Sponsors Link

5 Cabang Ilmu Kimia yang Paling Utama

Sponsors Link

Ketika kalian memasuki kelas IX di Sekolah Menengah Pertama, kalian akan mulai berkenalan dengan yang namanya pelajaran “Kimia”. Dan pelajaran kimia ini akan terus kalian perdalam saat menempuh jenjang sekolah menengah atas. Namun sebenarnya apa sih kimia itu?

ads

Pengertian ilmu kimia sendiri adalah salah satu cabang ilmu fisik, yang khusus mempelajari tentang sifat, struktur dan susunan sebuah materi termasuk perubahan yang menyertainya.

Ilmu kimia meliputi beragam topik, antara lain seperti sifat-sifat partikel atom, proses atom dalam membentuk sebuah ikatan kimia yang akhirnya menghasilkan suatu senyawa kimia, interaksi antar molekul zat-zat penyusun suatu materi, serta interaksi antar zat untuk membentuk zat berbeda melalui sebuah reaksi kimia. Kimia kerap kali disebut juga sebagai pusat dari ilmu pengetahuan. Hal ini dikarena ilmu kimia banyak menjembatani ilmu-ilmu pengetahuan alam lainnya termasuk fisika, geologi, dan biologi.

Ilmu kimia umumnya dibagi menjadi beberapa bidang utama. Dari kelima bidang utama ini, akan berkembang lagi menjadi beberapa cabang antar-bidang dan cabang-cabang yang lebih khusus lagi dalam ilmu kimia. Mari kita berkenalan dengan cabang-cabang ilmu kimia yang paling utama dipelajari:

1. Kimia Fisika

Kimia fisika adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari sifat fisik molekul, termasuk bagaimana molekul tersebut terciptakan akibat gabungan dari beberapa atom melalui ikatan kimia.

Dalam perkembangannya ilmu-ilmu yang dikaji dalam kimia fisika menjadi sangat luas,diantaranya adalah kimia permukaan, kimia koloid, kimia katalis, kinetika kimia, elektrokimia, energitika serta kimia kuantum. Kimia fisika banyak berperan dalam industri maupun kehidupan manusia sehari-hari. Diantaranya yaitu industri pupuk dan plastik yang menerapkan reaksi kimia permukaan serta bidang pertambangan yang menerapkan prinsip-prinsip elektrokimia.

Di pertambangan umumnya prinsip elektrokimia digunakan untuk mengetahui atau mengukur laju korosi pada pipa. Prinsip-prinsip elektrokimia juga digunakan untuk membuat bahan inhibitor korosi. Dalam sektor pariwisata, kimia fisika berperan juga dalam konservasi artefak- artefak kuno yang berasal dari logam. Dengan mengetahui laju korosi dalam sebuah logam, kalian dapat pula mengetahui telah berapa lama berapa usia logam tersebut.

2. Kimia Analisis

Kimia analisis adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang pemisahan dan/atau identifikasi senyawa kimia baik secara kualitatif maupun kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Pengertian kualitatif adalah metode penelitian yang menekankan pada adanya indikasi dari suatu identitas zat kimia pada sampel. Sedangkan kuantitatif sendiri mempunyai pengertian jumlah dari senyawa yang diidentifikasi.

Kimia analisis mempunyai banyak penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan kimia analitis dapat digunakan dalam berbagai bidang baik industri maupun kesehatan. Kimia Analisis penting untuk menguji kualitas udara di sekitar kita atau untuk menguji kualitas dan keamanan air minum kemasan yang biasa kalian konsumsi.

Dalam bidang industri, ilmu ini digunakan dalam hal pengawasan mutu atau quality control suatu produk industri. Sedangkan dalam bidang kedokteran, ilmu ini bisa digunakan untuk mendiagnosis suatu penyakit yang diderita seseorang lewat pemeriksaan darah misalnya.

3. Kimia Organik

Kimia organik adalah percabangan dari ilmu kimia yang mempelajari lebih dalam mengenai struktur, sifat, komposisi, reaksi, dan sintesis senyawa organik. Senyawa organik adalah senyawa-senyawa yang dibangun oleh molekul karbon dan hidrogen, dan dapat juga mengandung unsur-unsur lain seperti nitrogen, oksigen, fosfor, unsur-unsur halogen dan belerang.

Setiap makhluk yang hidup pasti tersusun atas senyawa organik. Sebagian besar kandungan yang ada di alam yang kalian manfaatkan sehari-hari juga terdiri dari senyawa organik, sebut saja glukosa yang menghasilkan energi dalam tubuh, bensin yang merupakan hasil dari perut bumi, dan masih banyak hal lainnya.

Kimia organik sangat berperan dalam banyak hal. Dalam bidang kedokteran, ilmu ini dirasakan penting karena peranannya dalam penemuan berbagai macam obat. Dengan mengetahui bagaimana struktur suatu bahan penting, para ilmuwan dapat memformulasikan berbagai obat dengan serangkai penelitian yang melibatkan reaksi kimia.

Dalam bidang industri plastik, perkembangan ilmu ini juga berperan penting dalam menemukan molekul-molekul baru penyusun polimer yang dapat terdegradasi secara alami, kuat, murah dan tahan lama. Dan masih banyak lagi peranan lain ilmu kimia organik, baik itu dalam industri pangan, tekstil, dan lain sebagainya.

Sponsors Link

4. Kimia Anorganik

Kimia Anorganik adalah salah satu cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang sifat dan juga reaksi dari senyawa-senyawa anorganik dan senyawa organologam. Senyawa anorganik antara lain garam, logam, alloy, mineral dan polimer. Bidang kimia anorganik memiliki cakupan yang luas, pengembangan material untuk berbagai kebutuhan manusia merupakan fokus utama penggunaan ilmu ini.

Berikut ini beberapa reaksi kimia yang populer dalam bidang kimia anorganik adalah:

  • Reaksi Kombinasi
  • Reaksi Dekomposisi
  • Reaksi Substitusi
  • Reaksi Metatesis
  • Reaksi Polimerisasi

Peranan kimia anorganik sangatlah penting dalam berbagai macam bidang kehidupan. Dalam bidang kedokteran, kimia organik menjadi jembatan banyak ilmuwan untuk lebih memahami tentang struktur kimia penyusun enzim-enzim yang ada dalam tubuh manusia.

5. Biokimia

Biokimia adalah salah satu cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan makhluk hidup dan segala proses kimia yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup. Secara tidak langsung, biokimia merupakan gabungan dari kimia organik dan bioteknologi.

Sasaran studi biokimia adalah sebagai berikut:

  • Mempelajari struktur sel dan jaringan tubuh manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan.
  • Mempelajari aktivitas katalitik enzim.
  • Mempelajari proses perubahan makanan menjadi energi dalam tubuh, dan pengaruh unsur-unsur lain dalam makanan yang berguna bagi tubuh.
  • Mempelajari bermacam-macam energi yang diperlukan untuk sel.

Peranan ilmu biokimia sangat penting dalam kehidupan manusia. Dalam bidang kedokteran, sebagai hasil penerapan biokimia adalah munculnya vaksin dan obat-obatan seperti antibiotik dan penisilin. Dalam bidang pertanian, biokimia mampu memperbaiki sifat-sifat bawaan tanaman menjadi lebih unggul dengan teknik modifikasi genetik.

Demikian paparan singkat mengenai lima cabang ilmu kimia. Kelima cabang utama ini dapat kalian pelajari lebih lanjut sebagai salah satu jurusan dalam dunia perkuliahan kelak.

Tonton juga penjelasan mengenai pengertian ilmu kimia berikut ini:

Sponsors Link
, , , , ,



Oleh :
Kategori : Kimia