Sponsors Link

Karbohidrat Simpleks : Pengertian – Jenis – Sumber Makanan

Sponsors Link

Karbohidrat simpleks merupakan sejenis karbohidrat yang dapat diserap oleh sistem organ manusia dengan cepat untuk kemudian digunakan sebagai energi. Tubuh manusia menyerap karbohidrat simpleks sebagai glukosa dimana hal ini justru dapat membuat kadar gula di dalam tubuh meningkat. Karbohidrat jenis ini secara alami terdapat di dalam produk olahan susu, susu dan juga buah-buahan.

ads

Karbohidrat simpleks juga terkandung dalam beberapa makanan olahan seperti soda, permen dan berbagai olahan kue yang dipanggang. Mengkonsumsi simpleks karbohidrat memerlukan kehati-hatian karena salah dalam memilih jenis makanan yang mengandung simpleks karbohidrat dapat memicu kenaikan gula darah yang berakibat menjadi diabetes dan tentunya akan mempengaruhi kesehatan organ-organ pencernaan manusia itu sendiri.

Berikut ini jenis-jenis karbohidrat simpleks:

1. Karbohidrat Simpleks Alami

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, karbohidrat simpleks dapat ditemukan secara alami pada beberapa jenis makanan. Jika Anda mengkonsumsinya Anda bisa mendapatkan beberapa tambahan asupan nutrisi lainnya seperti vitamin dan mineral. Susu dan buah-buahan merupakan beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat simpleks dan baik untuk tubuh.

Buah mengandung serat yang dapat membuat tubuh mengubah proses pengolahan gula yang terkandung di dalam karbohidrat simpleks. Hasilnya karbohidrat simpleks tidak selalu hanya berakhir sebagai glukosa di dalam darah saja.

2. Karbohidrat Simpleks Buatan

Biasanya karbohidrat simpleks banyak dihindari oleh mereka yang memiliki riwayat gula darah tinggi. Tentu saja karena efeknya yang kurang baik untuk tubuh, terlebih jika batas konsumsinya tidak diperhatikan. Ada beberapa jenis makanan yang seharusnya dibatasi, meskipun mengandung karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Hal ini dikarenakan adanya tambahan pemanis atau gula seperti soda, kue, permen, minuman berenergi dan es krim. Sumber Makanan yang Mengandung karbohidrat simpleks

Dari pengertian diatas, perlu dipahami bahwa tidak semua makanan yang mengandung karbohidrat simpleks itu baik untuk tubuh. Jika Anda memiliki penyakit diabetes, seharusnya ada menu makanan penderita diabetes dan hipertensi yang dianjurkan dokter. Dari sinilah Anda harus memahami bahwa konsumsi karbohidrat simpleks pun harus dibatasi. Berikut beberapa jenis makanan yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi karena kandungan karbohidrat simpleks di dalamnya.

  • Tepung Olahan

Tepung yang berasal dari gandum utuh memang baik untuk tubuh, khususnya untuk sistem pencernaan. Akan tetapi tepung yang sudah diolah menjadi tepung terigu, cenderung kurang baik jika terlalu banyak dikonsumsi. Mengingat selama pengolahan produk tepung kehilangan banyak nutrisi seperti vitamin B, serat dan minerals.

Tidak hanya itu saja, produk tepung tersebut pun menjadi tinggi kadar glikemisnya sehingga dapat berpengaruh buruk terhadap gula darah di dalam tubuh. Beberapa contoh makanan yang mengandung tepung olahan adalah roti, pizza, pancake, kue kering dan berbagai jenis olahan tepung terigu lainnya.

  • Minuman Bersoda

Salah satu jenis karbohidrat simpleks ini benar-benar harus dihindari karena dampaknya sangat berbahaya khususnya untuk ibu hamil. Dampak bahaya minuman bersoda ini dipicu karena beberapa contoh larutan asam yang terkandung didalamnya. Dan tidak baik jika dikonsumsi berlebih bagi tubuh.

Minuman ini mengandung fruktosa olahan yang cukup tinggi dan dampaknya untuk kesehatan tubuh sangat buruk. Fruktosa bahkan dapat mengaktifkan divisi kanker sel di dalam tubuh. Itulah kenapa minuman bersoda sebaiknya tidak hanya dibatasi namun dihindari sepenuhnya.

  • Buah

Buah-buahan mengandung gula alami yang membuat makanan ini termasuk ke dalam kategori karbohidrat simpleks. Kandungan gula di dalam buah tidak berbahaya untuk tubuh. Sebaliknya, Anda justru bisa menambah asupan vitamin dan berbagai nutrisi lainnya seperti serat dengan mengkonsumsi buah secara teratur.

Baca juga mengenai Mengapa membran sel bersifat semipermeable?

Adanya serat di dalam buah membantu tubuh mengolah gula lebih lambat dari biasanya. Saat Anda mengkonsumsi jenis makanan mengandung karbohidrat simpleks lainnya. Jika Anda mengkonsumsi buah bersama kulitnya seperti buah apel dan pir, kandungan seratnya bahkan jauh lebih tinggi.

Bagi penderita trigliserida tinggi, pilihlah buah penurun kadar trigliserida setiap hari agar peredaran darah dapat mengalir lebih lancar. Buah-buahan yang mengandung karbohidrat simpleks adalah buah yang rasanya manis seperti pisang dan mangga.


  • Susu

Susu mengandung karbohidrat yang disebut dengan laktosa. Disebut sebagai karbohidrat karena laktosa merupakan sejenis gula yang terdiri dari glaktosa dan glukosa. Meskipun merupakan salah satu jenis gula, laktosa aman untuk dikonsumsi karena jenis gula ini tidak memiliki rasa yang begitu manis.

Akan tetapi jika Anda mengkonsumsi susu kental manis dan ada tambahan gula dalam proses pembuatannya, maka konsumsinya harus dibatasi. Meskipun ada khasiat susu kental manis untuk kesehatan tubuh, namun efek samping dari tingginya kandungan gula juga cukup membahayakan kesehatan. Itulah kenapa lebih baik Anda mengkonsumsi susu plain atau susu segar yang sudah disterilkan terlebih dahulu.

  • Sereal

Bagi Anda penggemar sereal terlebih lagi untuk sarapan di pagi hari, sebaiknya jangan dibiasakan mengkonsumsinya setiap hari. Sereal ternyata mengandung karbohidrat simpleks yang cukup tinggi sehingga harus konsumsinya harus dibatasi. Cek komposisi pada kemasan sebelum membeli untuk memilih sereal yang paling menyehatkan. Akan lebih baik jika Anda sarapan dengan oat kemudian ditambah dengan yogurt dan buah-buahan sehingga Anda tetap dapat mendapat asupan karbohidrat simpleks namun tidak membahayakan kesehatan.

Baca juga : Apa peranan protein bagi pengaturan aktivitas sel dalam tubuh?

  • Biskuit

Produk-produk biskuit yang telah dikemas dan dapat ditemukan dengan mudah di supermarket pun mengandung karbohidrat simpleks yang cukup tinggi. Tambahan pemanis dan gula di dalam biskuit tersebut apabila dikonsumsi secara terus menerus dapat mengakibatkan diabetes. Solusinya Anda bisa membuat biskuit sendiri di rumah dengan menggunakan sedikit gula serta menambahkan bahan-bahan sehat lainnya.

Selain biskuit Anda juga bisa membuat cake dan kue sendiri mengingat beberapa makanan tersebut juga tinggi karbohidrat simpleksnya. Cara terbaik untuk membatasi konsumsi karbohidrat simpleks adalah dengan mengkosumsi karbohidrat kompleks lebih banyak. Keduanya sama-sama memberikan energi untuk tubuh.

Namun karbohidrat kompleks lebih menyehatkan karena proses penyerapannya lebih lama. Untuk beberapa jenis karbohidrat simpleks seperti susu dan buah-buahan tetap harus dikonsumsi karena bagaimanapun tubuh tetap membutuhkan gula sebagai sumber energi. Hanya saja jenis gulanya harus diperhatikan agar tidak berdampak pada naiknya gula darah di dalam tubuh. Pilih makanan terbaik untuk memberikan asupan nutrisi terbaik bagi tubuh.

Sponsors Link
, ,



Oleh :
Kategori : Pencernaan
Search
Belajar Online Gratis

Ternyata banyak sekali orang-orang pintar dari Indonesia yang berhasil menciptakan sesuatu dan diakui oleh Internasional. Berikut ini daftar ilmuwan dengan ciptaannya yang fungsi dan temuannya diakui oleh banyak negara di dunia.