Sponsors Link

Cara Perkembangbiakan Cocor Bebek dan Perawatannya

Sponsors Link

Jika kita berbicara mengenai tumbuhan maka ada banyak sekali hal yang bisa kita bicarakan. Apalagi yang sebagaimana yang kita ketahui, bahwa tumbuhan adalah satu makhluk hidup terbanyak yang ada di bumi. Tumbuhan sendiri memiliki ciri khusus yang bisa digunakan untuk membedakan antara satu tumbuhan dengan tumbuhan yang lain. terkadang dalam satu jenis pun kita masih bisa menemukan perbedaan yang dapat dijadikan salah satu acuan untuk membedakan hal tersebut.

ads

Dikarenakan jumlahnya yang teramat banyak, kadang masih ada beberapa tumbuhan yang masih bisa dikatakan belum diketahui secara pasti jenis dan manfaatnya. Hal ini biasanya terdapat pada beberapa daerah yang memang dikategorikan sebagai daerah terpencil. Atau kadang terdapat di lokasi-lokasi yang jarang bahkan tak pernah di jamah oleh peradaban.

Dari sekian banyak jenis tumbuhan yang ada, salah satu jenis tumbuhan yang cukup menarik untuk di bahas adalah Cocor Bebek. Tumbuhan yang satu ini bisa dikatakan memiliki ciri uniknya sendiri yang bisa dibedakan dari yang lain. salah satu ciri unik dari tumbuhan ini terdapat pada proses perkembangbiakannya. Kali ini kita akan membahas mengenai cara perkembangbiakan cocor bebek yang bisa dikatakan cukup unik dan menarik

Banyak masyarakat yang memang sudah sangat familiar dengan tumbuhan yang satu ini. Tumbuhan dengan nama latin Kalanchoe pinnata ini merupakan salah satu tumbuhan yang bisa dikatakan sangat umum kita temui di pekarangan rumah. Banyak yang menjadikan cocor bebek sebagai tumbuhan taman. Hal tersebut karena perawatannya yang bisa dikatakan cukup mudah dan tidak terlalu susah. Dalam taksonomi sendiri Cocor Bebek memiliki klasifikasi ilmiah seperti

  • Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
  • Divisio: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Classis: Magnoliopsida (Dikotil/berkeping dua)
  • Ordo: Rosales
  • Familia: Crassulaceae
  • Genus: Kalanchoe
  • Species: Kalanchoe Pinnata

Pada dasarnya tumbuhan yang satu ini termasuk tumbuhan sukulen atau tumbuhan yang banyak mengandung air. Pada hal ini tumbuhan cocor bebek hampir sama dengan kaktus, karena sama-sama jenis tumbuhan yang banyak mengandung air. Cocor bebek sendiri merupakan tumbuhan asli dari Madagaskar, sebelum tersebar luas ke beberapa benua yang ada. Cocor bebek sendiri merupakan salah satu tanaman yang akan tumbuh subur pada daerah yang beriklim tropika. Sedangkan bagi negara-negara tertentu mungkin akan menganggap cocor bebek sebagai tumbuhan yang invansif. Tumbuhan invansif sendiri adalah tumbuhan yang akan mengambil alih ekosistem tumbuhan lokal.

Sudah kita singgung sebelumnya bahwa tumbuhan yang satu ini merupakan salah satu tumbuhan yang cukup unik. Keunikan dari cocor bebek adalah cara perkembangbiakannya yang mungkin beda dari tumbuhan yang lain.  Selama ini kita mengenal beberapa cara perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan yang berbeda-beda. Salah satunya adalah melalui stek daun. Cara perkembangbiakan yang mudah inilah yang membuat cocor bebek menjadi salah satu tumbuhan yang cepat tersebar.

Mungkin kita mengenal beberapa fungsi daun bagi tumbuhan, salah satunya adalah sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis. Namun, pada cocor beberapa daun memiliki fungsi ganda. Yaitu selain sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis juga merupakan tempat yang digunakan untuk berkembang biak

Untuk caranya sendiri bisa dikatakan cukup sederhana dan tidak merepotkan. Kita tinggal mengambil daun cocor bebek sejumlah yang kita inginkan. Untuk keadaan daunnya sendiri, pastikan bahwa daun dalam kondisi masih baik, serta todak terlalu tua. Jika kita sudah mengambil daun tersebut, maka letakkan pada daerah tanah yang gembur dan lembab. Biasanya dalam beberapa hari akan muncul tunas-tunas baru di pinggir daun tersebut.

Pada dasarnya tumbuhan cocor bebek sendiri bisa dibudidayakan melalui biji. Namun, memang lebih sederhana dan lebih banyak dikenal pengembangbiakan melalui stek daun. Salah satu hal manfaat dariu stek daun adalah, kecepatan munculnya tunas baru. Hal inilah yang menjadi kelebihan utama dari perkembangbiakan melalui biji.

Cocor bebek adalah salah satu tumbuhan yang bisa dikatakan sangat mudah dirawat. Namun, bukan berarti kita bisa merawatnya dengan sembarangan. Pada dasarnya perawat  cocor bebek ini sendiri sama seperti tumbuhan pada jenis-jenis lain.

Hal yang pertama harus kita perhatikan adalah jangan terlalu sering menyiram cocor bebek. Hal tersebut akan dapat menyebabkan tumbuhan ini menjadi lebih cepat layu dan busuk. Selain itu pastikan bahwa tumbuhan ini mendapatkan sinar matahari yang cukup. Ketika masih dalam tunas mungkin kita bisa sedikit menaungi tumbuhan ini, agar tidak terkenal sinar matahari langsung. Akan tetapi saat tumbuhan telah beranjak dewasa, maka sebaiknya kita meletakkannya di bawah sinar matahari langsung.

Itu tadi beberapa hal yang berhubungan dengan cara perkembangbiakan cocor cebek. Meskipun tumbuhan yang satu ini bisa dikatakan merupakan tanaman hiasan atau kadang cuma sekedar tanaman liar. Namun, cocor bebek sendiri memiliki banyak sekali manfaat pada kehidupan kita. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan