Sponsors Link

Mengapa Membran Sel Bersifat Semipermeable?

Sponsors Link

Pembicaraan mengenai berbagai hal seputar makhluk hidup memang sangat menyenangkan. Banyak sekali hal yang bisa kita bicarakan dan bisa kita jadikan sebagai bahan diskusi. Mulai dari berbagai faktor penggelompokan hewan hingga pengelompokan tumbuhan. Serta berbagai karakteristik dari makhluk hidup itu sendiri. kita juga bisa membicarakan mengenai pola hidup dan struktur penyusun dari makhluk hidup.

ads

Setiap bagian merupakan sebuah materi yang sangat menarik untuk di bahas dan dibicarakan. Hal inilah yang membuat pembicaraan dan pembahasan mengenai makhluk hidup tak akan pernah berkurang. Apalagi terkadang setiap saat selalu ada penemuan-penemuan baru yang semakin menarik untuk di bahas.

Salah satu sifat dan kemampuan dari setiap makhluk hidup adalah kemampuan untuk beradaptasi. Ada banyak sekali jenis-jenis adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup. Setiap adaptasi tersebut merupakan usaha mendasar untuk bertahan hidup. Baik hewan dan tumbuhan keduanya melakukan adaptasi dengan cara yang berbeda dan tak sama. Bentuk adaptasi dapat berupa sesuatu yang dapat langsung nampak oleh mata. Namun, ada juga yang berupa bentuk jaringan hewan dan jaringan tumbuhan yang tak terlihat.

Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu sifat yang dimiliki oleh sel makhluk hidup. Kita akan membahas  mengenai mengapa membran sel bersifat semipermeable. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dengan seksama mengenai membran pada jenis ini. ada hal yang tak boleh kita lewatkan. Beberapa hal yang bisa kita perhatikan adalah.

MEMBRAN SEMIPERMEABLE

semipermeableSel merupakan salah satu bagian yang paling terkecil dari makhluk hidup. Meskipun merupakan bagian terkecil tapi fungsi dari sel sangatlah penting. Keberadaan sel mendukung segala aktifitas dari makhluk hidup itu sendiri.  Meskipun ada beberapa perbedaan sel hewan dan tumbuhan, namun fungsi keduanya kurang lebih tak berbeda jauh. Salah satu fungsi yang cukup penting adalah kemampuan metabolisme sel dalam mengolah berbagai partikel yang baik dibutuhkan sel itu sendiri mapun di butuhkan oleh tubuh makhluk hidup.

Jika kita bertanya mengapa membran sel bersifat semipermeable karena berhubungan erat dengan fungsi metabolisme itu sendiri. Dengan membran sel yang bersifat semipermeable ini ada beberapa keuntungn yang dimunginkan oleh sel itu sendiri, salah satunya adalah

1. Kemampuan untuk memilih partikel yang dibutuhkan

semipermeableMembran ini akan memungkinkan untuk memilih zat-zat apa saja yang sekiranya dapat melaluinya. Dengan hal ini maka kemungkinan masuknya zat yang terlalu berbahaya bagi tubuh akan sangat minim sekali. Fungsi ini sendiri terkadang banyak kita temukan pada beberapa jaringan pengangkut jika hal ini kita terapkan pada jaringan tumbuhan. Pun begitu juga pada jaringan hewan, lebih pada sistem transportasi antar sel.

2. Memudahkan lalu lintas informasi

Membran sempermeable ini sendiri juga bisa dikatakan seperti sebuah pintu khusus. Hanya mereka yang sesuai dengan kunci pada pintu yang dimungkinkan untuk masuk dan melewatinya. Fungsi ini banyak dimanfaatkan pada transfer informasi antar sel. Pada hal ini salah satu contohnya adalah fungsi selubung mielin yang terdapat pada sel saraf. Pada laju transfer informasi dalam sistem saraf juga menggunakan membran semi permeable sebagai salah satu jalur utamanya.

3. Sebagai Sistem keamanan terjaga

Selama sel tidak mengalami gangguan yang sangat besar, maka keamanan dari sel tersebut akan terjaga. Hal ini merupakan salah satu dari beberapa fungsi yang dimiliki oleh membran semipermeable. Sebagaimana yang telah kita katakan bahwa, membran ini akan memilih zat-zat apa saja yang memungkinkan untuk memasukinya. Zat yang memungkinkan untuk melewati membran semi permeable ini biasanya memiliki beberapa ukuran tertentu yang bervariasi.


Fungsi dan kemampuan yang ada tersebut merupakan beberapa alasan mengapa membran sel bersifat semipermeable. Namun, kita juga harus memisahkan dan membedakannya dengan membran selektif permeable. Hal ini karena kedua membran ini pada dasarnya memiliki sifat dan fungsi yang sama, namun memiliki karakteristik yang berbeda.

  • Membran semipermeable dapat memungkinkan beberapa zat dengan ukuran tertentu untuk melewati lapisannya.
  • Membran selektif permeable akan memilih partikel apa saja atau zat apa saja yang dapat melewatinya, sehingga tidak ada hubungannya dengan ukuran. Selama partikel tersebut dipilih untuk melewati membran ini, maka akan bisa melewatinya.

Proses pertukaran partikel yang melewati membran semipermeable ini sendiri menggunakan bantuan proses difusi. Atau ada juga mennggunakan proses transport aktif dan transport pasif. Melalui perbedaan tekanan antara dua lingkungan yang berbeda maka, berbagai partikel tersebut saling bertukar tempat.

CONTOH

Jika membicarakan mengenai contoh dari membran semi permeable sendiri kita bisa menyebukan beberapa contoh yang ada, seperti

  1. Cation exchange membrane
  2. Charge mosaic membrane
  3. Bipolar membrane
  4. Anion exchange membrane
  5. Alkali anion exchange membrane
  6. Proton exchange membrane

Itulah tadi beberapa informasi mengenai mengapa membran sel bersifat semipermeable. Membran sel dengan sifat dan kemampuan tersebut memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Selama fungsi tersebut tidak mengalami kerusakan yang signifikan, maka kondisi dan keamanan dari sel akan tetap terjaga. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,



Oleh :
Kategori : Biologi
Search
Belajar Online Gratis

Ternyata banyak sekali orang-orang pintar dari Indonesia yang berhasil menciptakan sesuatu dan diakui oleh Internasional. Berikut ini daftar ilmuwan dengan ciptaannya yang fungsi dan temuannya diakui oleh banyak negara di dunia.