Sponsors Link

Cara Perkembangbiakan Jagung dan Manfaatnya

Sponsors Link

Jika kita berbicara mengenai makhluk hidup yang banyak berada di muka bumi, maka salah satu pilihan kita akan tertuju pada tumbuhan. Hal tersebut merupakan sebuah pilihan yang sangat wajar. Hal ini dikarenakan tumbuhan atau flora memang memiliki jumlah yang sangat banyak. Bahkan, sangat dimungkinkan masih adanya beberapa jenis tumbuhan yang belum teridentifikasi, baik jenis dan fungsinya.

ads

Tumbuhan sendiri mengambil peran yang cukup penting dalam kehidupan manusia. Banyak sekali segi kehidupan manusia yang bisa dikatakan tergantung atau sangat dipengaruhi oleh tumbuhan. Beberapa pengaruh yang ada akan dapat dirasakan langsung oleh manusia. salah satu tumbuhan yang sangat berperan penting dalam kehidupan manusia adalah Jagung.

Kali ini kita memang akan membahas mengenai beberapa hal yang berhubungan erat dengan Jagung. Kita akan membahas mengenai cara perkembangbiakan jagung, beserta hal lain yang masih berhubungan erat dengan jagung itu sendiri. beberapa hal yang akan kita bahas seperti

Jagung atau yang memiliki nama latin Zea Mays ini sendiri merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sangat umum kita dengar. Tumbuhan yang satu ini memang sudah sejak lama menjadi salah satu tumbuhan yang dibudidayakan oleh manusia. Tujuan utama dari pembudidayaan jagung sendiri adalah untuk memenuhi kebutuhan sumber makanan.

Jagung ini sendiri merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang bisa dikatakan mendapatkan perhatian khusus, selain gandum dan padi. Hal ini dikarenakan banyak sekali negara yang menjadikan jagung sebagai makanan utama mereka. Beberapa daerah di Amerika Tengah dan Afrika, memang menjadikan jagung sebagai menu makanan sehari-hari. Jagung sendiri merupakan salah satu tanaman yang menjadi objek dari penelitian genetik yang cukup intensif.

Jagung sendiri merupakan salah satu tumbuhan yang masuk kedalam golongan tanaman C4. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa tanaman C4 adalah tanaman yang menghasilkan senyawa dengan 4 atom karbon sebagai hasil akhir. Dalam bidang taksonomi sendiri, jagung memiliki informasi sebagai berikut

  • Kingdom         : Plantae
  • Divisi               : Spermatophyta
  • Sub Divisi       : Angiospermae
  • Kelas               : Monocotiledonae
  • Ordo                : Poales
  • Famili              : Poaceae
  • Genus              : Zea
  • Species            : Zea mays L.

Jagung sendiri merupakan tanaman yang tergolong jenis monokotil dan memiliki akar serabut. Selain itu jagung sendiri memiliki siklus hidup satu putaran. Biasanya siklus hidup jagung hanya bertahan antara 3 sampai 5 bulan. Jagung sendiri merupakan salah satu jenis tanaman yang bisa dikatakan tidak bisa tumbuh secara bebas di alam liar.

Secara keseluruhan kita mengenal dua macam jenis cara perkembangbiakan, yaitu secara generatif dan secara vegegatif. Jagung sendiri sendiri merupakan salah satu jenis tanaman yang berkembang biak secara generatif atau kawin. Jagung sendiri merupakan salah satu tumbuhan yang tergolong berumah satu. Tumbuhan yang masuk kedalam golongan ini berarti tumbuhan tersebut memiliki putik dan benang sari dalam tubuh.

Proses perkembangbiakan generatif pada tumbuhan jagung sendiri akan dimulai ketika munculnya bunga jagung.  Saat munculnya bunga tersebut menandakan bahwa jagung telah matang dan siap dalam proses reproduksi. Penyebaran serbuk sari pada bunga jagung sendiri sangat bergantung kan bantuan angin dan beberapa hewan. Bunga jantan pada jagung sendiri memiliki bentuk seperti malai, sedangkan bunga betina pada jagung sendiri akan berbentuk tongkol yang terdapat pada batang jagung.

Sponsors Link

Jagung sendiri merupakan salah satu jenis tanaman yang masuk kedalam kategori Protandri. Pada tanaman jenis ini biasanya serbuk sari akan jauh lebih matang terlebih dahulu dibandingkan dengan bunga betina. Sedangkan pada Jagung, bunga jantan akan lebih matang 2-5 hari lebih awal dibandingkan dengan bunga betina.

Setiap jenis jagung sendiri akan memiliki fase perkembangbiakan yang sama satu sama lain. Namun, mengenai lama siklus perkembangbiakan tersebut akan sangat bergantung pada jenis dari jagung itu sendiri dan lingkungan dimana jagung tersebut ada.

Jika berbicara mengenai manfaat maka jagung adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki manfaat cukup banyak. Ada beragam jenis produk makanan baik yang bisa dikonsumsi secara langsung maupun tidak langsung yang terbuat dari jagung. Tentunya salah satu bagian yang paling dimanfaatkan dari jagung adalah biji jagung itu sendiri. Namun, tak jarang terkadang pemanfaatan dari tongkol jagung ini sudah sejak jagung tersebut belum berkembang sepenuhnya.

Sejak awal dibudidayakan jagung sendiri merupakan sumber pangan yang sangat penting. Banyak sekali bahan pangan yang terbuat dari bahan dasar utamanya yaitu jagung. Selain jagung sendiri juga sangat banyak mengandung karbohidrat. Bahkan kandungan gizi dari jagung sendiri hampir kurang lebih 80% di dominasi oleh karbohidrat. Sisanya biasanya akan terdapat beberapa jenis kandung  gizi yang lain.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai cara perkembangbiakan jagung itu sendiri. Banyak hal yang bisa kita ketahui dan pelajari dari jagung itu sendiri. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan