Sponsors Link

Apa Peranan Protein Bagi Pengaturan Aktivitas Sel?

Sponsors Link

Sel merupakan sebuah bagian dari makhluk hidup yang paling utama dan paling penting. Baik itu pada jaringan tumbuhan dan jaringan hewan. Meskipun sel memiliki ukuran yang bisa dikatakan sangat kecil, namun manfaat dan peran yang dimilikinya bisa dikatakan tidak dapat kita abaikan begitu saja.

ads

Peranan dari sel sendiri bisa dikatakan hampir menguasai seluruh peranan dari dalam tubuh makhluk hidup. Hal ini dikarenakan setiap peran dan fungsi akan diawali dari sel terlebih dahulu. Hal inilah yang menyebabkan kesehatan dan kondisi dari sel itu sendiri harus diperhatikan dengan baik. ketika terjadi kerusakan pada sel, maka fungsi tubuh kita akan terganggu dalam bekerja. Bahkan tak memungkinkan untuk terjadinya kerusakan lain yang mengikuti.

Pada proses keberadaannya sendiri sel pun tidak dapat berdiri sendiri. meskipun ada beberapa perbedaan sel hewan dan tumbuhan, namun masih terdapat persamaan antara keduanya. Persamaan ini adalah adanya pengaruh zat yang berasal dari luar sel. Zat ini dapat memiliki berbagai macam bentuk dan fungsi yang berbeda-beda. Partikel atau senyawa tersebutlah yang  bisa dikatakan sangat berperan dan sangat mempengaruhi kinerja dari sel itu sendiri.

Kali ini kita akan membahas mengenia salah satu senyawa yang cukup penting, yaitu Protein. Kita akan membahas apa peranan protein  bagi pengaturan  aktivitas sel. Protein merupakan salah satu senyawa yang sangat penting bagi keberadaan sel itu sendiri. jika berbicara mengenai peranan dari senyawa ini, maka ada hal yang bisa kita temukan, seperti

PERANAN PROTEIN

Sebelum membahas lebih jauh, maka kita bisa membahas dan lebih mengenal mengenai apa itu protein. Pada dasarnya protein merupakan sebuah senyawa molekul yang masih termasuk kedalam keluarga asam amino. Protein sendiri merupakan susunan polimer dari monomer asam amino yang dihubungkan dengan ikatan peptida. Protein sendiri merupakan salah satu senyawa kimia yang paling banyak diteliti, jika dibandingkan dengan senyawa lain. Hal ini dikarenakan berhubungan dengan fungsi dan kinerja dari protein itu sendiri yang berhubungan dengan sel. Ada beberapa peranan Protein yang sangat penting bagi sebuah sel, seperti

1. Pembentukan Membran Sel

Jika membahas mengenai apa peranan protein  bagi pengaturan  aktivitas sel, maka hal pertama yang bisa kita temukan adalah pembentukan membran sel. Keberadaan membran sel merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi sel itu sendiri. Hal ini dikarenakan membran sel merupakan salah satu yang bertugas dalam mengatur transportasi berbagai macam zat dan informasi pada sel. Hal inilah yang menyebabkan mengapa membran sel bersifat semipermeable. Sebagai salah satu penyusun membran sel setiap lapisan membran pada sel akan memiliki jenis dan struktur protein yang berbeda-beda dan tak sama.

2 Pembentukan sitoskeleton

Salah satu fungsi lain dari protein yang sangat penting adalah mengenai pembentukan sitoskleteon yang penting bagi sel. Sitoskeleton merupakan sebuah jaringan-jaringan protein yang menyusun sitoplasma. Susunan jaringan-jaringan ini kemudian akan membentuk badan dan bentuk dari sel itu sendiri. Pada beberapa saat lalu fungsi dari protein yang dapat membentuk sitoskleton ini hanya berlaku pada sel eukariotik. Namun, ternyata ada beberapa sel prokariotik yang juga memiliki fungsi ini. Ketika sel memiliki sebuah bentuk maka, akan memudahkan sel tersebut untuk bergerak, serta dapat mengatur setiap organel-organel yang ada di dalam sel itu sendiri.

3. Protein sebagai sistem imun

Pada pembahasan mengenai apa peranan protein  bagi pengaturan  aktivitas sel, maka peran ini merupakan salah satu hal yang penting. Selain berperan sebagai penyusun dari sel itu sendiri, protein juga berperan sebagai pejaga sel itu. Protein disini berperan juga sebagai sistem imun yang dapat menjaga sel dari kerusakan. Pada proses penjagaan ini sel akan berperan tidak sendiri, akan ada banyak sekali bantuan dari senyawa lain untuk membantu proses penjagaan ini.

4. Distribusi sistem hara

Zat hara merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi tumbuhan. Hal ini dikarenakan melalui zat tersebutlah sebuah tanaman dapat bertahan hidup dan dapat melakukan berbagai macam proses dalam siklus hidupnya. Kita selama ini mengenal beberapa fungsi pembuluh pengangkut. Salah satunya adalah fungsi pembuluh kayu atau yang bisa kita sebut juga sebagai xylem. Satu hal yang harus kita ketahui adalah. Pada proses pengangkutan zat hara tersebut protein sangat berperan dalam hal tersebut.

Fungsi dari protein sendiri disini lebih ke dalam memperlancar laju pergerakan dari zat hara yang diserap oleh sel. Hal ini sangat berhubungan erat dengan fungsi dari protein dalam pembentukan dan penyusunan membran sel.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai apa peranan protein  bagi pengaturan  aktivitas sel. Pada dasarnya ada banyak sekali fungsi protein bagi keberadaan sel. Ketika tubuh kekurangan protein, maka hal pertama yang akan terkena dampaknya adalah fungsi dan kinerja dari beberapa sel yang ada di dalam tubuh makhluk hidup. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
,
Oleh :
Kategori : Biologi
Search
Belajar Online Gratis

Video Edukasi : Lulusan sarjana Kimia/Teknik Kimia mau kerja apa? Ini daftar pekerjaannya yang gajinya fantastis sekali: