Sponsors Link

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Sponsors Link

Tumbuh dan berkembang adalah sebuah siklus yang harus dilewati setiap makhluk hidup. Setiap makhluk hidup akan memiliki proses atau siklus perkembangannya sendiri. Siklus atau daur hidup tersebut memang kebanyakan akan melalui tahapan yang sama, walaupun dari jenis dan spesies yang berbeda. Misalnya daur hidup kadal dengan daur hidup sapi, sama-sama akan melawati masa yang sama meskipun dalam proses yang jauh berbeda. Begitu juga jika kita membicarakan dengan tumbuhan. Pada dasarnya tumbuhan juga akan melewati siklus tersebut meskipun terkadang waktu yang dibutuhkan untuk melengkapi daur hidup tersebut akan memerlukan waktu yang berbeda-beda.

ads

Kali ini kita akan membahas mengenai faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Faktor ini sendiri akan sangat berpengaruh pada kecepatan dan siklus dari tumbuhan tersebut. Ada beberapa tumbuhan yang memiliki siklus atau daur hidup yang cepat namun ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama.

Proses tumbuh dan berkembang suatu makhluk hidup tidak dapat berdiri sendiri. Disini yang dimaksud adalah setiap makhluk hidup akan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang menyertainya. Faktor ini lah yang bisa dikatakan mengambil peranan yang sangat penting dalam proses tersebut. Pada beberapa tumbuhan terkadang membutuhkan faktor tertentu untuk dapat tumbuh dan berkembang.

Jika kita gali lebih dalam lagi maka kita akan mengetahui bahwa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan akan dapat dibagi menjadi dua kategori besar. Yaitu faktor internal dan faktor eskternal, kedua faktor inilah yang mengambil peran penting dalam siklus pertumbuhan dan perkembangan. Kedua faktor tersebut memiliki efek yang sangat berbeda satu sama lain. Beberapa hal yang perlu kita ketahui lebih banyak mengenai kedua faktor ini adalah

FAKTOR INTERNAL

Faktor internal pertumbuhan dan perkembangan tanaman ini sendiri lebih berasal dari dalam tanaman itu sendiri. Faktor ini sendiri dapat dibagi menjadi beberapa bagian besar yang sangat mempengaruhi proses kerja dari tanaman itu sendiri, yaitu

  1. Genetika

Faktor internal yang pertama adalah genetika, unsur yang satu ini merupakan salah satu unsur terpenting yang dimiliki oleh tanaman. Genetika dengan struktur DNA memiliki banyak sekali informasi yang berhubungan dengan tumbuh kembang dari suatu organisme itu sendiri. Ketika susunan genetika yang terwariskan dari induk utama kepada anakan tidak mengalami gangguan. Maka proses atau siklus tumbuh dan berkembang dari tanaman tersebut tidak akan mengalami gangguan. Namun, jika terjadi kesalahan dalam penurunan informasi tersebut maka gangguan akan dapat muncul. Bentuk gangguan ini sendiri akan sangat bergantung pada bagian kerusakan yang terjadi.

  1. Hormon

Setiap tubuh dan bagian dari makhluk hidup secara alami akan menghasilkan hormon. Tujuan dari pembentukan hormon ini sendiri akan berpengaruh pada fungsi-fungsi tertentu. Untuk tanaman sendiri terdapat beberapa jenis hormon yang dapat mengatur kapan waktu berbunga, berbuah, kapan waktu buah menjadi masak. Pada beberapa tanaman khusus akan menghasilkan hormon untuk perkembangbiakan mereka. Salah satu contohnya adalah Cara berkembangbiak bunga raflesia yang mengeluarkan hormon berupa aroma busuk.  Beberapa jenis hormon yang sangat penting seperti

  • Auksin, berperan untuk memacu proses pemanjangan, pembelahan, dan diferensiasi sel.
  • Giberlin, berperan untuk pembentukan biji serta perkembangan dan perkecambahan embrio.
  • Etilen, berperan untuk pematangan buah dan perontokan daun.
  • Sitokinin, berperan untuk pembelahan sel atau sitokenesis, seperti merangsang pembentukan akar dan cabang tanaman.
  • Asam absisat, berperan untuk proses penuaan dan gugurnya daun.
  • Kaolin, berperan untuk proses organogenesis tanaman.
  • Asam traumalin, berperan untuk regenerasi sel apabila mengalami kerusakan jaringan

FAKTOR EKSTERNAL

Faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan dari tanaman itu sendiri akan berasal dari lingkungan sekitar. Pada faktor eksternal ini sendiri akan dapat kita bagi menjadi beberapa bagian yang cukup penting, seperti:

Sponsors Link

  1. Nutrisi

Asupan nutrisi yang cukup akan sangat mempengaruhi proses perkembangan dan pertumbuhan dari tanaman. Nutrisi ini sendiri bisa secara alami didapatkan tanaman dari dalam tanah. Maupun bisa juga di dapatkan tanaman dari pupuk yang diberikan. Jika asupan nutrisi yang masuk dan diterima tumbuhan kurang akan mempengaruhi tanaman itu sendiri.

  1. Sinar Matahari

Keberadaan sinar matahari sendiri merupakan salah satu faktor penting bagi tumbuhan. Hal ini karena matahari merupakan salah satu  unsur yang dibutuhkan tumbuhan untuk berfotosintesis. Banyak sekali pengaruh radiasi matahari terhadap tanaman yang sangat bermanfaat.

  1. Suhu

Pada beberapa jenis tumbuhan terkadang membutuhkan tingkatan suhu tertentu untuk dapat tumbuh dan berkembang. Terkadang beberapa jenis tumbuhan tak akan dapat bertahan hidup jika terjadi perubahan suhu yang signifikan dan terjadi dalam jangka waktu yang lama.

  1. Air

Kebutuhan air merupakan salah satu hal yang sangat normal bagi makhluk hidup. Tanaman sendiri membutuhkan air untuk dapat mengalirkan beberapa jenis nutrisi yang mereka serap. Kebutuhan asupan air bagi tumbuhan akan sangat berbeda-beda, hal tersebut akan sangat bergantung pada jenis tumbuhan itu sendiri.

Itu tadi beberapa hal yang berhubungan dengan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Setiap tumbuhan akan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, jika faktor-faktor tersebut dapat tercukupi dengan baik tanpa ada gangguan yang berarti. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,



Oleh :
Kategori : Tumbuhan