Sponsors Link

Piramida Biomassa : Jenis, Contoh, Kelebihan dan Kekurangannya

Sponsors Link

Biomassa dalam ekologi berarti massa organisme biologis yang hidup dalam suatu ekosistem pada waktu tertentu. Massa tersebut dapat mencakup mikroorganisme, tumbuhan, dan hewan yang nilainya berupa massa rata-rata per luasan. Piramida berupa representasi grafis berbentuk kerucut.

ads

Piramida biomassa merupakan salah satu dari tiga jenis piramida ekologi. Piramida ini merepresentasikan jumlah taksiran biomassa yang mewakili setiap tingkatan trofik. Terdapat transfer energi pada setiap tingkatan trofik pada suatu ekosistem.

Satuan piramida biomassa yang dipakai adalah berat kering organisme per satuan luas seperti gram/m² atau kg/ha. Pengukuran dilakukan dengan teknik sampling dengan menimbang tiap individu kemudian dicatat jumlahnya dalam ekosistem tersebut. Biomassa diukur sebagai massa dari karbon yang terikat secara organik.

Pengukuran memerlukan banyak waktu dan bentuknya berubah-ubah karena tergantung pada iklim dan sebagian energi akan hilang untuk respirasi yang masuk ke biosfer. Secara global jumlah biomassa di dunia sekitar 560 miliar ton karbon. Sebagian besar ditemukan di daratan dan sisanya sekitar 5-10 miliar ton ditemukan di laut.

Baca juga: Jenis Piramida EkologiWujud Zat.

  • Biomassa Daratan

piramida biomassa daratanBentuk dari piramida biomassa daratan adalah piramida tegak mengerucut ke atas. Biomasssa berkurang seiring dengan pergerakan menuju tingkat tropik yang tinggi. Umumnya untuk membangun biomassa baru hanya menggunakan 10%. Sisanya 90% dipergunakan untuk proses metabolik yang dilepaskan sebagai panas.

Biomassa tertinggi diduduki oleh produsen seperti pohon, rumput, semak, perdu. Sedangkan tingkat tropik kedua terdiri atas organisme heterotrof seperti herbivora yang diikuti karnivora primer dan karnivora sekunder. Biomassa terendah diduduki oleh predator tertinggi seperti elang dan singa.

Contoh pola rantai makanan dari biomassa tertinggi (paling bawah) ke atas di padang rumput subtropis:

Rerumputan (produsen) → belalang atau bison (konsumen) → singa (predator)

Baca juga: Ekologi Laut Tropis.

  • Biomassa Lautan

piramida-biomassa-terbalikBentuk dari piramida biomassa laut berbanding terbalik dengan piramida biomassa darat. Melebar ke atas, mengerucut kecil ke bawah. Makin tinggi tingkat tropik makin besar biomassanya. Penyebabnya produsen utama fitoplankton berukuran sangat kecil dan mampu berkembang biak dengan cepat.

Pola rantai makanan dari biomassa terendah hingga tertinggi:

Fitoplankton → zooplankton → hewan penyaring → ikan predator

Fitoplankton merupakan produsen primer yang mampu berfotosintesis yang mengubah karbon anorganik menjadi protoplasma. Kemudian protoplasma dikonsumsi oleh zooplankton. Yang kemudian di konsumsi ikan predator.

  • Biomassa Bakteri

Menurut penelitian total biomassa bakteri di bumi setara dengan biomassa tanaman. Bahkan ada yang menyebutkan setara dengan gabungan biomassa tumbuhan dan hewan. Jumlah yang diperkirakan 5 x 10³. Sel bakteri dalam 1 gram tanah diperkirakan berjumlah 40 juta dan satu juta sel per 1 mililiter air tawar.

Sponsors Link

Laju Produksi Global Biomassa Primer

Produksi primer yang dihasilkan melalui proses fotosintesis dapat diamati oleh satelit dengan memindai NDVI (normalized difference vegetation index) dengan memindai kadar klorofil baik di daratan maupun di lautan. Hasilnya karbon organik yang dihasilkan daratan adalah 56,4 miliar ton per tahun, sedangkan yang dihasilkan lautan sebear 48, 5 miliar ton karbon organik per tahun. Total produksi fotoautotrof karbon di bumi mencapai 104, 9 miliar ton.

Baca juga: Ekologi LanskapSinekologi.

Kelebihan dan Kekurangan Piramida Biomassa

  • Kelebihan: mampu menunjukan hubungan kuantitatif massa organisme (biomassa) dalam ekosistem yang tidak dapat diamati dengan piramida jumlah.
  • Kekurangan: tidak memuaskan karena memerlukan banyak waktu dan alat, bentuknya berubah-ubah karena tergantung pada iklim dan sebagian energi akan hilang untuk respirasi yang masuk ke biosfer, hanya menjelaskan jumlah biomassa tanpa adanya penjelasan yang diambil dari laju pembentukan biomassa. Misalnya jumlah bakteri lebih besar daripada jumlah mamalia, akan tetapi pemanfaatan energi kedua kelompok tersebut pada dasarnya sama besarnya.

Demikian penjelasan mengenai piramida biomasa di dunia. Semoga menambah wawasan yang bermanfaat bagi kita semua.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ekologi