Sponsors Link

Proses Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Geragih dan Contohnya

Sponsors Link

Ketika kita berbicara mengenai proses perkembangbiakan maka proses yang dilaluinya akan banyak sekali. Kita mengenai berbagai macam jenis proses perkembangbiakan yang di lakukan oleh setiap makhluk hidup. Namun, secara garis besar proses perkembangbiakan yang digunakan terdiri dari dua golongan besar. Proses yang dilalui selalu terbagi menjadi proses perkembangbiakan generatif maupun proses perkembangbiakan vegetatif.

ads

Pada beberapa jenis makhluk hidup mampu menggunakan kedua proses tersebut untuk menambah jumlah spesies mereka. Namun, ada juga yang hanya dapat menggunakan salah satu proses saja. Proses perkembangbiakan setiap makhluk hidup yang ada sendiri, merupakan salah satu jenis-jenis adaptasi yang sangat utama. Kemampuan makhluk hidup untuk berkembangbiak adalah salah satu kemampuan yang digunakan guna mempertahankan kehidupan mereka agar tetap berlangsung.

Kita mengenal proses perkembangbiakan generatif yang merupakan proses perkembangbiakan dengan cara seksual. Proses perkembangbiakan ini akan di dahului dengan proses pertemuan sel gamet jantan dan betina. Sedangkan pada proses perkembangbiakan vegetatif sendiri merupakan proses perkembangbiakan asekseual.

Proses ini tidak memerlukan tahan perkawinan terlebih dahulu. Proses ini sendiri secara garis besar dapat di bagi menjadi dua golongan utama, yaitu proses vegetatif alami dan juga proses vegetatif buatan. Pada proses vegetatif buatan, campur tangan manusia sangatlah berperan besar.

Kali ini kita akan berbicara mengenai salah satu jenis proses perkembangbiakan vegetatif yang ada pada dunia tumbuhan. Kita akan membahas mengenai beberapa tumbuhan yang berkembangbiak dengan geragih. Tumbuhan yang termasuk pada golongan ini sendiri pada dasarnya ada banyak di sekitar kita. Namun, kita akan membahas lebih jauh mengenai proses perkembangbiakan yang satu ini. Ada beberapa pembahasan yang dapat kita gunakan, seperti

PENGERTIAN

Perkembangbiakan vegetatif adalah sebuah proses perkembangbiakan yang tidak melalui proses perkawinan terlebih dahulu. Proses ini tidak akan membutuhkan pertemuan kedua macam sel gamet untuk dapat membentuk individu baru. jika dilihat macamnya pun perkembangbiakan vegetatif jauh lebih banyak jenisnya dibandingkan perkembangbiakan generatif.

Pada perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan pun memiliki beberapa jenis. Salah satu contohnya adalah perkembangbiakan yang menggunakan geragih. Perkembangbiakan geragih atau ada yang menyebutnya stolon adalah salah satu jenis perkembangbiakan yang berhubungan dengan batang dari tumbuhan tersebut. Perkembangbiakan geragih ini sendiri merupakan salah satu bentukan adaptasi yang melalui berbagai macam proses evolusi yang cukup lama.

Tumbuhan yang menggunakan perkembangan melalui cara geragih adalah tumbuhan yang berasal dari golongan terna. Tumbuhan terna sendiri adalah penyebutan yang ditujukan pada tumbuhan yang memiliki batang lunak. Tumbuhan golongan ini tidak menghasilkan kambium sebagaimana tumbuhan kayu. Mereka yang tergolong tumbuhan terna sendiri merupakan jenis tumbuhan musiman. Ada beberapa jenis tumbuhan terna yang tergolongan tumbuhan musiman, tumbuhan dwimusim, dan tumbuhan tahunan.

Tumbuhan terna adalah golongan tumbuhan yang banyak ditemukan pada daerah tropis. Pada daerah tropis ini, terna yang banyak diketemukan adalah terna yang tergolong sebagai tumbuhan tahunan. Geragih sendiri biasanya akan dimiliki oleh tumbuhan terna yang tergolong kecil.

Bahkan jenis tumbuhan yang melakukan proses ini lebih banyak di dominasi oleh tumbuhan yang tergolong kedalam suku rumput-rumputan, meskipun tidak semua jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku ini melakukan proses geragih. Pada beberapa kondisi terkadang ada yang mensalah artikan tumbuhan yang berkembangbiak dengan geragih ini memiliki kesamaan dengan tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas, terutama dari golongan tunas adventif. Meskipun ada persamaan namun kedua memiliki karakteristik yang jauh berbeda.

PROSES

Pada dasarnya ada dua macam geragih atau stolon yang dapat kita temukan di alam bebas. Ada beberapa tumbuhan geragih yang yang melaksanakan proses ini di atas permukaan tanah. Namun, ada juga beberapa tumbuhan yang melakukan proses ini di dalam tanah. Pada, dasarnya keduanya memiliki ciri dan karakteristik yang tak jauh berbeda. Geragih sendiri adalah proses perkembangbiakan yang memanfaatkan batang dari tumbuhan tersebut.


Pada proses awalnya batang tumbuhan tersebut akan membengkok dan mendekatkan diri pada permukaan tanah. Ketika kondisi cukup memungkinkan, maka dari bagian ketiak daun akan mulai muncul akar. ketika akar mulai sempurna, muncullah tunas baru sebagai individu tumbuhan baru.

Namun, salah satu hal yang menarik adalah, ketika individu baru itu muncul.Maka batang yang merunduk tidak akan berhenti, batang tersebut akan tetap memanjang dan menghasilkan individu baru. Proses tersebut akan terus berulang hingga batas kemampuan dari tumbuhan indukan utama. Mungkin bisa dikatakan bahwa proses yang satu ini merupakan salah satu dari beberapa contoh adaptasi fisiologi pada tumbuhan.

Proses perundukan salah satu bagian batang untuk kemudian membentuk individu baru ini sendiri, juga dapat kita temukan pada jenis tanaman yang menggunakan geragih di dalam tanah. Meskipun terdapat persamaan, namun pada geragih yang ada di dalam tanah memiliki tujuan lain. selain bertujuan untuk menghasilkan individu baru, maka tujuan lain yang dimilikinya adalah untuk mempertahankan diri.

Batang geragih yang ada di dalam tanah akan berhenti berkembang ketika kondisi lingkungan sekitarnya tidak mampu lagi mendukung kemampuannya untuk tumbuh dan berkembang. Dalam hal ini dapat dikatakan merupakan salah satu contoh adaptasi tingkah laku pada tumbuhan. Geragih akan mematikan diri atau jika bisa disamakan maka tak jauh berbeda dengan proses hibernasi. Ketika kondisi lingkungan mulai membaik, akar geragih tersebut akam memulai kembali proses perkembangbiakan yang terhenti.

Pada beberapa jenis tumbuhan kadang batang geragih yang sudah berkembang tersebut dapat di potong. Biasanya hal ini banyak digunakan untuk tumbuhan geragih yang telah dibudidayakan. Pemotongan ini sendiri akan lebih memudahkan untuk proses pembudidayaan tersebut. selain itu, kondisi dari tunas yang baru juga akan lebih mudah untuk beradaptasi.


CONTOH

Ada beberapa jenis tumbuhan yang berkembangbiak dengan geragih. Beberapa jenis tumbuhan tersebut bahkan sangat dekat dan sangat mudah untuk kita temukan. Tumbuhan yang menggunakan geragih untuk berkembangbiak adalah

  1. Pegagan

Pegagan atau dalam nama ilmiahnya disebut juga sebagai Centella asiatica,tumbuhan jenis ini adalah salah satu jenis tumbuhan liar yang banyak ditemukan pada beberapa lingkungan. Pegagan sendiri sering juga dijadikan sebagai tumbuhan cover crop atau tumbuhan penutup lahan. Di beberapa daerah tumbuhan yang satu ini disebut juga sebagai daun kaki kuda atau antanan.

Pada beberapa daerah tumbuhan pegagan juga merupakan salah satu jenis tumbuhan yang dapat di konsumsi. Bahkan tumbuhan yang satu ini merupakan salah satu tumbuhan herbal yang banyak di gunakan untuk pengobatan tradisional. Dalam susunan taksonomi, tumbuhan ini masuk kedalam famili Mackinlayaceae.

  1. Rumput Teki

Tumbuhan yang satu ini merupakan salah jenis tumbuhan yang banyak di benci oleh orang, hal tersebut dikarenakan tumbuhan ini merupakan salah satu jenis tumbuhan gulma yang cukup berat. Kondisi tersebut dikarenakan rumput teki mampu memodifikasi geragih yang ada padanya. Batang geragih yang ada pada rumput teki ini berada di dalam tanah, hingga kedalaman mencapai 1 meter. Karena itulah walau kadang bagian permukaan dari rumput ini mati. Namun, pada bagian bawahnya masih tetap hidup dan berkembang.

  1. Stoberi

Jenis tumbuhan yang berkembangbiak dengan geragih selanjutnya adalah stroberi. Tumbuhan yang satu ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang cukup terkenal di dunia. Stroberi merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki nilai ekonomis cukup besar dan tinggi. Satu hal yang haru kalian ketahui, bahwa buah strober yang sering dimakan bukanlah buah sebenarnya, buah stroberi tersebut merupakan buah palsu. Keberadaan buah palsu ini sendiri juga kita temukan pada tumbuhan jambu monyet.

Itulah tadi beberapa tumbuhan yang berkembangbiak dengan geragih. Penggunaan geragih sendiri adakan disesuaikan dengan kondisi dari lingkungan tumbuhan tersebut berada. Pada beberapa jenis tumbuhan, geragih juga merupakan alat pertahanan diri yang cukup ampuh digunakan. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Tumbuhan