Sponsors Link

Permasalahan Lingkungan Hidup: Jenis – Penyebab dan Penanggulangannya

Sponsors Link

Permasalahan lingkungan hidup sekarang ini memang menjadi hal yang paling sering terjadi di dunia khususnya Indonesia. Permasalahan lingkungan hidup sendiri bisa terjadi akibat ulah manusia sebagai makhluk ekonomi dari mulai faktor alam hingga karena faktor manusia sendiri.

Macam Macam Permasalahan Lingkungan Hidup di Indonesia

Rata rata masalah lingkungan hidup yang terjadi sekarang ini belum ditemukan solusinya sehingga kerusakan lingkungan dan alam terus saja terjadi. Berikut akan kami jelaskan tentang macam macam permasalahan lingkungan hidup di indonesia lengkap dengan penyebab dan cara menanggulanginya.

1. Masalah Pencemaran Sungai

Permasalahan lingkungan hidup yang pertama adalah masalah pencemaran sungai. Beberapa tahun belakangan, ada setidaknya sebanyak 64 dari 470 daerah aliran sungai di Indonesia yang mengalami kondisi kritis akibat beberapa hal, seperti:

  • Limbah industri yang mengandung banyak zat kimia.
  • Limbah domestik seperti contohnya limbah rumah tangga yang secara sengaja dibuang ke dalam sungai.
  • Limbah pertanian dan lainnya.

2. Kerusakan Hutan

Permasalahan lingkungan hidup yang sering terjadi di Indonesia selanjutnya adalah kerusakan hutan. Dari penggundulan hutan, penebangan liar sampai pembakaran hutan semuanya menyebabkan kerusakan hutan. Jika ini hanya dibiarkan, maka kawasan hutan di Indonesia bisa berkurang kemudian membuat ekosistem jadi tidak stabil.

3. Banjir

Banjir sudah menjadi masalah lingkungan hidup yang sering terjadi di Indonesia termasuk di kota besar. Meski bukan musim hujan, terkadang banjir juga terjadi saat musim kemarau di beberapa wilayah Indonesia dan inilah yang menjadi salah satu penyebab Indonesia rawan bencana. Ini bisa terjadi karena perkembangan wilayah Indonesia yang membuat sistem pembuangan air tidak baik dan tidak ada penjagaan di area aliran sungai.

4. Abrasi

Permasalahan lingkungan hidup berikutnya adalah abrasi seperti mengambil karang, pasir pantai dan juga merusak hutan bakau yang kemudian bisa berkembang menjadi erosi. Ini semua nantinya akan berhubungan dengan rusaknya pantai dan juga laut. Jika ini masih saja dibiarkan, maka kelestarian pantai dan juga laut yang ada di Indonesia semakin berkurang mengingat wilayah Indonesia sebagian besar terdiri dari lautan.

5. Pencemaran Udara

Dengan semakin berkembangnya jaman, maka perkembangan industri serta transportasi juga ikut berkembang. Meski ada kemajuan yang terjadi, akan tetapi ada juga dampak negatif yang terjadi yakni permasalahan lingkungan hidup berupa pencemaran udara.

Ini tentunya sangat berpengaruh untuk faktor penghambat perubahan sosial budaya pada asupan udara yang bersih sehingga terus berkurang.

6. Penurunan Keragaman Hayati

Menurunnya keragaman hayati juga menjadi permasalahan lingkungan hidup yang terjadi di Indonesia. Selain itu, alat komunikasi sekarang ini juga sering dipakai untuk memperoleh informasi pengambilan flora dan fauna secara ilegal dan kemudian dijadikan ajang jual beli sehingga tumbuhan dan hewan yang ada di Indonesia juga semakin berkurang dan bahkan hampir punah dan menjadi faktor penghambat persebaran flora dan fauna.

7. Pencemaran Tanah

Tidak hanya udara dan air yang bisa tercemar, namun tanah juga dapat tercemar akibat beberapa bahan yang bisa merusak kualitas dari tanah. Umumnya, permasalahan lingkungan hidup ini terjadi karena tambang yang diambil terlalu berlebihan. Selain itu, pencemaran tanah juga bisa terjadi karena membuang sampah yang susah diuraikan dan lain sebagainya.

8. Sampah yang Menumpuk

Pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat sekarang ini menyebabkan sampah semakin menumpuk dan menjadi salah satu permasalahan lingkungan hidup di Indonesia. Sayangnya, masih belum ditemukan cara untuk menanggulangi permasalahan ini di Indonesia yang semakin membuat lingkungan menjadi kotor dan merugikan lingkungan.

Penyebab Permasalahan Lingkungan Hidup

Permasalahan lingkungan hidup di dunia khususnya Indonesia bisa terjadi karena berbagai penyebab. Beberapa penyebab masalah ini diantaranya adalah:

1. Industri dan Asap Kendaraan

Penyebab pertama dari permasalahan lingkungan hidup adalah industri dan asap kendaraan. Nitrat, logam berat serta plastik beracun menjadi salah satu penyebab utama dari pencemaran lingkungan hidup.

Sedangkan polusi udara bisa terjadi karena hujan asam, tumpahan minyak dan juga limpasan perkotaan. Pencemaran udara juga bisa terjadi karena banyak racun dan gas dari industri serta pabrik dan juga sisa pembakaran bahan bakar.

2. Perubahan Iklim dan Pemanasan Global

Pemanasan global atau perubahan iklim menjadi penyebab permasalahan lingkungan hidup selanjutnya. Perubahan iklim dan pemanasan global merupakan hasil dari praktik manusia seperti karena emisi gas rumah kaca.

Pemanasan global ini kemudian membuat suhu laut dan permukaan bumi meningkat. Ini kemudian membuat es di kutub mencair dan permukaan air laut semakin naik. Pola alami musim serta curah jenis hujan juga nantinya akan berubah seperti banjir bandang, penggurunan atau salju yang terlalu berlebihan. Perubahan cuaca tersebut menyebabkan produksi pertanian gagal panen dan meningkatkan risiko kebakaran hutan akibat musim kemarau yang panjang.

3. Populasi

Populasi yang terlalu berlebihan juga menjadi penyebab dari permasalahan lingkungan hidup. Semakin meningkatnya populasi, maka menyebabkan sumber daya seperti makanan, air dan bahan bakar juga ikut menipis.

4. Sumber Daya Alam Menipis

Pemakaian bahan bakar fosil berlebihan seperti contohnya minyak bumi menjadi penyebab dari perubahan iklim dan juga pemanasan global. Dengan klasifikasi sumber daya alam yang semakin menipis, maka permasalahan lingkungan hidup bisa terjadi dan akhirnya sumber daya terbarukan terpaksa dipakai.

Penanggulangan Permasalahan Lingkungan Hidup

Untuk menanggulangi permasalahan lingkungan hidup, maka harus disesuaikan dengan masing masing permasalahannya dan berikut beberapa cara menanggulangi permasalahan lingkungan hidup yang bisa dilakukan:

1. Menanggulangi Pencemaran Sungai

Untuk mengatasi masalah pencemaran sungai, maka diperlukan kerja sama pemerintah, masyarakat serta pelaku industri. Pemerintah harus memberlakukan aturan bentuk penyimpangan sosial untuk industri dan masyarakat supaya tidak buang limbang ke sungai.

Masyarakat juga harus sadar tentang pentingnya air sungai dalam kehidupan. Ditambah lagi, pemerintah juga harus bisa mengatur pembuangan supaya limbah industri tidak sampai mengalir ke sungai.

2. Menanggulangi Kerusakan Hutan

Untuk mengatasi kerusakan hutan, maka ada beberapa solusi yang dapat dilakukan, seperti berikut ini:

  • Solusi jangka pendek seperti menegakkan hukum untuk mencegah ilegal logging dan beberapa hal lain.
  • Lebih memperhatikan lingkungan sekitar ketika melakukan kegiatan pembangunan.
  • Menanam kembali pada hutan yang sudah rusak.

3. Menanggulangi Banjir

Untuk menanggulangi banjir, maka peran dari pemerintah untuk mengelola pembuangan air sangat penting dilkukan agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Tidak hanya itu, namun peran aktif serta kesadaran dari masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan juga sangat penting dilakukan.

4. Menanggulangi Abrasi

Untuk mengatasi abrasi, ada beberapa hal yang bisa diterapkan seperti:

  • Pemerintah harus menerapkan reklamasi pantai yang berguna untuk menanam hutan bakau kembali di sekitar pantai.
  • Menerapkan aturan ketat tentang pengambilan batu karang.
  • Menetapkan larangan mengenai pemakaian bahan peledak ketika mencari ikan.

5. Menanggulangi Pencemaran Udara

Untuk mengatasi permasalahan lingkungan hidup berupa pencemaran udara, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti:

  • Pemerintah harus berperan aktif untuk menggalakkan penanaman pohon kembali.
  • Mengurangi pembangan gas atau emisi yakni dengan memilih bahan industri yang aman bagi lingkungan.
  • Memasang filter di cerobong asap pabrik.
  • Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor.

6. Menanggulangi Penurunan Keragaman Hayati

Untuk mengatasi permasalahan lingkungan hidup berupa penurunan keragaman hayati, maka ada beberapa solusi yang bisa dilakukan, seperti:

  • Merancang program untuk penangkaran satwa satwa liar.
  • Melakukan konservasi in-situ dan juga ex-situ.
  • Melakukan peningkatan SDM.
  • Memperluas habitat satwa liar.
  • Melakukan penyuluhan tentang penangkaran satwa yang ada di Indonesia dan dilakukan dengan intensif.

7. Menanggulangi Pencemaran Tanah

Untuk menanggulangi salah satu permasalahan lingkungan hidup yakni pencemaran tanah, tentunya dibutuhkan cara yang berbeda dengan pencemaran air atau udara.

Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah mengusahakan pelestarian tanah serta hutan yakni dengan peraturan tentang TPTI [Tebang Pilih Tanam Indonesia], tata guna lahan, reboisasi dan juga mengelola sampah supaya bisa terurai.

8. Menanggulangi Sampah yang Menumpuk

Untuk mengatasi masalah penumpukkan sampah yang semakin parah sekarang ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti:

  • Menerapkan 4R yakni Replace, reduce, reuse dan juga recycle.
  • Membuat tempat untuk membuang sampah terpadu dan lokasinya jauh dari pemukiman.
  • Membuat tempat sampah secara terpisah untuk sampah organik serta anorganik.
Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Ekologi