Sponsors Link

5 Penyebab Indonesia Rawan Bencana dan Jenis Bencana Alam

Sponsors Link

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki kekayaan alam berlimpah dan Indonesia menjadi wilayah yang sering terkena imbas bencana alam atau rawan akan bencana. Indonesia memiliki kekayaan yang sangat berlimpah seperti kawasan daratan, lautan, pegunungan dan perkebunan. Banyak sekali tanaman yang bisa tumbuh subur di Indonesia dan untuk proses penanaman tanaman di Indonesia tidaklah terlalu sulit, karena pada dasarnya Indonesia memiliki tanah yang subur. Ada banyak alasan yang menyebabkan Indonesia menjadi rawan bencana dan ada berbagai langkah pencegahan yang telah dilakukan pihak pemerintah.

ads

Penyebab Indonesia Rawan Bencana

1. Cincin api pasifik

Berdasarkan berbagai jenis metode penelitian yang dilakukan pihak pemerintah, Indonesia masuk dalam jalur cincin api pasifik dan hal ini membuat Indonesia memiliki banyak gunung api. Ada sekitar 139 gunung api yang berlokasi di wilayah Indonesia dan semua gunung api memiliki keunikkannya masing-masing. Dengan banyaknya gunung api, maka seringkali terjadi fenomena erupsi vulkanik yang terjadi di Indonesia dan hal ini membuat pergerakan dasar bumi menjadi lebih aktif. Tak heran banyak sekali gempa bumi dan letusan gunung berapi muncul di Indonesia dan menghasilkan banyak sekali kerugian bagi masyarakat Indonesia.

2. Sabuk alpide

Dari hasil alat pencatat gempa, Indonesia masuk pada jalur sabuk alpide dan alat pencatat gempa memiliki peranan penting dalam memprediksikan kondisi suatu wilayah. Sabuk Alpide adalah laur gempa paling aktif nomor dua di dunia dan hal ini menyebabkan terjadinya banyak gempa di Indonesia. Setiap bencana yang terjadi memiliki gerak relatif yang bervariasi dan menimbulkan kerusakan yang berbeda-beda. BNPB menghimbau pada seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu waspada terhadap berbagai ancaman bencana yang bisa saja terjadi dan saat sedang musim hujan, sebaiknya jangan terlalu banyak bermain di kawasan pantai.

3. Tiga lempeng dunia

Indonesia berada pada tiga lempeng aktif yaitu Indo-Australia dari bagian selatan, Eurasia dari bagian utara, dan Pasifik dari bagian timur. Sesuai dengan langkah-langkah penelitian yang baik, maka Indonesia memiliki kondisi geologi yang rawan dan kondisi ini tidak bisa dihindarkan dari Indonesia. Mitigasi bencana menjadi sebuah hal yang sangat penting untuk meminimalisir bencana dan dari kondisi Indonesia yang berada diantara tiga lempeng dunia membuat munculnya beberapa gunung berapi, gempa bumi ataupun tsunami. Berbagai kejadian alam ini berpotensi terus terjadi di Indonesia dan menjadi sebuah hal yang merugikan bagi anggota masyarakat.

4. Iklim tropis

Indonesia adalah negara dengan iklim tropis dan ada berbagai dampak buruk iklim tropis yang banyak terjadi di Indonesia, karena curah hujan yang tinggi seringkali memicu berbagai bencana alam. Dengan curah hujan yang tinggi, tentu sangat mudah timbulnya pelapukan pada tanah dan hal ini memicu bencana alam. Berdasarkan ruang lingkup geografi, Indonesia memiliki berbagai wilayah yang rawan longsor dan kondisi ini terjadi akibat kondisi tanah yang tidak stabil. Fenomena alam lainnya juga bisa terjadi akibat adanya iklim tropis di Indonesia dan ada berbagai langkah pencegahan yang dilakukan pihak pemerintah.

5. Batas konvergen

Indonesia berada pada batas konvergen dan batas ini menjadi batas antara lempeng Sunda dan lempeng Indo-Australia. Pulau yang berada pada batas konvergen adalah pulau Sunatera dan batas konvergen memicu berbagai bencana alam yang terjadi di Indonesia. Indonesia pernah mengalami berbagai tsunami yang dashyat seperti tsunami Aceh dan tsunami Pangandaran. Masih banyak lagi kejadian alam yang pernah timbul di Indonesia dan menyebabkan dampak kerusakan yang bervariasi. Batas konvergen menjadi salah satu penyebab Indonesia rawan bencana dan gerak lempeng terjadi dengan kecepatan 60 mm per tahun.

Jenis Bencana Alam

1. Meteorologi

Bencana alam meteorologi adalah bencana alam yang berhubungan dengan iklim yang ada di suatu negara dan bencana jenis ini seringkali muncul pada suatu tempat. Biasanya ada berbagai daerah yang menderita banjir musiman, kekeringan ataupun badai yang bersifat tropis dan di seluruh dunia, bencana alam meteorologi yang paling banyak terjadi adalah banjir serta kekeringan. Fenomena bisfer juga dapat menimbulkan bencana alam yang sangat dashyat dan bisa merusak berbagai wilayah yang ada di dunia. Indonesia termasuk negara yang memiliki wilayah banjir dan ada berbagai wilayah Indonesia yang terkena dampak kekeringan.


2. Geologi

Bencana alam geologi adalah berbagai bencana alam yang umumnya terjadi di muka bumi seperti banjir, gempa bumi, gunung meletus dan tanah longsor. Secara geologi gempa bumi dan gunung meletus adalah bencana yang terjadi pada jalur pertemuan lempeng tektonik di bagian darat atau lantai samudra. Dampak bencana alam geologi sangatlah merugikan dan bisa memakan banyak korban. Bencana alam geologi tidak dapat dicegah dengan oleh manusia, karena semuanya adalah kejadian alam dan terjadinya dalam waktu yang tidak ditentukan. Salah satu wilayah yang selalu terkena banjir kiriman adalah kota Jakarta dan kondisi ini sangat sulit untuk dicegah.

3. Wabah

Wabah adalah suatu penyebaran penyakit yang berbahaya dan sistem penyebarannya melalui populasi manusia dalam lingkup yang besar dan bisa menular ke masyarakat di seluruh dunia. Wabah penyakit yang tidak diidentifikasi dengan baik bisa membuat korban meninggal dalam jumlah besar dan salah satu wabah yang pernah menjalar ke seluruh dunia adalah pandemi flu. Indonesia juga sempat mengalami wabah yang memakan banyak korban yaitu wabah flu burung dan wabah Ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

4. Ruang angkasa

Bencana alam ruang angkasa adalah munculnya berbagai benda langit ke bumi seperti asteroid dan adanya gangguan badai matahari. Bencana alam ruang angkasa memang jarang terjadi, namun negara yang memiliki kepadatan penduduk memiliki potensi yang besar terkena bencana alam ruang angkasa dan asteroid yang memiliki ukuran kecil dalam jumlah yang banyak berpotensi menabrak ke bumi. Kejadian ruang angkasa memang sangat sulit diprediksi kejadiannya dan posisi terjadinya sulit ditentukan oleh manusia.

Demikian ulasan lengkap mengenai penyebab indonesia rawan bencana dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Geografi