Sponsors Link

4 Perbedaan Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Sponsors Link

Tumbuh dan berkembang adalah sebuah hal yang sangat wajar dan pastinya akan di lalui oleh setiap makhluk hidup. Hanya saja mungkin bentuk dari kedua hal tersebut akan berbeda-beda. Hal tersebut akan sangat bergantung pada jenis dan spesies dari makhluk hidup tersebut. Namun satu hal yang pasti adalah kedua hal tersebut tidak bisa dikembalikan pada posisi semula. Artinya ketika terjadi pertumbuhan dan perkembangan tidak akan bisa dikembalikan ke posisi sebelum berkembang. Meskipun kedua hal tersebut sekilas terlihat sama, namun pada dasarnya terdapat perbendaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

ads

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa setiap tumbuh dan berkembang akan dipengaruhi oleh dua faktor utama. Faktor internal pertumbuhan serta faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Kedua faktor tersebutlah yang sangat berperan aktif dalam proses tumbuh kembang tanaman.

Meskipun proses tumbuh dan berkembang tidak dapat lagi di kembalikan pada posisi semula. Namun, ada beberapa kondisi yang bisa digunakan untuk membuat proses tumbuh dan kembang ini kembali kepada posisi semula. Salah satu contohnya adalah hal yang dilakukan pada proses kultur jaringan. Pada proses tersebut bagian tumbuhan akan kembali pada posisinya semula ketika belum mengalami proses tumbuh dan berkembang secara mutlak.

Sebelum berjalan lebih jauh lagi mari kita mencoba mengenal lebih dalam lagi tentang apa itu pertumbuhan dan perkembangan. Pada dasarnya tumbuhan akan dikatakan mengalami proses pertumbuhan jika tanaman tersebut mengalami penambahan volume atau ukuran. Pada hal tersebut pertumbuhan pada tanaman akan sangat mudah untuk diketahui karena bisa langsung teridentifikasi. Sedangkan proses perkembangan adalah proses dimana bagian khusus dari tumbuhan tersebut mengalami perubahan fungsi. Perkembangan ini sendiri akan sangat berhubungan dengan proses pembentukan bunga. Terbentuknya alat reproduksi pada tumbuhan merupakan salah satu bentuk dari proses perkembangan pada tumbuhan itu sendiri.

Proses tumbuh dan berkembang ini sendiri meskipun memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda. Namun, pada dasarnya kedua proses tersebut dapat berjalan bersama. Untuk hal ini kita bisa lebih paham dengan melihat pada cara perkembangbiakan jagung dan cara perkembangbiakan hydra. Kedua cara perkembangbiakan tersebut akan melalui proses tumbuh dan berkembang yang bisa sedikit banyak kita pahami.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa kedua proses tersebut memiliki pengertian yang sangat berbeda jauh. Bahkan faktor yang mempengaruhi kedua hal tersebut juga bisa dikatakan sangat berbeda. Kali ini kita akan melihat perbedaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

  1. Volume

Pada proses pertumbuhan sudah kita katakan sebelumnya bahwa pada proses ini terjadi penambahan masa dan volume dari tumbuhan itu sendiri. Hal ini dikarenakan proses pertumbuhan sendiri sangat erat dengan hubungannya dengan proses pembelahan pada tingkat sel. Sedangkan pada proses perkembangan sendiri pada beberapa jenis tumbuhan bisa saja mengalami hal sebaliknya, yaitu pengurangan massa dan volume dari tumbuhan tersebut.

  1. Hormon

Ketika tumbuhan mengalami proses pertumbuhan hanya akan dipengaruhi oleh hormon-hormon tertentu. pada tahap ini biasanya hormon yang sangat mempengaruhi adalah hormon auksin dan sitokinin. Kedua hormon tumbuhan tersebut memang berperan penting pada proses pembelahan sel. Sedangkan pada proses perkembangan sendiri akan sangat dipengaruhi oleh setiap hormon yang terdapat pada tumbuhan itu sendiri.

  1. Usia

Pada proses pertumbuhan pada dasarnya tidak terpengaruh pada batas usia tertentu. proses ini sendiri akan lebih tergantung pada asupan nutrisi yang didapatkan oleh tumbuhan tersebut. Selama masih ada nutrisi yang mencukupi maka proses pertumbuhan akan terus terjadi. Namun, pada proses perkembangan akan sangat dipengaruhi oleh faktor usia. Proses pendewasaan atau pematangan sel merupakan contoh yang bisa dikaitkan dengan proses perkembangan suatu tanaman.

Sponsors Link

  1. Pembelahan sel

Perbedaan ini sendiri terjadi pada tingkat sel yang memang agak sulit untuk dilihat secara langsung. Untuk dapat melihat dan mengawasi proses ini sendiri kan dibutuhkan bantuan dari alat khusus. Pada proses pertumbuhan sendiri akan sangat dipengaruhi oleh pembelahan sel mitosis. Sedangkan pada proses perkembangan sendiri terjadi pembelahan sel meiosis yang lebih terfokus pada bagian reproduksi tumbuhan. Pembelahan sel ini banyak terjadi pada beberapa bagian jaringan tumbuhan itu sendiri.

Selain perbedaan yang disebutkan di atas hal lain yang dapat kita ketahui adalah pada proses pertumbuhan lebih merujuk pada hasil yang kuantitatif. Hal tersebut artinya dapat dihitung dan dinyatakan dalam suatu ukuran serta angka. Sedangkan pada proses perkembangan sendiri lebih merujuk pada kualitatif. Hal tersebut menyebabkan proses perkembangan tidak bisa dinyatakan dalam angka atau ditentukan jumlahnya.

Itulah tadi beberapa hal yang berhubungan dengan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang bisa kalian ketahui. Setiap proses yang disebutkan di atas memang memiliki fungsi dan tujuan masing-masing. Namun, jika kita lihat lebih jauh lagi kedua proses tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain yang saling mempengaruhi. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Tumbuhan