Sponsors Link

Hidrogen Peroksida : Fungsi – Pembuatan – Bahaya

Sponsors Link

Kehidupan manusia memang tak bisa dilepaskan dari berbagai kebutuhan dan aktivitas harian. Ada banyak kegiatan yang seringkali membuat manusia menjadi tidak sehat dan berbagai penyakit pada manusia bisa ditimbulkan dari berbagai hal. Kini banyak penggunaan senyawa dalam berbagai hal dan penggunaannya bisa dilakukan dengan berbagai tujuan. Senyawa hidrogen peroksida memang sudah lama terkenal dengan sifatnya yang ramah lingkungan, jadi banyak yang beranggapan bahwa senyawa ini aman digunakan di lingkungan sekitar.

ads

Hidrogen peroksida adalah salah satu cairan yang memiliki tekstur kental dan senyawa ini sangat berguna sebagai oksidator yang sifatnya sangat kuat. Senyawa ini juga sering digunakan sebagai panghilang bau yang terbilang ramah lingkungan dan senyawa ini memiliki ciri yang sangat khas yaitu memiliki bau yang keasaman dan senyawa ini juga sangat mudah untuk larut dalam air. Penggunaan hidrogen peroksida juga tidak akan meninggalkan jumlah residu dalam jumlah yang besar dan kekuatan oksidatornya dapat diatur secara manual sesuai dengan kebutuhannya.

Fungsi Hidrogen Peroksida

1. Untuk membersihkan besi

Besi adalah salah satu barang yang seringkali berkarat dan penyebab besi berkarat adalah terlalu banyak dibasahi air hujan atau usianya sudah sangat tua. Saat besi berkarat nilai jualnya akan sangat merosot tajam dan senyawa hindrogen peroksida dapat digunakan untuk membersihkan karat pada besi. Senyawa ini menjadi salah satu bahan kimia oksidator yang tidaklah berbahaya, karena sangat aman untuk digunakan. Besi menjadi salah satu perlengkapan yang digunakan untuk pembuatan pager rumah, untuk bahan dasar pembuatan beton, untuk pembuatan sepeda dan untuk pembuatan berbagai peralatan berbahan dasar besi.

2. Menghilangkan noda pada pakaian

Pakaian adalah perlengkapan yang selalu digunakan manusia dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, namun seringkali ada noda membandel yang sulit dihilangkan di pakaian seperti bekas getah. Salah satu sifat materi dari hidrogen peroksida dapat digunakan untuk menghilangkan noda membandel di pakaian dan penggunaan senyawa ini tak akan merusak tekstur pakaian itu sendiri. Noda tak hanya dapat menempel pada pakaian saja, tapi bisa menempel pada produk lainnya dan noda yang menempel memiliki kadar kekuatan yang berbeda-beda, namun dengan senyawa ini berbagai macam noda dapat dihilangkan dengan cepat.

3. untuk menghilangkan jamur

Jamur seringkali tumbuh di tembok atau berbagai tempat lainnya dan untuk menghilangkan jamur salah satunya dengan menggunakan senyawa hidrogen peroksida. Banyak cabang ilmu kimia yang menjelaskan bahwa senyawa hidrogen peroksida bermanfaat untuk menghilangkan berbagai jenis jamur dan penggunaannya tidaklah berbahaya, karena sangat ramah lingkungan. Jamur juga seringkali tumbuh pada berbagai peralatan kesayangan seperti sepatu dan biasanya tumbuh jamur akibat sepatu sudah lama tak digunakan, senyawa hidrogen peroksida bisa digunakan untuk menghilangkan jamur yang menempel pada sepatu.

4. Membasmi kutu

Kini dengan perkembangan teknologi yang pesat, kini banyak sampo rambut yang memasukan senyawa hindrogen peroksida untuk menghilangkan kutu dan berbagai jenis bakteri di kepala. Senyawa ini memiliki klasifikasi materi yang sangat jelas dan sangat aman jika digunakan pada rambut, karena sudah melewati banyak proses pembuatan untuk menjamin keamanan penggunaan. Kutu adalah salah satu hewan yang sangat dibenci, karena bentuknya yang sangat kecil menyulitkan untuk diberantas dan dengan adanya kutu yang menempel pada kulit kepala, seringkali membuat banyak orang merasa gatal.

5. Penjernih air

Air kolam renang seringkali keruh dan sangat mudah tumbuh berbagai macam bakteri. Senyawa hidrogen peroksida mampu membuat air kolam renang menjadi jernih dan proses penjernihan air secara kimia ini sangat banyak digunakan oleh para pemilik kolam renang, karena memiliki kandungan yang ramah terhadap lingkungan. Air jernih memang sangat dibutuhkan untuk berbagai hal dan penggunaan air yang jernih memang sangat dicari banyak orang. Dengan air yang jernih akan membuat apapun yang dibersihkan menjadi lebih baik dan kualitas barang yang dibersihkan akan baik, tak akan menjadi kusam akibat air yang keruh.


Pembuatan Hidrogen Peroksida

Saat akan melakukan pembuatan senyawa hidrogen peroksida ada 2 bahan baku yang harus disiapkan yaitu gas hidrogen dan gas oksigen. Senyawa ini tidak termasuk dalam bahan kimia beracun, karena senyawa ini sangatlah ramah terhadap lingkungan dan secara ilmiah pembuatan senyawa ini tidaklah terlalu sulit. Gas hidrogen dengan oksigen jika disatukan akan membentuk senyawa hidrogen peroksida yang lebih terkenal dengan nama cairan pembersih. Pencampuran kedua cairan ini harus dilakukan dengan sangat teliti, karena dengan ketelitian cairan akan terbentuk dengan sangat baik dan cairan hidrogen peroksida yang dihasilkan tak akan meninggalkan residu yang membahayakan lingkungan.

Bahaya Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida meskipun sangat ramah lingkungan, namun tetap akan menimbulkan berbagai macam bahaya bila digunakan secara tidak sesuai aturan dan digunakan secara berlebihan. Senyawa ini bisa mengakibatkan berbagai penyakit yang berbahaya dan bisa juga menimbulkan gejala-gejala yang bisa memicu penyakit kronis. Banyak bahaya yang bisa ditimbulkan dari hidrogen peroksida seperti bisa menyebabkan iritasi, bisa menyebabkan mual, bisa menyebabkan muntah darah, bisa timbulkan peradangan darah, bisa menimbulkan luka bakar semakin meluas, bisa menyebabkan kerusakan mata, bisa sebabkan luka bakar pada kulit, bisa timbulkan sesak napas, bisa menimbulkan batuk, bisa sebabkan sakit perut dan bisa sebabkan penyakit lainnya. Masih banyak efek yang ditimbulkan dari bahan kimia oksidator seperti hidrogen peroksida dan semua efek ini akan dapat dihindari dengan pemakaian yang sesuai aturan.

Penanganan Bila Terkena Hidrogen Peroksida

Penanganan pertama terhadap seseorang yang terkena hidrogen peroksida sangatlah penting dan penanganan ini bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Jika senyawa terkena tangan segeralah cuci tangan dengan air dingin selama 15 menit, jika terkena mata segeralah lepaskan lensa mata & basuh bagian mata minimal 15 menit dan jika senyawa tertelan segeralah minum air putih minimal 120 ml. Untuk menangani seseorang yang terkena hidrogen peroksida bisa dilakukan dengan cara membawanya langsung ke dokter dan cara ini menjadi cara paling efektif, karena dokter akan tau bagaimana pertolongan pertama yang terbaik.

Demikian ulasan lengkap mengenai hidrogen peroksida dan semoga artikel ini dapat menjadi referensi terbaik bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kimia