Sponsors Link

10 Jenis Aglonema Dan Penjelasannya

Sponsors Link

Dari kingdom plantae ada beragam jenis tanaman yang sudah teridentifikasi dan dimasukkan ke dalam kelompok tanaman tertentu. Seiring berjalannya waktu beragam jenis tanaman mulai dibudidayakan dan dijadikan sebagai bagian dari hortikultura.

Salah satu jenis tanaman yang terkenal dan sukses sebagai tanaman hias yakni jenis monstera. Selain monstera terdapat jenis lain yang tidak kalah terkenal dan banyak diburu orang untuk dijadikan tanaman hias, yakni tanaman jenis aglonema.

Aglonema sangat baik tumbuh di iklim tropis seperti Indonesia, namun tahan terhadap suhu dingin atau tidak berada di bawah 16 derajat celcius. Aglonema memiliki nama lain yakni Chinese Evergreen dan juga Sri Rejeki.

Bahkan menurut NASA tanaman aglonema cukup efektif dalam menghilangkan polutan seperti benzena dan formaldehida penyebab polusi udara di sekitar rumah. Aglonema memiliki beragam jenis dan berikut daftarnya!

Aglonema Silver Queen

Aglonema Silver Queen termasuk jenis aglonema yang mudah ditemukan di pasaran. Cara budidaya dan perawatannya terbilang mudah, karena dapat hidup dengan sangat baik dalam kondisi minimal hingga sedang cahaya matahari.

Nama silver queen sendiri diambil dari warna daun tanaman yakni putih dengan kombinasi bercak hijau. Karena keunikannya tersebut membuat Aglonema Silver Queen banyak dijadikan sebagai tanaman hias.

Aglonema Emerald Bay

Aglonema emerald bay termasuk jenis aglonema yang tidak membutuhkan banyak sinar matahari sebab kemampuannya sangat rendah dalam menerima cahaya. Oleh karena itu jika membudidayakan aglonema emerald bay sebaiknya diletakkan pada tempat teduh atau jauh dari sinar matahari.

Secara fisik aglonema emerald bay memiliki corak berwarna abu-abu keperakan dengan warna daun hijau segar pada bagian tepi daun. Inilah yang membuat aglonema emerald bay terlihat berbeda dari aglonema lainnya.

Aglonema Suzy

Aglonema Suzy memiliki warna daun hijau segar dengan sedikit bercak berwarna merah muda yang melintang pada bagian tengah daun. Aglonema suzy membutuhkan sinar matahari yang lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis aglonema lainnya.

Aglonema Cutlass

Aglonema cutlass termasuk aglonema yang berbeda dari jenis aglonema umumnya yakni memiliki bentuk daun menjuntai seperti belati. Tidak hanya itu saja, warna daunnya juga cukup unik yakni berwarna hijau-putih lembut dengan guratan-guratan tengah serta hijau gelap di bagian tepi daun.

Guratan-guratan inilah yang membuat penampilan dari Aglonema cutless terlihat lebih hidup. Tidak heran banyak orang yang menjadikan Aglonema cutless sebagai tanaman hias di dalam atau luar ruangan.

Aglonema Red Peacook

Aglonema red peacook atau aglonema widuri termasuk aglonema yang banyak dipilih sebagai tanaman hias karena corak warna yang dimilikinya. Ciri-ciri dari aglonema red peacook ini yaitu memiliki daun berwarna hijau dengan urat daun merah.

Harga dari aglonema red peacook akan semakin mahal jika warna merah yang dihasilkan semakin banyak dan cerah. Bentuk perawatannya sangat mudah sehingga cocok ditanam oleh pemula yang tertarik untuk menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias.

Aglonema Brevispathum

Aglonema brevispathum merupakan aglonema yang memiliki daun dengan bentuk memanjang dan meruncing di bagian ujungnya. Selain itu bentuk batangnya bercabang dan tidak beraturan antara ke arah kanan dan ke kiri dengan jumlah daun berjumlah 3 lembar atau lebih.

Terdapat garis berwarna hijau gelap yang dihiasi oleh garis putih di bagian tengahnya dengan bentuk memanjang pada daun.

Di alam bebas Aglonema brevispathum merupakan tanaman yang banyak ditemukan di sekitar sungai atau lereng hutan-hutan dengan ketinggian di atas 500 meter di atas permukaan laut. Persebaran aglonema ini mulai dari Kamboja, Laos dan Vietnam.

Aglonema Bidadari

Aglonema Bidadari termasuk aglonema unik dan membuatnya menjadi terlihat cantik. Aglonema ini memiliki perpaduan warna berupa kuning, merah muda, jingga, dan hijau pada setiap daunnya.

Percampuran warna yang terlihat samar-samar pada daunnya membuat Aglonema Bidadari terlihat beda dengan jenis aglonema lainnya. Selain itu pada bagian tangkai terdapat bercak berwarna merah muda yang menjadi ciri khas dari aglonema bidadari.

Aglonema Tricolor

Sebelum dijadikan sebagai tanaman hias, Aglonema tricolor termasuk tanaman hias sub tropis yang banyak ditemukan di ketinggian 1.000-2.000 meter di lereng gunung berapi Pulau Sumatera dan Nias, Indonesia.

Aglonema yang ditemukan pada tahun 1441 ini mempunyai ciri-ciri daun dengan warna dan corak yang unik. Sesuai namanya Aglonema tricolor memiliki daun berbintik tiga warna yakni hijau tua, hijau muda dan putih dengan corak merah muda.

Aglonema Modestum

Aglonema modestum mempunyai bentuk daun berukuran besar mirip tombak. Daunnya dilapisi oleh sejenis lilin yang membuatnya terlihat mengkilap, berbentuk gelombang, berwarna hijau sedikit gelap dengan panjang sekitar 21 cm dan lebar 10 cm.

Aglonema modestum banyak berasal dari negara Bangladesh, Indo-China bagian selatan.

Aglonema Big Roy

Sesuai dengan namanya Aglonema Big Roy mempunyai daun yang berukuran cukup lebar jika dibandingkan dengan aglonema pada umumnya. Selain itu daun milik Aglonema Big Roy berwarna merah hijau dengan bagian tulang daun berwarna merah muda.

Aglonema Big Boy juga dikenal sebagai Aglonema lulaiwan.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan