Sponsors Link

Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder Terlengkap

Sponsors Link

Tumbuh dan berkembang adalah dua hal yang akan selalu dilalui oleh setiap makhluk hidup. Kedua proses tersebut memang tak akan bisa terlepaskan. Proses tersebut akan membawa makhluk hidup melalui setiap tahapan-tahapan yang membuatnya menjadi lebih matang. setiap proses tumbuh dan berkembang memang memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Namun, pada dasarnya setiap proses tumbuh dan berkembang yang di lalui oleh makhluk hidup akan membawa fungsi dan manfaat yang bisa dikatakan hampir sama.

ads

Proses perkembangan dan pertumbuhan tersebut juga berlaku dan berjalan bagi dunia tumbuhan. Biasanya hal ini terjadi pada beberapa jaringan tumbuhan yang tersebar di setiap bagian tumbuhan itu sendiri. Kita semua mengetahui bahwa terdapat faktor internal pertumbuhan serta faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang saling mempengaruhi. Kedua faktor tersebut memang memegang peranan penting pada setiap proses pertumbuhan bagi tumbuhan.

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa hal yang berhubungan erat dengan proses pertumbuhan dari tumbuhan itu sendiri. Proses pertumbuhan pada tumbuhan sendiri pada dasarnya dapat dibedakan menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah apa yang kita kenal dengan pertumbuhan sekunder. Sedangkan bagian kedua kita kenal sebagai pertumbuhan sekunder. Kedua proses pertumbuhan ini memiliki perbedaan dan ciri khasnya masing-masing.

Ada perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder yang harus kita ketahui? Hal tersebut menjadi sangat penting karena dengan mengetahui hal tersebut sedikit banyak kita bisa memahami dengan proses siklus dari tanaman tersebut. Meskipun setiap tanaman pada dasarnya memiliki proses pertumbuhan sekunder dan primer. Namun, siklus dan jenis dari pertumbuhan tersebut akan sangat berbeda. Hal tersebut biasanya akan bergantung pada jenis dari tumbuhan tersebut.

PERTUMBUHAN PRIMER

Pertumbuhan primer merupakan salah satu proses pertumbuhan yang bisa dikatakan cukup penting. Proses pertumbuhan ini sendiri akan kita temukan pada bagian ujung akar dan ujung batang. Hal ini dikarenakan pertumbuhan primer akan selalu berhubungan dengan pembelahan sel meristem primer. Dan jaringan sel meristem sendiri terdapat pada bagian ujung tumbuh dari tumbuhan.

Biasanya perkembangan primer ini sendiri akan berlangsung setelah tumbuhan tersebut mengalami perkecambahan. Jaringan sel meristem ini sendiri merupakan faktor utama dalam proses pertumbuhan primer. Ketika terjadi proses pertumbuhan, maka jaringan sel meristem ini sendiri dapat kita bagi menjadi tiga jaringan utama yaitu.

  • Protoderm, yaitu lapisan terluar yang akan membentuk jaringan epidermis.
  • Meristem dasar yang akan berkembang menjadi jaringan dasar yang mengisi lapisan korteks pada akar di antara stele dan epidermis.
  • Prokambium, yaitu lapisan dalam yang akan berkembang menjadi silinder pusat, yaitu floem dan xilem.

Pertumbuhan primer yang terjadi pada bagian ujung akar dan ujung batang memiliki zona atau bagian sendiri yang selalu sama. Pembagian zonasi ini sendiri bertujuan untuk lebih memudahkan kita membagi dan mengidentifikasi. Zonasi ini sendiri dibagi menjadi tiga zona utama yaitu:

  • Zona Meristematik
  • Zona Pemanjangan
  • Zona Diferensiasi

Setiap zonasi tersebut akan membawa tugasnya masing-masing yang berhubungan dengan perkembangan dan pertumbuhan.

PERTUMBUHAN SEKUNDER

Satu hal yang sangat menarik dari pertumbuhan sekunder adalah, proses pertumbuhan ini hanya terdapat pada tumbuhan dikotil saja. proses pertumbuhan ini sendiri dapat kita lihat pada struktur batang dikotil yang bisa kita temukan. Pada dasarnya proses pertumbuhan sekunder ini terjadi pada bagian dalam dari tumbuhan itu sendiri. Ketika proses pertumbuhan primer telah terjadi maka, jaringan meristem yang ada akan berubah fungsi menjadi jaringan meristem sekunder.

Sponsors Link

Dari perubahan jaringan dan fungsi tersebut maka akan terbentuk kambium atau yang biasa disebut juga sebagai titik tumbuh, dan juga sebagai jaringan kayu. Kambium sendiri akan terbentuk dari jaringan kolenkim atau parenkim yang mengeras. Pertumbuhan kambium pada tumbuhan sendiri akan sangat berhubungan erat dengan perkembangan dan pembuatan jaringan pembuluh xilem dan floem.

Ketika sel kambium mengalami pertumbuhan  ke arah dalam maka akan membentuk jaringan floem. Sedangkan jika jaringan kambium tersebut berkembang ke arah luar maka  akan membentuk jaringan xilem. Dari proses perkembangan tersebut maka kita akan melihat yang namanya lingkar tahun. Dengan melihat kondisi dan jumlah dari lingkar tahun tersebut. kita bisa menemukan umur tumbuhan serta kondisi lingkungan dari tumbuhan tersebut berada.

Ketika tumbuhan mengalami perkembangan yang semakin menua maka pertumbuhan dari jaringan kambium juga akan semakin membesar. Ketika jaringan akan semakin besar maka bagian terluar dari jaringan parenkim sendiri akan berubah bentuk menjadi kulit kayu.

Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa pertumbuhan sekunder adalah pertumbuhan yang terjadi pada bagian batang atau bagian dalam tumbuhan. Serta proses terjadinya pertumbuhan ini hanya dapat ditemukan pada tumbuhan dikotil yang memiliki kambium.

Itu tadi beberapa perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder yang bisa kalian ketahui. pengetahuan perbedaan tersebut sedikit banyak akan membantu kita dalam memahami lebih banyak mengenai tumbuhan. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Biologi