Sponsors Link

5 Fungsi Pembuluh Darah pada Kulit dan Penjelasannya

Sponsors Link

Tubuh manusia merupakan sebuah bagian yang sangat kompleks dan rumit. Banyak sekali bagian-bagian yang saling berkaitan dan mempengaruhi satu sama lain. Hubungan keterkaitan tersebutlah yang membuat tubuh manusia dapat berfungsi dan berjalan sebagaimana adanya. Kondisi dari tubuh manusia sendiri adalah salah satu efek dari pola adaptasi. Untuk dapat menunjang tujuan adaptasi manusia itu sendiri maka tubuh memiliki banyak sekali sistem organ manusia.

ads

Sebagaimana yang telah kita ketahui dan pahami bahwa tujuan manusia beradaptasi adalah untuk bertahan hidup. Tubuh manusia sendiri merupakan salah satu bentuk adaptasi yang paling baik. Berbagai jenis organ dengan bermacam fungsi dapat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan yang ada.

Tubuh manusia sendiri memiliki berbagai macam sistem yang berguna untuk menjaga dan mengontrol setiap kondisi yang ada di dalam tubuh. beberapa sistem yang ada seperti sistem saraf pada manusia yang mengontrol semua bagian tubuh kita. Kemudian ada sistem gerak yang memungkinkan kita untuk melakukan berbagai macam hal. Dan dapat mempermudah kita untuk berpindah tempat. Tak lupa juga adanya sistem pencernaan yang memungkinkan kita untuk dapat mengkonsumsi makanan dan dapat berguna untuk pemenuhan kondisi dari tubuh kita sendiri.

Ada juga sistem peredaran darah yang berfungsi untuk menyebarkan setiap nutrisi yang ada ke seluruh tubuh. setiap sistem, tersebut memiliki fungsi dan kinerjanya masing-masing. Akan tetapi, baik secara langsung atau tidak langsung, setiap sistem tersebut akan saling mempengaruhi.

kali ini kita akan membahas mengenai beberapa hal yang berhubungan dengan darah. Terutama pembahasan kita kali ini adalah tentang fungsi pembuluh darah pada kulit. Ada beberapa fungsi yang dimiliki oleh pembuluh darah pada kulit. Beberapa fungsi yang harus kalian pahami seperti:

1. Sebagai Pembawa Nutrisi

Sebagaimana yang telah kita bahas di atas bahwa salah satu fungsi pembuluh darah pada kulit adalah sebagai pembawa nutrisi. Fungsi yang satu ini sangat erat hubungannya dengan fungsi pembuluh darah kapiler. Hal ini dikarenakan pembuluh darah kapiler adalah pembuluh darah terkecil yang tersebar di seluruh tubuh. Melalui pembuluh darah kapiler inilah kulit akan mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan.

Kulit sendiri merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia yang sangat penting, karena fungsinya berguna sebagai pelindung  tubuh manusia. Ketika kulit mengalami kekurangan asupan nutrisi yang dibutuhkan maka akan berdampak buruk terhadap kinerja dari kulit itu sendiri. Nutrisi yang di dapatkan oleh kulit melalui pembuluh darah kapiler didapatkan berbarengan asupan darah.

2. Sebagai Pengatur Suhu Tubuh

Fungsi pembuluh darah pada kulit yang selanjutnya adalah sebagai pengatur suhu tubuh. darah adalah salah satu komponen yang bisa dikatakan sangat penting pada proses pengaturan suhu tubuh. Pengaturan ini sendiri sangat berhubungan erat dengan proses oksidasi dalam tubuh. Panas yang dihasilkan oleh oksidasi tersebut akan tetap menjaga suhu tubuh menjadi tetap stabil. Pendistribusian panas tubuh ini, juga akan mencapai pada bagian kulit kita.

Fungsi ini sangat berguna ketika tubuh menghadapi kondisi yang dingin. Ketika suhu lingkungan turun maka darah akan tetap menjaga suhu tubuh kita pada kondisi yang normal. Sedangkan ketika suhu tubuh naik, maka darah akan mendistribusikan panas tersebut ke seluruh tubuh, untuk mendapatkan penyeimbang yang lebih baik.

3. Membantu Proses Eksresi Kulit

Kulit adalah salah satu organ yang termasuk kedalam sistem eksresi, sistem ini berperan dalam pembuangan sampah dari dalam tubuh kita. Darah yang beredar ke seluruh tubuh pada dasarnya tidak hanya berfungsi sebagai pengantar nutrisi saja. Namun, darah juga berfungsi untuk membawa kotoran atau zat-zat kotoran dari dalam tubuh. Zat sampah yang di bawa darah ke bagian kulit ini akan di keluarkan melalui keringat. Biasanya pengeluaran ini akan terjadi ketika suhu tubuh meningkat. Ketika suhu tubuh menurun maka darah akan menghentikan pengeluaran keringat dari kulit.

4. Sistem Pertahanan Kulit

Sistem imun adalah sebuah sistem yang bekerja guna menghindarkan tubuh dari efek buruk benda asing. Masuknya benda asing kedalam tubuh akan berpengaruh pada proses kinerja tubuh itu sendiri. melalui pembuluh darah yang terletak di bagian hipodermis,maka kulit memiliki pertahanan ketika ada benda asing yang masuk. Biasanya benda asing yang masuk tersebut berupa bakteri dan sejenisnya. Masuknya benda asing ini akan dapat langsung di respon oleh darah melalui adanya pembuluh kapiler pada kulit.

5. Pengedar hormon pada kulit

Fungsi darah yang satu ini akan lebuh berhubungan dengan hormon yang berguna untuk pertumbuhan dan regenerasi. Beberapa jenis hormon yang akan menstimulus pertumbuhan bagian kulit akan di edarkan melalui darah. Hormon ini juga akan sangat bermanfaat untuk regenerasi kulit yang luka, atau menggantikan kulit yang sudah tua.

Itulah tadi beberapa fungsi pembuluh darah pada kulit yang bisa kita pelajari. Pada dasarnya fungsi yang dimilikinya tak jauh berbeda dengan fungsi lain yang ada di dalam tubuh. Namun, memang ada beberapa fungsi yang memang hanya ada pada bagian kulit saja. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Biologi