Sponsors Link

Cara Perkembangbiakan Rumput Teki dan Manfaatnya

Sponsors Link

Tumbuhan adalah salah satu bagian dari makhluk hidup yang bisa dikatakan sangat banyak jumlahnya. Jika kita berbicara mengenai dunia tumbuhan maka kita akan membicarakan berbagai macam jenis yang sebagian besar menguasai bumi.

ads

Banyak sekali jenis tumbuhan yang ada di bumi, setiap jenis tersebut akan memiliki ciri khas yang bisa membedakannya dengan tumbuhan lain. bahkan dalam satu jenis pun kita masih bisa menemukan beberapa ciri-ciri yang berbeda. Dengan jumlahnya yang begitu banyak dan bermacam-macam, memang tak mengherankan jika masih banyak jenis-jenis tumbuhan yang masih belum teridentifikasi. Meskipun sudah banyak juga tumbuhan yang teridentifikasi dan telah di ketahui fungsinya.

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu jenis tumbuhan yang bisa dikatakan sangat umum untuk ditemukan. Tumbuhan yang satu ini merupakan tumbuhan yang sering kita temukan di pinggir jalan maupun di ladang-ladang kosong biasanya. Kita akan membahas mengenai cara perkembangbiakan rumput teki.

Rumput teki atau yang biasa disebut juga sebagai teki ladang merupakan salah satu tumbuhan yang bisa dikatakan cukup menyusahkan. Tumbuhan yang satu ini lebih dikenal sebagai gulma karena sifatnya yang mudah tumbuh dan mudah tersebar. Rumput yang satu ini merupakan salah satu jenis yang sangat bisa kita temukan dimanapun kita berada.

Rumput yang juga memiliki nama ilmiah Cyperus rotundus ini merupakan salah satu musuh dari banyak orang. Hal ini dikarenakan kemampuan dari rumput yang satu ini untuk beradaptasi dengan cepat dan penyebarannya yang juga bisa dikatakan cukup cepat. Pada beberapa kondisi terkadang rumput teki sendiri merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sangat sulit untuk dicegah dan dibasmi.

Rumput Teki ini sendiri merupakan salah satu tumbuhan yang tergolong sebagai tumbuhan C4. Penggolongan ini sendiri berdasarkan pola siklus fotosintesis yang dijalani dan hasil dari fotosintesis tersebut. Pada golongan tumbuhan C4 termasuk rumput teki akan mengedepankan Siklus Calvin pada proses fotosintesisnya. Selain itu juga akan menghasilkan senyawa berkarbon empat sebagai produk pertamanya.

Rumput teki sendiri merupakan salah satu tumbuhan yang bisa dikatakan memiliki banyak sekali jenisnya. Terkadang banyak orang yang menyebut beberapa jenis rumput juga sebagai rumput teki. Jika membicarakan mengenai perkembangbiakan dari rumput teki maka bisa dikatakan cukup unik dan menarik. Hal ini karena apa yang dilakukan oleh rumput teki sendiri termasuk sebagai cara perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan.  Selama ini kita memang mengenal beberapa jenis perkembangabiakan yang sangat jamak dan umum dilakukan oleh tumbuhan.

Rumput teki sendiri berkembangbiak dengan Stolon atau disebut juga geragih.  Selain itu rumput teki sendiri juga membentuk umbi yang pada dasarnya hanyalah modifikasi dari batang. Stolon atau geragih sendiri adalah perpanjangan dari batang utama. Biasanya Stolon sendiri dapat berada sekitar 1 meter di bawah permukaan tanah. hal inilah yang menyebabkan rumput teki sangat susah untuk dibasmi secara total.

Selain itu dengan stolon yang berada di dalam tanah dengan kedalaman yang bisa dikatakan cukup dalam, maka tumbuhan tersebut dapat bertahan dari berbagai kondisi. Bisa dikatakan bahwa pembentukan stolon atau geragih selain berfungsi sebagai metode perkembangbiakan, juga merupakan metode adaptasi fisiologi tumbuhan itu sendiri. Ketika kondisi lingkungan kurang menguntungkan maka rumput teki sendiri akan terkesan mati. Namun, pada dasarnya masih menyisakan Stolon atau geragih tersebut untuk dapat memunculkan individu baru.

Pembasmian dari rumput teki itu sendiri akan membutuhkan energi dan biaya yang tidak sedikit. Biasanya hal ini akan sangat tergantung pada luasan dan dimana rumput teki tersebut berada.

Meskipun banyak yang menyatakan dan  melihat rumput teki sebagai gulma pengganggu. Namun, pada dasarnya tumbuhan liar ini sendiri memiliki beberapa manfaat yang sangat baik.  oleh beberapa orang rumput teki telah di rubah dan dimanfaatkan sebagai obat herbal yang dianggap cukup ampuh dan berkhasiat.

Jika berbicara mengenai manfaat dari rumput teki itu sendiri, maka ada beberapa manfaat yang secara umum dimiliki oleh rumput yang satu ini, seperti

  • Sebagai obat penyakit kulit
  • Sebagai obat perawat kulit
  • Mengobati beberapa jenis gejala sakit mata
  • Dapat mengobati gejala PMS
  • Dapat membantu dalam proses penyembuhan luka
  • Membantu dalam proses penjagaan sistem pencernaan di dalam tubuh
  • Dapat meringankan dan membantu pengobatan penyakit Diare
  • Pada beberapa kasus Rumput teki dapat membantu menurunkan berat badan
  • Dapat mengobati dan membanatu menurunkan beberapa jenis penyakit demam
  • Dapat digunakan untuk membantu pengobatan penyakit mental

Dengan manfaatnya yang bisa dikatakan cukup banyak dan bermacam-macam, maka tak mengherankan jika kini banyak yang menganggap Rumput ini sebagai obat. Meskipun begitu tak ada yang mengembangbiakan rumput ini secara khusus. Itu tadi beberapa informasi mengenai cara perkembangbiakan rumput teki. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan