Sponsors Link

Mengapa Manusia Perlu Bernapas? Ini Alasannya

Sponsors Link

Manusia normal pasti akan bernapas dan dengan kerja pernapasan yang baik, semua organ penyusun tubuh akan bisa bekerja secara maksimal. Saat manusia tidak bernapas akan terjadi penumpukan karbon dioksida dalam darah dan karbon dioksida adalah gabungan yang harus dibuang saat bernapas. Energi yang dihasilkan dari makanan, tak akan membuat tubuh menjadi sehat apabila tidak melakukan pernapasan dan oksigen menjadi hal penting yang harus didapat manusia setiap harinya. Oksigen menjadi sebuah hal penting untuk menghasilkan energi atau kekuatan tubuh dan oksigen yang baik dapat diperoleh dari suatu tempat yang sehat.

ads

Saat melakukan pernapasan dengan menggunakan hidung, ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh seperti semua udara yang akan masuk ke hidung disaring oleh rambut hidung, udara yang akan masuk dapat diatur dengan adanya selaput lendir di hidung dan suhu udara disesuaikan oleh hidung. Semua udara yang akan masuk ke hidung akan terdeteksi oleh rambut hidung dan saat bernapas ada berbagai partikel udara yang akan tertahan oleh bulu hidung. Peran hidung juga sangatlah penting sebagai indra penciuman dan hidung akan sangat peka terhadap berbagai kondisi udara yang terjadi di lingkungan. Hidung juga dapat mendeteksi berbagai kondisi yang tidak baik seperti mendeteksi bau bangkai tikus dan mendeteksi bau sampah.

1. Untuk metabolisme

Metabolisme adalah proses pengubahan zat gizi menjadi energi yang terjadi di dalam tubuh dan proses metabolisme bisa terjadi dengan baik apabila organ-organ pernapasan berjalan dengan baik. Dengan Bernapas manusia dapat melakukan proses metabolisme dengan baik dan energi yang dihasilkan dari hasil metabolisme biasanya digunakan manusia untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Apabila metabolisme tidak berjalan dengan baik, akan banyak hambatan yang terjadi dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari. Metabolisme adalah suatu istilah yang sangat populer di dunia medis dan metabolisme juga menjadi kajian pelajaran dalam ilmu pengetahuan alam atau IPA.

Manusia juga dikategorikan sehat apabila sistem ekskresi manusia terjadi dengan baik dan proses metabolisme tubuh harus bisa berjalan dengan baik, agar berbagai aktivitas sosial dapat berjalan dengan baik. Banyak masyarakat yang belum mengetahui maksud dari adanya metabolisme dalam tubuh dan ada beberapa masyarakat yang menganggap bahwa metabolisme adalah sebuah sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Metabolisme terjadi setelah adanya proses pencernaan dan proses mencerna makanan menjadi salah satu penentu terjadinya metabolisme dalam tubuh, dengan metabolisme yang baik energi akan dihasilkan dengan sempurna.

2. Memenuhi kebutuhan oksigen

Pernapasan yang dilakukan manusia adalah salah satu cara untuk mendapatkan udara sehat atau oksigen dan ada berbagai jenis pernapasan yang bisa dilakukan oleh manusia. Oksigen adalah salah satu unsur kimia yang memiliki lambang O dengan nomor atomnya 8 dan oksigen sangat dibutuhkan oleh manusia, karena dengan oksigen yang baik kesehatan tubuh manusia menjadi lebih terjamin. Oksigen menjadi salah satu alasan mengapa manusia perlu untuk bernapas dan setiap manusia yang bernapas pasti dilakukan dengan situasi yang berbeda. udara yang bersih menjadi penghasil oksigen yang terbaik bagi kesehatan.

Semua unsur organik seperti protein, lemak dan karbohidrat semuanya memiliki kandungan unsur oksigen. Semakin baik udara pada suatu tempat, maka akan semakin baik pula oksigen yang dihasilkan. Oksigen pada makhluk hidup sebagian besar berbentuk air dan peranan air putih sangatlah penting bagi kesehatan pernapasan, dengan mengkonsumsi air putih secara rutin dapat menghindarkan terganggunya pernapasan. Ada banyak gangguan pada sistem pernapasan yang seringkali terjadi seperti bengkak yang berakibat rasa sakit dan saluran pernapasan yang tidak lancar. Ada banyak faktor yang menghambat proses pernapasan manusia.

3. Untuk melepaskan karbondioksida

Salah satu kegunaan bernapas adalah untuk membuang karbondioksida dan siklus oksigen karbon terjadi dengan baik, apabila pernapasan berjalan lancar. Manusia menjadi makhluk hidup yang membutuhkan kegiatan bernapas dan karbondioksida adalah sebuah hal yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Kualitas pernapasan sangat diperlukan oleh manusia, karena dengan proses yang baik maka akan banyak pula karbon dioksida yang dikeluarkan. Penghambat sistem pernapasan sangatlah banyak dan salah satu contohnya adalah adanya bakteri yang menempel pada mulut, hal ini seringkali membuat bau yang tak karuan yang dikeluarkan mulut.


Karbondioksida tak hanya bisa dihasilkan manusia, namun ada banyak lagi makhluk hidup yang melakukan pernapasan dan setiap makhluk hidup yang bernapas pasti akan menghasilkan gas buangan karbondioksida. Tumbuhan membutuhkan karbondioksida untuk proses foto sintesis dan karbon dioksida menjadi salah satu siklus yang penting dalam karbon. Semua sistem organ manusia akan dapat berjalan dengan baik, apabila semua proses pembuangan karbon dioksida dapat dilakukan dengan lancar. Semakin lancar seseorang melakukan pembuangan karbon dioksida, maka akan semakin sehat pula kondisi tubuhnya.

4. Untuk menghasilkan energi

Energi adalah suatu kemampuan yang harus dimiliki manusia untuk melakukan sebuah pekerjaan dan setiap pekerjaan yang dilakukan manusia, pasti membutuhkan sebuah energi. Energi juga menjadi faktor utama manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dan energi memiliki sifat yang sangat fleksibel, karena dapat berubah dengan sangat cepat. Semua jaringan penyusun tubuh manusia akan bekerja dengan baik, apabila energi yang dibutuhkan terpenuhi dan salah satu alasan kenapa manusia harus bernapas adalah untuk menghasilkan energi. Salah satu cara menghasilkan energi adalah dengan mengkonsumsi makanan dan bernapas secara teratur.

Kurang makan juga menjadi salah satu penyebab seseorang tidak memiliki energi yang bagus dan pada saat pagi hari, kegiatan sarapan sangatlah penting. Sarapan adalah kegiatan yang harus dilakukan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dan ada beberapa menu sarapan sehat yang bisa dikonsumsi seperti makan dengan sayur, makan bubur, mengkonsumsi roti tawar dan mengkonsumsi sosis. Dengan sarapan setiap hari, maka semua jaringan penyusun tubuh akan dapat bekerja dengan baik dan tubuh akan menghasilkan energi yang pas untuk beraktivitas. Saat bersekolah ataupun bekerja akan banyak energi yang dibutuhkan, karena berfikir menjadi sebuah kegiatan yang membutuhkan banyak energi.

Demikian ulasan lengkap mengenai alasan mengapa manusia perlu bernapas dan semoga artikel ini dapat memberikan referensi terbaik bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , ,



Oleh :
Kategori : Biologi