Sponsors Link

Sistem Ekskresi Manusia : Pengertian – Fungsi – Cara Kerja

Sponsors Link

Manusia adalah memiliki organ tubuh yang bervariasi dan dibedakan dengan cara kerjanya. Semua sistem organ manusia harus bisa berjalan dengan baik, karena dengan sistem yang baik maka tubuh akan selalu sehat dan organ tubuh yang tidak berjalan biasanya menyebabkan rasa sakit. Manusia menjadi makhluk hidup yang diciptakan dengan berbagai kelebihan dan manusia memiliki organ tubuh yang sangat lengkap dibanding dengan makhluk lainnya.

ads

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan dengan baik adalah dengan melakukan aktivitas olahraga dan metabolisme dalam tubuh akan berfungsi dengan baik dengan kegiatan olahraga yang rutin. Kegiatan ini juga dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh dengan adanya keringat dan semakin rutin olahraga dilakukan, maka akan semakin sehat pula kondisi kesehatan tubuh.

Sistem eksresi adalah salah satu proses metabolisme yang berjalan di tubuh dan tujuan dari proses ini untuk membuang zat-zat sisa. Sisa metabolisme yang dilakukan tubuh adalah sebuah senyawa yang sangat beracun dan jika racun ini dikeluarkan akan menimbulkan dampak terganggunya organ yang ada dalam tubuh. Ada beberapa organ yang memiliki peranan penting saat terjadinya ekskresi seperti kulit, ginjal, hati dan paru-paru.

Fungsi Sistem Ekskresi

Fungsi sistem ekskresi yaitu untuk membuang berbagai jenis limbah yang dihasilkan dari proses metabolisme dan limbah ini biasanya muncul saat proses metabolisme normal dilakukan oleh tubuh. Jika limbah ini tidak terbuang dengan baik akan menyebabkan penumpukan yang bisa menyebabkan terganggunya kondisi oksigen, air dan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk menjalankan perkembangan sel secara normal. Metabolisme sel juga dapat bermanfaat untuk mengeluarkan berbagai garam yang menumpuk, lemak dan bahan kimia yang terlalu banyak di tubuh.

Sistem Ekskresi juga memiliki peran untuk menjaga kesehatan ginjal dan cara kerja ginjal tidak akan berjalan dengan baik jika banyak racun yang mengendap dalam tubuh. Ada beberapa gejala yang bisa saja terjadi saat ginjal tak berfungsi seperti adanya bengkak pada bagian kaki, mengalami sesak napas, mudah merasa lelah dan berbagai gejala lainnya.

Cara Kerja Sistem Ekskresi

Ketika membahas mengenai cara kerja sistem ekskresi tentu ada beberapa organ yang memiliki peranan penting seperti kulit, paru-paru, ginjal dan hati. Kali ini akan dibahas mengenai cara kerja dari ke 4 organ tersebut.

1. Kulit

Kulit adalah lapisan pelindung yang berada pada bagian luar dan kulit sangat berperan untuk mencegah berbagai hal yang bisa menyerang tubuh. Kulit termasuk dalam salah satu organ ekskresi yang memiliki peranan penting, karena kulit bisa mengeluarkan berbagai zat racun melalui kelenjar keringat. Keringat bisa menandakan seseorang mengalami proses ekskresi yang baik dan keringat bisa keluar dengan berbagai faktor penyebab seperti dengan olahraga. Kulit juga memiliki peranan sebagai indera peraba dan indera perasa. Kulit terdiri dari beberapa lapisan yaitu lapisan kulit ari, lapisan kulit jangat dan lapisan ikat bawah kulit. Ketiganya lapisan kulit ini dibedakan dengan posisinya dan posisi yang paling luar adalah Lapisan Kulit Ari.

2. Ginjal

Ginjal memiliki peranan penting dalam sistem ekskresi yang dilakukan manusia, karena ginjal menjadi penghasil urin dan fungsi ginjal adalah untuk menyaring zat metabolisme yang dilakukan oleh tubuh, tak hanya itu ginjal juga bisa menyeimbangkan cairan tubuh manusia. Secara umumnya ginjal mengalami 3 proses saat akan menghasilkan urin yaitu filtrasi, augmentasi dan reabsorbsi. Ginjal juga terdiri tiga bagian yang sangat penting yaitu kulit ginjal, sumsum ginjal dan rongga ginjal.

Kulit ginjal adalah bagian paling luar dalam struktur ginjal yang berperan peranan untuk melakukan penyaringan darah, sumsum ginjal adalah bagian tengah dari struktur ginjal yang berperan untuk mengalirkan proses urin dengan baik dan rongga ginjal adalah bagian paling dalam pada struktur ginjal yang berperan untuk menampung urin untuk sementara sebelum dikeluarkan melalui ureter.

Sementara untuk melakukan pembentukan urin ada beberapa proses yang terjadi pada ginjal yaitu filtrasi untuk proses penyaringan sel darah, reabsorbsi untuk proses penyerapan zat yang masih dibutuhkan untuk tubuh dan augmentasi yaitu untuk proses pengumpulan cairan pada proses yang berjalan sebelumnya.


3. Paru-paru

Paru-paru memiliki peranan penting sebagai organ pernapasan manusia dan paru-paru termasuk dalam salah satu organ ekskresi. Paru-paru berjumlah 2 atau sepasang dan letaknya berada pada rongga dada manusia yang terlindung oleh tulang rusuk. Pada proses ekskresi paru-paru bekerja dengan cara mengeluarkan gas sisa pada saat proses pernapasan dilakukan dan gas sisa yang dikeluarkan paru-paru adalah karbon dioksida dan uap air.

Ada banyak gangguan pada sistem pernapasan dan semua masalah ini harus dapat diatasi dengan baik agar proses ekskresi tak tterhambat. Berbagai jenis pernapasan yang dilakukan manusia terkadang mengalami banyak hambatan dan salah satu cara mencegahnya adalah dengan melakukan olahraga rutin.

4. Hati

Hati terletak pada bagian rongga perut yang berada pada bagian kanan bawah diafragma dan hati terlindungi oleh sebuah selaput tipis. Hati berperan dalam proses ekskresi yang dilakukan manusia dan pada saat proses terjadi hati dapat mengeluarkan berbagai zat sisa dari sel darah merah, proses selanjutnya zat sisa dihancurkan di dalam limpa. Tak hanya itu hati juga memiliki peranan sebagai penawar racun yang efektif dan fungsi hati akan berjalan dengan baik apabila makanan yang dikonsumsi sehat.

Pada dasarnya semua jaringan penyusun tubuh manusia harus dapat berjalan dengan baik, agar tidak ada penyakit yang mudah masuk dan sistem ekskresi manusia bisa berjalan dengan baik bila semua faktor penunjangnya dapat berjalan lancar. Tak hanya itu organ organ pernapasan manusia juga harus dapat berjalan dengan baik dan semua gangguan pada sistem pernapasan harus cepat diatasi agar tak menimbulkan dampak yang lebih parah. Jangan sampai berbagai penyakit reproduksi manusia terjadi pada anda, jadi alangkah lebih baiknya lakukanlah pola hidup sehat dimanapun anda berada.

Demikian ulasan lengkap mengenai sistem ekskresi manusia dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Biologi