Sponsors Link

Macam-macam Keanekaragaman Hayati dan dan Penjelasannya

Sponsors Link

Setiap makhluk hidup yang tinggal dan berada di Muka bumi ini memiliki kekhususan masing-masing. Setiap makhluk hidup bisa dikatakan tak akan memiliki kesamaan satu dengan yang lain. Bahkan perbedaan ini juga bisa kita temukan dalam makhluk hidup yang masih sejenis. Salah satu contohnya adalah perbedaan antara ciri-ciri fauna bagian tengah indonesia dengan daerah lain. Padahal masih ada beberapa hewan yang bisa dikatakan memiliki hubungan kekeluargaan yang cukup erat. Hal ini lah yang membuat banyak sekali hewan-hewan dan bahkan tumbuhan yang ada di muka bumi ini.

ads

Pembahasan yang akan kita jelajahi dalam tulisan ini adalah mengenai macam-macam keanekaragaman hayati yang bisa kita temukan. Seperti yang telah kita bilang sebelumnya bahwa ada banyak sekali makhluk hidup yang harus kita kenal dan kita ketahui. Namun, kita harus juga bisa lebih paham mengenai faktor yang menyebabkan perbedaan atau jenis-jenis pembeda antara makhluk tersebut.

Keanekaragaman hayati pada dasarnya adalah sebuah keseragaman dalam makhluk hidup yang mengandung perbedaan. Kata ini sendiri merupakan salah satu kata serapan yang berasal dari bahasa asing yang lebih dikenal dengan Biodiversity. Dari kata tersebut kita dapa melihat bahwa bahkan dalam setiap keseragaman sendiri pun terdapat perbedaan-perbedaan.

Perbedaan tersebut bisa berpengaruh terhadap fungsi dan manfaat dari satu jenis makhluk hidup. Misal saja kita bisa mengambil contoh pada ekosistem kolam yang banyak kita temukan. Dalam satu area tersebut kita akan bisa memasukkan ikan dengan beragam jenis, padahal hewan tersebut masih berupa ikan. Namun, kita akan menyebutnya dengan berbagai macam nama yang berbeda-beda. Itu adalah sebuah contoh sederhana yang bisa kalian dapatkan mengenai keanekaragaman hayati.

Keanekaragaman hayati atau Biodiversity ini sendiri memiliki tingkatan yang berbeda. Pembedaan tingkatan atau golongan ini sendiri berhubungan erat dengan sampai dimana suatu makhluk hidup menunjukan perbedaan. Pada dasarnya, secara umum dan secara garis besar perbedaan pada keanegaraman hayati makhluk hidup dapat kita bagi menjadi 3 golongan besar yang akan sering kita temukan, yaitu:

  1. Keanekaragaman Hayati Tingkat Genetik

Pada keanekaragaman di tingkat ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan kromosom dan dan susunan DNA. Kita semau tau bahwa salah satu bagian penting yang dimiliki oleh makhluk hidup adalah kromosom dengan susunan DNAnya. Hal ini dikarenakan pada bagian tersebut banyak menyimpan informasi yang dibutuhkan makhluk hidup untuk berkembang biak. Bahan penyusun dari setiap kromosom dan DNA makhluk hidup akan selalu sama dan tidak akan mengalami perubahan. Kecuali jika terdapat faktor lain yang mempengaruhi. Meskipun setiap bahan penyusunan dari DNA selalu sama, namun setiap makhuk hidup akan memiliki struktur DNA yang berbeda-beda dan tak sama. Hal ini dapat kita temukan pada perbedaan fenotip dan genotip setiap makhluk hidup.

  1. Keanekaragaman Hayati Tingkat Spesies

Pada keanekaragaman tingkat ini bisa dikatakan kita akan lebih mudah untuk membedakan. Keanekaragaman pada tingkat spesies inilah yang menyebabkan banyak sekali makhluk hidup yang bisa kita temukan di muka bumi ini. Jika kita melihat lebih jauh, maka suatu makhluk hidup dianggap satu spesies jika dapat berkembang biak untuk kemudian menghasilkan keturunan baru dari spesies tersebut.

Setiap saat jumlah spesies yang ada akan selalu bertambah. Hal ini sangat dimungkinkan, karena masih banyak jenis-jenis spesies baru yang masih belum ditemukan. Sampai saat ini jumlah keanekaragaman hayati di tingkat spesies yang masih banyak adalah keanekaragaman hayati tumbuhan. Contoh sederhana dari keanekaragaman hayati tingkat spesies adalah kita bisa melihat pada jenis-jenis tumbuhan paku kemudian jenis tumbuhan lumut. Dari situ saja kita sudah bisa menemukan beragama jenis tumbuhan paku dengan keunikannya sendiri.

Sponsors Link

  1. Keanekaragaman Hayati Tingkat Ekosistem

Ekosistem adalah sebuah kumpulan atau komunitas yang menghasilkan interaksi antara komponen tidak hidup dengan komponen hidup. Interaksi dari kedua komponen itulah yang kemudian akan menghasilkan sebuah ekosistem yang sangat kompleks. Setiap ekosistem akan memiliki keunikan sendiri yang sangat bergantung pada faktor biotik dan faktor abiotik dari lingkungan tersebut. Perbedaan inilah yang disebut sebagai keanekaragaman hayati tingkat ekosistem.

Pada  dasarnya secara umum terdapat dua ekosistem besar yaitu daratan dan perairan. Setiap bagian dari kedua ekosistem tersebut akan memiliki keunikan sendiri yang saling membedakan. Bahkan ada keunikan sendiri ketika kedua jenis ekosistem akan saling mempengaruhi satu sama lain. Interaksi antar ekosistem ini sendiri kemudian akan membentuk apa yang kita sebut sebagai biosfer.

Setiap keunikan yang dimiliki dan dihasilkan dari keanekaragaman hayati tersebut akan memiliki manfaat dan kegunaannya masing-masing. Bahkan sangat dimungkinkan setiap keanekaragaman tersebut bisa saja saling mempengaruhi satu sama lain. Ketika hal tersebut terjadi maka akan muncul siklus kehidupan yang kita kenal saat ini.

Itulah tadi beberapa hal mengenai macam-macam keanekaragaman hayati yang bisa kalian ketahui. Setiap komponen akan memiliki manfaat, dan setiap komponen akan saling mempengaruhi satu sama lain. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , ,



Oleh :
Kategori : Biologi