelinci dengan corak yang keren. Kelinci juga mengkonsumsi rumput sebagai makanan sehari-harinya dan kangkung menjadi sayuran yang disukai kelinci. Memiliki bentuk yang unik, kelinci seringkali menjadi hewan yang disukai anak-anak dan kelinci juga dapat hidup di berbagai tempat.

9. Ayam

Ayam adalah hewan ternak yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia dan ayam juga menjadi hewan yang memiliki banyak fungsi. Selain dagingnya yang bisa di konsumsi, telur ayam juga menjadi makanan yang penting dan ayam bisa diolah dengan berbagai varian masakan. Pakan ternak yang digunakan sangatlah sederhana dan mudah didapatkan di lingkungan sekitar, ayam juga bisa diberikan makanan sisa atau nasi sisa. Jenis ayam memang bervariasi mulai dari ayam hias, ayam pedaging, ayam petelur dan jenis ayam lainnya.

10. Burung

Burung adalah hewan peliharaan yang sangat populer di Indonesia dan salah satu daya tarik burung adalah suaranya, karena semakin baik suara burung maka semakin besar pula harga jualnya. Burung liar juga menjadi salah satu komponen ekosistem yang ada di alam dan sampai saat ini burung menjadi hewan yang banyak diburu oleh manusia, apalagi burung yang memiliki harga jual yang tinggi. Kini peternak burung di Indonesia sangatlah banyak dan berasal dari berbagai kalangan dan banyak juga kontes burung yang sengaja di gelar untuk mendapatkan sebuah burung dengan suara terbaik.

Demikian ulasan lengkap mengenai hewan yang tidak mengalami metamorfosis dan semoga artikelnya dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Hewan