Sponsors Link

Hampir Punah? Inilah 10 Hewan Langka yang Dilindungi di Indonesia

Sponsors Link

Hewan langka adalah hewan yang populasinya sudah sangat sedikit di Indonesia dan banyak cara yang dilakukan pihak pemerintah untuk melakukan penanggulangan hewan langka. Indonesia memang negara yang memiliki banyak sekali fauna dan ada banyak sekali jenis fauna yang asli dari Indonesia. Kini perburuan liar menjadi salah satu masalah yang sulit diatasi, karena banyak hewan langka yang selalu diburu untuk berbagai keperluan dan kepentingan.

ads

Fauna yang dinyatakan langka adalah fauna yang jumlah populasinya sudah sangat kecil dan hewan yang dinyatakan langka akan menjadi hewan yang sangat dilindungi. Ada berbagai jerat hukum bagi para pemburu hewan dilindungi di Indonesia dan berbagai sanksi siap didapatkan para pemburu liar. Berikut ini adalah hewan langka yang dilindungi di indonesia:

1. Orang utan

orang utan

Orang utan menjadi hewan yang masuk dalam pengelompokan hewan langka dan orang utan termasuk dalam hewan endemik asal Indonesia yang memiliki ukuran sedang. Orang utan memiliki lengan yang lumayan panjang dan hewan ini bisa ditemukan di area hutan lindung yang ada di kawasan hutan tropis Kalimantan serta Sumatera. Hewan ini seringkali menjadi sasaran bagi para pemburu, karena harga jualnya sangatlah tinggi dan banyak orang yang menyukai hewan lucu ini. Hewan ini juga sering diburu untuk keperluan konsumsi, karena hewan ini banyak yang bilang memiliki rasa daging yang nikmat.

2. Komodo

Kehidupan Komodo tak jauh berbeda dengan daur hidup kadal pada umumnya dan komodo menjadi salah satu hewan endemik yang sangat mendunia. Komodo hanya bisa ditemukan di Indonesia saja dan komodo yang sudah dewasa biasanya memiliki panjang tubuh 2-3 serta berat sekitar 100 kg. Komodo terkenal sebagai salah satu hewan yang selalu menjulurkan mulutnya dan komodo ditetapkan sebagai salah satu hewan langka yang harus dilindungi. NTT menjadi tempat penangkaran komodo tepatnya di pulau komodo dan hal ini dilakukan pemerintah untuk melindunggi hewan ini dari kepunahan.

3. Badak bercula satu

Badak ini terkenal dengan sebutan badak jawa dan badak ini populasinya terbilang sangat sedikit di Indonesia. Kulit tubuh badak jawa termasuk keras dan jaringan hewan ini sangatlah kuat, sehingga hewan ini sangat sulit dimangsa oleh hewan lain. Ada beberapa faktor dari kelangkaan badak jawa yaitu perburuan yang dilakukan secara liar, penyakit dan adanya bencana alam. Cula badak jawa dikenal memiliki harga jual yang tinggi dan hal ini menjadi alasan dasar banyaknya perburuan. Taman Nasional Ujung Kulon menjadi tempat yang dialokasikan sebagai hutan lindung bagi keberadaan badak jawa.

4. Harimau sumatera

Harimau ini menjadi salah satu hewan yang sangat dilindungi di Indonesia dan keberadaannya yang semakin sedikit membuat hewan ini termasuk dikategorikan sebagai hewan yang langka. Hewan ini memiliki ciri dari segi kulitnya yang lebih lebih gelap dan dari segi pola hitam yang ada pada tubuhnya terkesan melebar.

Untuk mengkategorikan hewan sebagai hewan langka ada langkah-langkah penelitian yang dilakukan oleh pihak terkait dan data ini penting dimiliki untuk menjaga ekosistem harimau Sumatera agar tidak punah. Kulit hewan ini seringkali bermanfaat bagi pembuatan berbagai jenis barang dan harga jualnya pun tinggi di pasaran.

5. Anoa

anoa langka

Anoa adalah hewan endemik yang banyak hidup di sulawesi dan hewan ini juga masuk dalam list hewan yang sangat dilindungi di Indonesia. Hewan ini memiliki manfaat dari berbagai segi tubuhnya mulai dari tanduk, kulit dan dagingnya.

Pada dasarnya ada berbagai jenis-jenis adaptasi yang seringkali dilakukan hewan dan anoa termasauk hewan yang mudah untuk beradaptasi dengan berbagai jenis lingkungan. Hewan ini memiliki tingkat perburuan yang sangat tinggi dan salah satu upaya pemerintah adalah dengan melakukan perlindungan, karena jumlah yang ada hanya sekitar 5.000 ekor saja.

6. Elang jawa

Elang jawa adalah salah satu hewan yang populasinya banyak berada di sekitaran hutan jawa dan hewan ini dijadikan langbang negara Indonesia yaitu Garuda. Hewan ini termasuk dalam salah satu hewan langka yang ada di Indonesia, karena tingkat perburuan liarnya yang sangat tinggi dan banyaknya perusakan habibat asli elang dihutan membuat hewan ini banyak yang memilih pergi dari habitat aslinya, hal ini menjadikan hewan ini memiliki populasi yang semakin sedikit. Kini hewan ini hanya dapat ditemukan dibeberapa kawasan hutan lindung yang ada di jawa seperti Taman Nasional Ujung Kulon dan Taman Nasional Gunung Gede. Salah satu ciri-ciri burung elang adalah memiliki tubuh yang ukurannya lumayan besar dibanding burung jenis lainnya.


7. Tarsius

Tarsius adalah hewan yang memiliki populasi sedikit di Indonesia dan primata berukuran kecil ini banyak ditemukan di Sulawesi Utara. Meskipun hewan ini termasuk dalam hewan dengan populai rendah, sampai saat ini belum ada upaya yang dilakukan serius seperti membuat sebuah penakaran khusus.

Hewan ini memiliki makanan yang banyak ditemukan di hutan seperti serangga, burung, ular dan kelelawar. Perburuan liar menjadi salah satu penyebab langkanya tarsius di Indonesia, hal ini terjadi karena harga jualnya yang lumayan tinggi.

8. Jalak Bali

jalak bali langka

Burung unik ini mekiliki penampilan yang sangat menarik dan suaranya sangatlah keren dibanding dengan burung lainnya. Perburuan liar membuat populasi hewan ini menjadi sangat sedikit dan salah satu upaya pemerintah untuk melindungi jalak bali adalah dengan memasukan hewan ini dalam list hewan yang dilindungi. Tentu akan ada jerat hukum bagi siapa saja yang memburu hewan ini secara liar dan hal ini diharapkan akan menimbulkan eketakutan untuk para pemburu. Taman Nasional Bali Barat menjadi tempat penangkaran terbesar jalak bali yang ada di Indonesia.

9. Trenggiling

Hewan ini memang memiliki kemiripan dengan musang, namun dari segi kulit hewan ini memiliki tekstur yang lebih keras dan habitat hewan ini adalah jawa serta sumatera. Hewan ini seringkali mengalami perburuan liar, karena harga jual hewan ini sangatlah mahal dan hewan ini biasanya diburu dengan tujuan untuk dijual dagingnya dengan harga jual yang lumayan tinggi yaitu sekitar 600 ribu per kg, salah satu pasar impornya dalah Cina.

10. Babirusa

Babi jenis ini memiliki tampilan lebih sanggar dan salah satu ciri identik babirusa adalah taringnya yang mencuat ke arah atas. Perburuan liar menjadi salah satu penyebab langkanya hewan ini dan daging babirusa seringkali menjadi makanan manusia. Kelangkaan babirusa diperoleh dari data yang jelas dan diperkirakan hanya ada 4.000 ekor lagi babirusa yang hidup liar dihutan Indonesia.

Demikian ulasan mengenai hewan langka yang dilindungi di indonesia dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , ,



Oleh :
Kategori : Hewan
Search
Belajar Online Gratis

Ternyata banyak sekali orang-orang pintar dari Indonesia yang berhasil menciptakan sesuatu dan diakui oleh Internasional. Berikut ini daftar ilmuwan dengan ciptaannya yang fungsi dan temuannya diakui oleh banyak negara di dunia.