Sponsors Link

5 Ciri Khas Fauna Australia

Sponsors Link

Pesebaran flora dan fauna di dunia termasuk Australia dipengaruhi oleh komponen biotik dan abiotik lingkungan. salah satunya iklim daerah. Di Australia terdapat dua iklim yaitu sebagian beriklim tropis dan sebagian beriklim sedang. Fauna yang mirip dengan tipe australia adalah Indonesia bagian Timur seperti Papua, Kepulauan Aru dan pulau Halmahera. Untuk dapat mngetahui seperti apa fauna Australia kita dapat mengenali ciri khasnya.

ads
  1. Terdapat Kantong pada Hewan Mamalia (Marsupial)

Hewan mamalia Marsupial adalah sebutan untuk sekelompok hewan mamalia Australia yang memiliki kakangguruntong. Kantong berfungsi sebagai tempat tinggal bayi yang lemah dalam masa menyusui hingga tumbuh besar dan siap dilepasliarkan. Menjelang kelahiran sang bayi kantong dibersihkan dengan cara menjilatinya. Selain itu memudahkan induknya pergi kemana mana agar tetap terjaga dalam pengawasan. Penyimpanan bayi mamalia didalam kantong adalah cara hewan melindungi diri bayinya dari predator.

Bedanya dengan mamalia lainnya adalah saat hewan mamalia marsupial dilahirkan tubuhnya lemah baru bisa dilepasliarkan dalam waktu seminggu atau sebulan. Tidak seperti mamalia lain yang sudah tumbuh dalam plasenta sehingga saat dilahirkan dalam beberapa jam saja sanggup berlari di alam bebas.

Contoh hewan berkantong Australia dan keunikan kantongnya:

  • Kangguru dan Walabi: kedua hewan ini memiliki kemiripan yang sulit dibedakan warna dan ukuran badannya. Posisi kantong sama berada di depan perutnya.
  • Koala: kantongnya berbeda dengan kangguru posisi kantong koala berada di belakang.
  • Wombat: Kantongnya membuka ke arah belakang bukan ke arah kepalanya. Hal ini memungkinkan kotoran masuk ke dalam kantong saat menggali.
  • Tazmania Devil: memiliki 4 puting di dalam kantongnya dan merupakan hewan pemangsa wombat.
  1. Ukuran Tubuh Mamalia Kecil

Kekhasan dari pengelompokan hewan mamalia Australia selain berkantong adalah ukurannya yang sangat kecil dibandingkan dengan mamalia pada umumnya terutama contoh hewan ethiophian mamalia yang bertubuh besar. Contohnya:

  • Rufous bettong:mirip tikus bahkan ada yang menyebutnya dengan tikus kangguru karena merupakan hewan pengerat yang memiliki kantong dan berjalan melompat seperti kangguru. Beratnya hanya sekitar 3 kg namun memapu melompat 45 kali dari berat tubuhnya. Ditemukan di kawasan timur laut Australia
  • Spotted-tailed Quoll: ukuran hewan mamalia marsupial besar sekitar 4 kg. Julukannya kucing harimau karena memiliki bintik-bintik putih sepanjang tubuh dan ekornya. Termasuk spesies langka di negara bagian Victoria.
  • Fat-Tailed Dunnart: ukuran tubuhnya menyerupai rufous bettong merupakan tikus berkantong juga hanya saja berjalan seperti tikus pada umumnya. Kemampuan hewan ini adalah mampu menyimpan cadang makanan di ekor.
  • Pademelons: sejenis kangguru dengan ukuran tubuh yang kecil beranya hanya 3-6 kg dengan panjang tubuh sekitar 90 cm dan lebar 50 cm. Ekor dan kaki yang pendek berguna untuk mempermudah menembus vegetasi hutan. Banyak berada di kawasan daratan tenggara Australia.
  • Mount pygmi possum:tubuhnya seukuran tikus dengan berat 45 gram. Umurnya cukup panjang sekitar 12 tahun. Tinggal pada ketinggian 1.300-2.230 mdpl di Gunung Koscuszko National Park.
Sponsors Link

  1. Terdapat Mamalia Bertelur (Monotremata)

platypusUmumnya mamalia beranak ketika melahirkan keturunannya namun pada hewan jenis monotremata memamah biak dengan bertelur. Monotremata merupakan salah satu hewan vertebrata sejenis mamalia unik Australia yang berkembangbiak dengan cara bertelur namun tetap memiliki ciri-ciri hewan vertebrata  mamalia yaitu menyusui anaknya. Memiliki tiga tulang telinga tengah.

Contohnya:

  • Platypus: nama lain dari platypus adalah duck-billed Platypus karena paruhnya menyerupai paruh bebek dan kakinya berselaput. Paruh digunakan untuk sensoris. Temperatur tubuhnya lebih rendah daripada mamalia pada umumnya yaitu 320C dengan berat 1-2 kg. Masa inkubasi selama 10 hari.
  • Ekidna: merupakan mamalia kecil yang ditutupi rambut kasar dan duri. Dapat pula dikatakan landak pemakan semut dan rayap yang tumbuh di alam liar. Memiliki lidah panjang dan lengket.
  1. Burungnya Berbulu Cantik dengan Berbagai Macam Jenis Warna

cendrawasihCiri-ciri Burung pada umumnya adalah memiliki bulu dan sayap. Burung Australia memiliki bulu dan sayap yang cantik. Jenis burung Australia berbagai macam yaitu sekitar 828 spesies. Contoh burung Australia:

  • Cendrawasih: keindahan bulunya elegan dan eksotis. Saking indahnya dinamakan bird of paradise. Mendiami wilayah pulau selat Torres, Pulau Papua, Australia Timur dan Papua New Guinea
  • Kasuari: burung kasuari terdapat di hutan tropis pegunungan irian (Papua) dan Australia. Jenis kasuari australia adalah kasuari gelambir ganda. Terdapat tanduk yang dapat membantu berjalan di hutan lebat. Ukurannya yang besar membuat burung ini tidak dapat terbang.
Sponsors Link

  • Rainbow lorikeet: nama Indonesianya adalah perkici pelangi (Trichoglossus haematodus. Corak bulunya seperti warna pelangi berwarna warni. Sejenis kakaktua Australasia yang ditemuakn di Indonesia Timur, Papua Nugini, Kaledonia Baru,Kepulauan salomon, Australia bagian Timur (dari Queensland hingga Australia Selatan dan Tasmania Barat Laut. Habitatnya di Hutan hujan dan semak-semak pantai.
  • Lyrebird: jenis Albert’s lyrebird terdapat di Mount Warning National Park pedalaman Gold Coast.sedangkan untuk jenis superb-lyrebird ada di Kinglaku National Park sekitar Melbourne.
  1. Jumlah Jenis Ikan Air Tawar Sedikit

Australia merupakan benua dengan jenis ekosistem air tawar yang jumlah air di sungai paling sedikit, dan aliran air hujan terendah di dunia. Oleh karena itu jumlah spesies ikan air tawar sedikit hanya sekitar 200 jenis.

Demikian uraian mengenai ciri khas fauna Australia semoga dapat menambah wawasan dan pegetahuan mengenai hewan di belahan muka bumi termasuk Australia.

Sponsors Link
,



Oleh :
Kategori : Geografi