Sponsors Link

Ciri-ciri Fauna Bagian Tengah dan Contohnya

Sponsors Link

Kondisi geografis dapat mempengaruhi persebaran flora dan fauna. Fauna atau kelompok hewan memiliki kepekaan yang tinggi terhadap kondisi habitatnya akibat faktor komponen abiotik salah satunya yang disebutkan di atas. Keistimewaan fauna bisa dilihat dari sistem geraknya baik sistem gerak kelompok vertebrata maupun invertebrata berbeda yang dimiliki oleh kelompok flora.

ads

Baca juga: Pengelompokan hewan

Indonesia mempunyai keanekaragaman jenis fauna yang tinggi. Di Indonesia sendiri berdasarkan letak geografisnya, persebaran fauna dapat dibagi menjadi tiga wilayah yaitu fauna bagian barat (asiatis), fauna bagian tengah (peralihan), dan fauna bagian timur (australis). Karena terletak di wilayah bagian tengah Indonesia, ciri-ciri fauna bagian tengah masih memiliki pengaruh dari fauna bagian barat (asiatis) dan fauna bagian timur (australis) sehingga disebut wilayah peralihan. Adapun ciri-ciri wilayah bagian tengah (peralihan) yaitu:

  • Berada di wilayah bagian tengah Indonesia, memisahkan wilayah bagian barat dibatasi dengan garis Wallace dan wilayah bagian timur dibatas dengan garis Webber.
  • Wilayah yang termasuk dalam wilayah ini yaitu, Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, Timor dan Pulau-pulau disekitarnya.

Baca juga: Ciri khas fauna Australia

Ciri-ciri Fauna Bagian Tengah

Berikut ini adalah ciri-ciri fauna bagian tengah Indonesia:

  1. Spesies fauna yang unik

Letak geografis wilayah bagian tengah Indonesia, memungkinkan fauna di dalamnya berjuta-juta tahun lamanya terisolasi karena terpisah dari benua Asia dan Australia oleh selat/wilayah perairan dalam, berbeda dengan bagian wilayah barat dan timur. Wilayah atau kawasan ini terkenal bagi kalangan biogeografis disebut dengan Wallacea. Fauna yang terisolasi disini membuat mereka berkembang dan mempunyai ciri khas yang unik dari yang lain dari segi morfologinya.

  1. Banyak ditemukan hewan endemik, yaitu hanya ditemukan di wilayah tersebut.

Keterbatasan dalam penyebaran karena terdapat faktor penghambat seperti wilayahnya yang terisolir menjadikan fauna ini hanya bisa ditemukan di wilayah tertentu saja atau bisa dikatakan endemik karena tidak dapat ditemukan di tempat lain. Seperti babi rusa Babyrousa babyrussa dan Burung maleo Macrocephalon maleo.

  1. Termasuk fauna khas Indonesia

Karena tiap-tiap wilayah seperti provinsi yang terletak di bagian tengah Indonesia mempunyai banyak hewan endemik, sehingga menjadikannya sebagai fauna khas dan termasuk fauna identitas Indonesia. Salah satunya adalah komodo yang ditetapkan sebagai satwa nasional Indonesia.

  1. Ada pengaruh dari fauna wilayah barat dan timur

Meskipun wilayah bagian tengah terisolir, namun ciri-ciri fauna bagian tengah masih terpengaruh dengan fauna dari wilayah lain. Berdasarkan sejarah terbentuknya kepulauan di Indonesia, kebanyakan pulau yang berada di wilayah timur contohnya Papua berasal dari Benua Australia, sedangkan wilayah barat seperti Pulau Sumatra, Jawa, dan Kalimantan berasal dari daratan Asia sehingga fauna di kedua wilayah itu masih mempunyai kesamaan karakter/ciri-ciri dengan wilayah asalnya. Wilayah bagian tengah Indonesia, misalnya pulau Sulawesi terbentuk dari gabungan daratan Asia dan Australia sehingga fauna yang ada di wilayah ini mempunyai keunikan baik dari bentuk maupun ukurannya.

  1. Beberapa termasuk hewan langka

Kebanyakan hewan unik pada wilayah ini termasuk juga hewan langka. Pengaruh komponen biotik dan abiotik bisa serta faktor penghambat penyebaran fauna mempengaruhi kelangsungan hidupnya. Misalnya ketersedian makanan yang terbatas, habitat yang rusak, ataupun perburuan liar mengurangi populasi fauna tersebut.

Baca juga: Faktor penghambat pesebaran flora dan fauna

  1. Beberapa termasuk jenis hewan purba yang masih bertahan.

Hewan purba tersebut adalah komodo Varanus komodoensis dan jenis buaya muara Crocodylus porosus. Komodo yang dapat ditemukan di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo merupakan pulau yang menjadi habitat faunan ini. Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa kebanyakan hewan-hewan unik, terdapat pada wilayah tertentu saja misalnya daerah yang terisolir atau wilayah jajahannya terbatas hanya pada wilayah tersebut.

Berikut ini MateriIpa berikan contoh fauna wallacea yang mencakup wilayah Indonesia bagian tengah. Contoh fauna ini dapat menggambarkan ciri-ciri fauna bagian tengah (peralihan) yang sangat unik.

  1. Mamalia

Mamalia di wilayah ini bervariasi mulai dari ukuran besar hingga yang terkecil. Tarsius adalah primata terkecil, banyak menghabiskan waktu di atas pohon layaknya monyet, mempunyai mata yang besar.

Jenis tarsius yang ditemukan di hutan-hutan Sulawesi Utara sampai Sulawesi Selatan dan Pulau-pulau sekitarnya adalah jenis Tarsius tarsier. Sedangkan jenis Tarsius tumpara hanya ditemukan di Pulau Siau, Provinsi Sulawesi Utara.

Mamalia berukuran besar yang juga ditemukan endemik di bagian tengah Indonesia (peralihan) yaitu Anoa Bubalus sp. merupakan satwa endemik Sulawesi khusunya Kabupaten Poso. Hewan ini memiliki kemiripan dengan kerbau namun anoa berukuran lebih kecil dari kerbau.

Babi rusa Babyrousa sp. juga merupakan mamalia, termasuk dalam babi liar, dan mempunyai taring yang berasal dari gigi taring dan mencuat ke atas (pada jantan). Hewan ini dapat ditemukan mulai dari sekitar Sulawesi sampai pulau-pulau Maluku.

  1. Aves

Julang Sulawesi

Maleo

Terdapat lebih dari 500 jenis burung ditemukan di wilayah peralihan. Beberapa jenis yang terkenal adalah Julang sulawesi Aceros cassidix endemik sulawesi dan beberapa pulau di sekitarnya. Burung Maleo senkawor Macrocephalon maleo juga merupakan jenis burung endemik dilindungi yang ditemukan di Gorontalo dan Sulawesi Tengah.

 

  1. Reptil

Jensi reptil yang terkenal adalah komodo Varanus komodoensis. Termasuk spesies kadal terbesar dan mempunyai cakar yang kuat. Komodo dapat ditemukan di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Jenis ini mempunyai air liur yang mematikan karena mempunyai kandungan bakteri berbahaya.

 

 

  1. Ikan

Banggai Cardinalfish

Kebanyakan jenis ikan air tawar endemik ditemukan di Sulawesi. Misalnya saja yang terdapat di Danau Poso, Sulawesi Tengah dan Danau Malili, Sulawesi Selatan. Jenis ikan air tawar seperti dari genus Oryzia (3 jenis endemik di Sulawesi) menjadi perhatian para peneliti. Sedangkan dari jenis ikan air laut yaitu ikan Banggai cardinalfish Pterapogon kauderni. Ikan ini mempunyai populasi yang terisolasi dan terkonsentrasi pada wilayah tertentu saja misalnya di Kepulauan Banggai, Sulawesi Tengah.

 

5. Invertebrata

Megachile pluto

Troides helena

Kebanyakan dari golongan invertebrata yang ditemukan di wilayah ini adalah jenis kupu-kupu, kumbang, dan satu spesies lebah terbesar yang ditemukan di utara Maluku seperti Halmahera dan Tidore yaitu jenis Megachile pluto. Beberapa jenis kupu-kupu endemik seperti Troides helena L, Troides hypolitus Cramer, Troides haliphron Boisduval, Papilo adamantius, dan Cethosia myrana dapat ditemukan di Sulawesi Selatan tepatnya di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung.

Itulah tadi pembahasan tentang ciri-ciri fauna bagian tengah. Semoga menambah wawasan kita.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Hewan