Sponsors Link

4 Prinsip Kerja Pesawat Terbang Hingga Bisa Terbang Bebas di Udara

Sponsors Link

Pesawat terbang adalah sebuah alat rancangan yang difungsikan untuk dapat terbang di udara dan pesawat terbang memiliki berat yang lebih besar dari pada udara, memiliki saya yang tetap atau tak bergerak seperti burung dan dapat terbang dengan bantuan mesin. Sebuah pesawat terbang dikendalikan oleh seorang pilot atau pengemudi pesawat yang biasanya didampingi oleh asisten pilot atau co pilot di sampingnya. Pesawat dibuat dengan berbagai macam tujuan dan salah satu tujuan umumnya adalah untuk alat transportasi masyarakat.

ads

Kini jarak antar negara menjadi terasa sangat dekat dan dengan pesawat hanya diperlukan waktu beberapa jam saja untuk mencapai sebuah negara. Pesawat tentu menjadi alat transportasi yang sangat cepat dan kinerjanya jauh lebih cepat dibandingkan dengan mobil ataupun alat transportasi laut. Kini di Indonesia telah banyak pilihan maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke berbagai negara dan harga tiket penerbangan ke berbagai negara berbeda-beda tergantung dari jarak yang ditempuhnya. Tak hanya antar negara, kini jarak antar kota di Indonesia menjadi lebih cepat dengan menggunakan pesawat dan tiketnya pun relatif murah.

Kini untuk menggunakan alat transportasi pesawat tidaklah sulit, karena tiket bisa didapatkan secara online dan hal ini dilakukan untuk mempermudah para konsumen untuk melakukan penerbangan. Pesawat terbang memiliki standart keamanan yang tinggi dan kini asuransi perjalanan untuk semua maskapai penerbangan telah ditentukan secara jelas. Ada pelayanan terbaik yang disediakan maskapai penerbangan untuk memberikan layanan kepada konsumen pesawat.

Tak hanya keuntungan, namun menggunakan pesawat terbang juga dapat menimbulkan banyak kerugian seperti tidak bisa membawa terlalu banyak barang bawaan, resiko keselamatan sangat terancam, resiko kecelakaan pesawat bisa saja terjadi, cuaca bisa mempengaruhi kualitas penerbangan dan kerusakan pada mesin pesawat. Semua hal ini dapat dihindarkan dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh maskapai penerbangan dan upaya ini harus dilakukan secara serius, agar semua penebangan bisa berjalan dengan sangat baik.

Pada prinsip kerja pesawat terbang sangat dipengaruhi oleh gaya aerodinamis yang berkaitan dengan gaya angkat, gaya hambat, gaya berat dan gaya dorong. Prinsip kerja semua jenis pesawat sama saja dan perbedaannya hanya dari segi bentuk serta fasilitas saja. Gaya dorong pada pesawat dihasilkan dari putaran baling-baling dan gaya hambatnya dihasilkan dari gesekan pesawat dengan angin dan semua pesawat pasti memiliki massa jenis yang berbeda-beda, hal ini akan menimbulkan sebuah gaya gravitasi. Gaya angkat sangat diperlukan dalam sistem kerja pesawat terbang dan gaya angkat akan diperoleh dari sayap pesawat udara.

Sayap pesawat memiliki peranan yang sangat penting dalam mengangkat bada pesawat ke udara dan saat pesawat sedang terbang udara akan mengalir ke bagian atas dan bagian bawah sayap. Udara yang mengalir kebagian atas akan lebih cepat dibanding udara yang mengalir ke bagian bawah dan hal ini akan membuat tekanan udara pesawat di bagian atas menjadi lebih rendah. Pada saat yang bersamaan udara yang ada di bawah akan dibelokkan kebawah oleh sayap pesawat dan hal ini menimbulkan gaya angkat pada pesawat. Saat terbang di udara gaya dorong terhadap sayap sangat diperlukan dan tekanan udara yang rendah pada bagian atas pesawat akan memudahkan pesawat untuk terbang. Berikut ini beberapa penyebab pesawat bisa terbang:

1. Penampang Airfoil

Gaya angkat pada sebuah pesawat dapat terjadi, akibat adanya aliran udara yang bisa melewati bagian atas dan bagian bawah di sekitar airfoil. Saat pesawat sedang terbang akan ada aliran udara yang melewati bagian atas dan bawah dari airfoil. Peran penampang airfoil memiliki andil yang sangat besar, karena dengan ada airfoil jalannya udara menjadi lebih baik dan gaya angkat pesawat akan terjadi dengan sangat baik. Adanya perbedaan tekanan pada bagian atas dan juga bawah yang menimbulkan gaya angkat pesawat. Gaya angkat pesawatlah yang menyebabkan pesawat bisa terbang dan mengudara dengan bebas.

2. Tenaga Penggerak

Untuk bisa melakukan pergerakkan ke arah depan saat berada di udara ataupun di darat, pesawat memerlukan gerak untuk daya dorong dan peran tenaga penggerak atau mesin engine sangatlah penting. Daya dorong yang dihasilkan tenaga penggerak sering disebut dengan nama thrust dan ada beberapa jenis engine pesawat seperti pistone engine, Turboshaft Engine, Turboporop Engine, Turbofan Engine dan Turbojet Engine. Semua jenis engine pesawat harus dapat bekerja dengan baik dan pesawat sangat mengandalkan mesin penggerak atau tenaga penggerak untuk melakukan penerbangan.


3. Bidang Kendali

Saat pesawat digerakkan tentu harus dibutuhkan sebuah bidang kendali yang bisa mengatur pesawat saat akan berbelok, menukik atau berbalik dan bidang kendali pilot sering disebut dengan nama control surface. Bidang kendali uatama pesawat adalah bidang yang mengatur kendali pesawat saat berada di udara dan kendali ini dilakukan oleh seorang pilot. semua elektron yang dihasilkan akan menghasilkan sebuah kendali pesawat yang baik dan kinerja seorang pilot sangat penting dalam sistem kendali pesawat, karena pilotlah yang mengemudikan pesawat serta bisa menentukan arah yang ingin dilakukan pesawat saat penerbangan di udara.

4. Elevator Pesawat

Elevator pesawat terbang memiliki peranan yang penting dalam sistem pesawat terbang, karena dengan elevator semua penerbangan pesawat dapat terjadi dengan sangat mulus. Ruder menjadi salah satu bagian yang terletak pada ekor pesawat dan ruder digunakan untuk melakukan belok saat berada di udara dan pergerakannya di area sumbu vertikal pesawat. Rudder dikendalikan oleh pilot melalui rudder pedal yang terletak bada ruang cockpit pesawat dan penggunaan pedal ini harus dijalankan oleh seorang pilot. Semua udara komplementer yang terjadi di udara akan dapat dilewati oleh pesawat terbang dan pesawat terbang menjadi salah satu alat transportasi paling cepat sampai dengan saat ini.

Itulah ulasan lengkap mengenai prinsip kerja pesawat terbang dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Fisika
Search
Belajar Online Gratis

Ternyata banyak sekali orang-orang pintar dari Indonesia yang berhasil menciptakan sesuatu dan diakui oleh Internasional. Berikut ini daftar ilmuwan dengan ciptaannya yang fungsi dan temuannya diakui oleh banyak negara di dunia.