Sponsors Link

6 Fungsi Selubung Mielin Bagi Tubuh Manusia

Sponsors Link

fungsi selubung mielinSetiap makhluk hidup yang berada di muka pasti memiliki sistem tubuh yang sangat rumit. Hal tersebut juga berlaku terhadap manusia. Jika kita melihat dan mempelajari susunan tubuh manusia maka kita bisa melihat setiap bagian dari tubuh manusia tersusun dari beragam sistem yang sangat rumit dan berkaitan. Jika bisa diumpakan maka tubuh manusia ini sama halnya seperti pabrik yang memiliki selalu memiliki divisi atau bagian-bagian tertentu.

ads

Tubuh manusia memiliki banyak sekali bagian yang bisa dikatakan saling berkaitan dan berketergantungan. Setiap bagian tidak bisa lepas dari bagian divisi lain. Meskipun ada juga beberapa bagian yang dapat berdiri sendiri dan tidak memiliki ketergantungan.

Jika membicarakan mengenai bagian atau divisi dari tubuh manusia, maka kita bisa menyebutkan banyak sekali bagian utama. Tubuh manusia terbagi menjadi beberapa sistem besar yang memiliki peran penting untuk keberlangsungan dari proses hidup manusia itu sendiri. Kita banyak mengenal sistem besar dalam tubuh, salah satunya adalah sistem saraf pada manusia.

Sistem yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu sistem utama yang sangat berperan penting dalam mengatur pergerakan setiap pergerakan bagian tubuh manusia. Sistem saraf sendiri juga banyak sekali mengatur berbagai sistem organ manusia. terdapat dua bagian utama dari sistem saraf yaitu saraf simpatik yang mengatur secara sadar, serta sistem saraf parasimpatik yang mengatur secara tak sadar.

Sama halnya dengan bagian lain yang ada dalam tubuh manusia. Sistem saraf juga terbagi dan memiliki bagian-bagian kecil. Kali ini kita akan membahas mengenai fungsi selubung mielin yang cukup penting keberadaannya bagi sistem saraf. Ada beberapa hal yang harus kalian ketahui mengenai fungsi dari selubung yang satu ini yang bisa kalian pelajari, seperti

  1. Fungsi Perlindungan

Salah satu fungsi dari selubung mielin yang sangat penting adalah untuk fungsi perlindungan dari akson. Selubung mielin sendiri merupakan kumpulan dari sel Schwan yang bertugas untuk melindungi akson dari kerusakan. Bentuk dan fungsi dari selubung yang satu ini tak jauh beda seperti sebuah selimut yang dengan erat menutup akson. Kalian sendiri pasti sudah paham dan mengerti mengenai fungsi dari akson sendiri. Akson, merupakan salah satu bagian yang sangat penting bagi sistem saraf secara keseluruhan. Jika akson terganggu maka sistem saraf juga kan mengalami gangguan.

  1. Peningkatan konduksi impuls

Selubung mielin merupakan salah satu dari beberapa ciri-ciri hewan vertebrata yang sangat penting.  Hal dikarenakan selubung yang satu ini berfungsi juga sebagai konduktor yang dapat meningkatkan jumlah dan memperkuat impuls stimulan yang diterima oleh akson. Impuls stimulan seperti sebuah aliran listrik yang mengandung aliran ion positif dan negatif. Aliran ini akan membawa berbagai informasi mengenai reaksi yang harus di berikan oleh tubuh. Salah satunya berfungsi pada sistem gerak hewan vertebrata.

  1. Media pertumbuhan akson

Jika di ibaratkan maka selubung mielin tak beda seperti sebuah media tumbuh. Fungsi ini akan sangat penting ketika akson mengalami kerusakan. Selubung mielin dapat membantu dan memperkuat sel akson yang mengalami kerusakan. Perbaikan sel akson yang rusak akan dilakukan secara alami di dalam selubung mielin. Hal ini akan berjalan dengan baik dan lancar selama selubung mielin tidak mengalami kerusakan. Jika kedua bagian tersebut mengalami kerusakan pada tingkat tertentu, maka perbaikan secara alami akan sangat sulit dilakukan.

  1. Peningkatan kecepatan impuls

Selubung mielin merupakan salah satu dari sedikit tujuan adaptasi manusia yang sangat sulit untuk di amati. Adaptasi ini bertujuan untuk dapat mempermudah pola hidup dari manusia itu sendiri. Fungsi selubung mielin yang satu ini adalah untuk meningkatkan kecepatan transfer impuls antar node yang ada pada bagian saraf. Peningkatan kecepatan ini  akan berakibat pada kecepatan tubuh dalam memberikan respon terhadap sebuah rangsangan yang diterima oleh tubuh sendiri. jika selubung mielin ini mengalami kerusakan dan gangguan maka, kecepatan tubuh untuk memberikan respon akan menurun sangat drastis.

  1. Pengunci Impul

Selain berfungsi sebagai konduktor antar node akson dalam sistem saraf manusia. selubung mielin juga berfungsi untuk mengunci aliran impuls agar tidak mengalami kebocoran. Jika terjadi kebocoran aliran impuls dari dalam akson maka, akan berakibat sangat fatal terhadap proses kinerja dari sistem saraf itu sendiri.

  1. Sumber Nutrisi

Pada dasarnya Selubung mielin yang terbuat dari bahan fosfolipid ini merupakan sumber nutrisi yang sangat penting. Dengan asupan nutrisi dari mielin maka akson dapat bertugas dengan baik dalam kondisi yang akan selalu prima. Hal ini juga dapat menghindari terjadinya kerusakan pada akson itu sendiri.

Itu tadi beberapa fungsi selubung mielin yang bisa kalian pelajari. Meskipun selubung yang satu ini bisa dikatakan sangat sederhana, namun memiliki fungsi yang sangat penting bagi aliran syaraf itu sendiri. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, ,



Oleh :
Kategori : Biologi