Sponsors Link

3 Fungsi Pita Suara pada Manusia

Sponsors Link

Jika kita membicarakan mengenai anatomi tubuh manusia maka ada banyak segi yang bisa kita bicarakan. Setiap bagian tubuh dari manusia, memiliki karakteristik yang berbeda-beda. hal tersebut sangat bergantung kepada jaringan penyusun tubuh manusia itu sendiri. Setiap jaringan yang ada pada tubuh manusia selalu memiliki fungsi dan karakter yang berbeda-beda.

ads

Serta tak jarang juga setiap jaringan yang ada dalam tubuh kita memiliki fungsi lebih dari satu macam. Maka bukan suatu hal yang aneh jika dikatakan bahwa tubuh manusia merupakan sebuah bagan yang sangat kompleks. Setiap jaringan dan setiap bagian akan selalu mempengaruhi satu sama lain. kinerja dari suatu jaringan akan dapat dipengaruhi oleh kinerja dari bagian lain dalam tubuh.

Tubuh manusia terdiri dari berbagai macam jenis sistem organ. Setiap sistem organ manusia tersebut memiliki fungsi dan pengaruh yang besar adanya. Keberadaan dari sistem organ tersebut merupakan sebuah perwujudan dari tujuan adaptasi manusia itu sendiri. Manusia beradaptasi dengan tujuan untuk dapat mempermudah kehidupan mereka.

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu bagian dari sistem organ pernapasan pada manusia. kita akan membahas mengenai fungsi pita suara. Bagian yang satu ini merupakan salah satu bagian yang sangat penting, bahkan bisa dikatakan bahwa fungsi yang satu ini memiliki banyak sekali pengaruh pada kehidupan kita. Jika berbicara mengenai fungsinya maka ada beberapa hal yang bisa kita ketahui.

Kemampuan untuk berbicara merupakan salah satu hal yang penting bagi manusia. Melalui kemampuan yang satu ini kita dapat berkomunikasi dan menyampaikan banyak hal. Meskipun ada beberapa orang yang tidak dikaruniai kemampuan yang satu ini, baik sejak lahir maupun dikarenakan faktor lain. Maka bukan hal yang aneh jika kemampuan berbicara adalah salah satu bentuk kemampuan adaptasi yang sangat penting bagi manusia. pada proses keluarnya suara sangat dipengaruhi oleh keberadaan dari pita suara itu sendiri. Namun, pada dasarnya pita suara memiliki beberapa macam fungsi yang cukup penting bagi kehidupan kita. Beberapa fungsi tersebut seperti

1. Mengeluarkan suara

pita suaraFungsi pita suara yang satu ini pastinya sangat umum diketahui oleh banyak orang. Pita suara merupakan salah satu instrumen yang cukup penting dalam pembentukan suara manusia. pita suara adalah salah satu bagian yang sangat unik pada tubuh manusia. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki ketebalan pita suara yang berbeda-beda. hal inilah yang membuat kenapa setiap orang dapat Menghasilkan suara yang berbeda-beda.

Pada proses terjadinya suara maka udara yang keluar dari dalam paru-paru akan menggetarkan ligamen yang ada di sekitar pita suara. Getaran pada ligamen inilah yang kemudian diteruskan pada pita suara, sehingga dapat ikut bergetar. Getaran dari pita suara tersebut kemudian diperbesar oleh bagian mulut dan hidung manusia.

2. Mencegah kemungkinan tersedak

pita suaraPada fungsi yang satu ini memiliki hubungan yang erat dengan fungsi epiglotis manusia. hal ini dikarenakan posisi dari epiglotis yang bisa dikatakan cukup dekat dengan pita suara. Sebagai mana yang kita ketahui bersama bahwa pada saat kita menelan makanan maka epiglotis akan melipat dan menutup saluran trakea. Pada saat pelipatan tersebut, pita suara juga ikut melihat. Gerakan pelipatan pita suara ini sendiri disebut juga sebagai imobilitas lipatan vokal.

Maka sangat dilarang untuk berbicara ketika kita sedang makan. Hal tersebut dapat menimbulkan gangguan pada pusat saraf kita. Sehingga ada kemungkinan epiglotis dan pita suara tidak tertutup dengan sempurna. Hal tersebut akan mengakibatkan masuknya makanan kedalam saluran pernapasan. hal ini dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan.

3. Mengatur aliran udara

Fungsi pita suara yang selanjutnya adalah untuk proses pengaturan aliran udara. Pengaturan ini berhubungan dengan menyesuaikan jumlah udara yang masuk dan keluar dari dalam dalam paru-paru. Pada fungsi yang satu ini pita suara sangat berhubungan erat dengan epiglotis dan beberapa komponen lain yang ada di dalam laring. Pada prosesnya terdapat tiga gerak utama yang dapat digunakan untuk mengatur aliran udara ini, yaitu

  • Imobilitas lipat vokal adalah ketika pita suara tidak terbuka dengan baik
  • Unilateral Imobilitas lipat vokal adalah ketika hanya ada salah satu bagian dari pita suara tidak bergerak dengan normal.
  • Bilateral Imobilitas lipat vokal adalah ketika kedua bagian dari pita saura tidak dapat berfungsi dan bekerja dengan normal.

Ketiga kondisi tersebut bisa dikatakan merupakan sah satu faktor yang dapat mempengaruhi masuknya udara kedalam paru-paru. Selain itu hal tersebut juga akan berdampak pada kemampuan seseorang untuk dapat berbicara dengan normal.

Itulah tadi beberapa fungsi pita suara yang dapat kalian ketahui. Setiap fungsi memiliki tujuan yang berbeda-beda, meskipun bisa dikatakan bahwa setiap fungsi tersebut saling berkaitan satu sama lain. Melihat pentingnya fungsi dari pita suara, maka sudah seharusnya kalian bisa menjaganya dengan baik. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,



Oleh :
Kategori : Biologi
Search
Belajar Online Gratis

Ternyata banyak sekali orang-orang pintar dari Indonesia yang berhasil menciptakan sesuatu dan diakui oleh Internasional. Berikut ini daftar ilmuwan dengan ciptaannya yang fungsi dan temuannya diakui oleh banyak negara di dunia.