Sponsors Link

Cara Perkembangbiakan Pohon Pisang Terlengkap

Sponsors Link

Dunia tumbuhan merupakan salah satu dunia yang bisa dikatakan memiliki banyak “penghuninya”. Ada banyak sekali jenis tumbuhan yang bisa kita temukan. Bahkan bisa dikatakan masih banyak pula jenis tumbuhan yang belum teridentifikasi dan belum diketahui secara pasti fungsi dan manfaatnya. Karena hal itulah dunia tumbuhan merupakan salah satu dunia yang masih penuh misteri. Tumbuhan sendiri memiliki beragam jenis dan beragam sifat yang berbeda satu dengan yang lain. Ada tumbuhan yang memang telah ditemukan manfaatnya dan dapat mendukung kehidupan manusia. Tumbuhan seperti ini memang sangat umum untuk ditemukan, salah satu contohnya adalah Pisang. Salah satu Tumbuhan yang telah sangat umum dengan banyak manfaat yang dimilikinya.

ads

Ada banyak hal yang berhubungan dengan pisang dan wajib untuk kita ketahui. Informasi yang mungkin sebelumnya dianggap biasa saja, namun pada dasarnya informasi tersebut merupakan salah satu hal yang cukup penting. Kali ini kita akan membahas mengena cara perkembangbiakan pohon pisang, serta beberapa hal penting yang bisa kalian ketahui. Beberapa hal yang harus kalian ketahui seperti

Sebelum kita beranjak lebih jauh maka ada sebuah hal yang harus kita ketahui terlebih dahulu. Hal ini berhubungan dengan penempatan kata “pohon” untuk Pisang, sebenarnya kurang pas dan kurang tepat. Hal ini dikarenakan salah satu syarat utama suatu tumbuhan dapat disebut sebagai pohon, haruslah memiliki jaringan kayu atau bisa disebut juga dengan kambium. Sedangkan sebagaimana yang kita ketahui, bahwa Pisang merupakan salah satu tumbuhan yang tidak memiliki kambium sama sekali.

Penyebutan dan penempatan kata pohon inilah yang terkadangan membuat banyak kekeliruan. Meskipun, ada juga yang menyatakan bahwa pohon pisang tergolong kedalam pohon semu. Artinya pohon yang tidak memiliki batang sejati seperti layaknya pepohonan yang lain. Jika kita perhatikan seksama, perkembangan dan pertumbuhan batang pisang itu sendiri berasal dari lapisan-lapisan pelepah pisang. Hal tersebut bisa dikatakan lumayan mirip dengan kondisi dari bawang merah yang berlapis-lapis.

Pisang sendiri merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat terhadap kehidupan manusia. Beragam jenis manfaat dan kegunaan telah dapat ditemukan dari tumbuhan yang satu ini. Manfaat yang didapat tak hanya berasal dari buahnya saja, namun juga berasal dari daunnya dan batangnya. Daun pisang dapat kita manfaatkan untuk bahan pembungkus makanan. Sedangkan batang pisang bagian dalam, di beberapa daerah dapat dimasak menjadi sayur yang cukup nikmat dan terkenal. Maka tak mengherankan jika Pisang merupakan salah satu jenis komoditi tanaman yang bisa dikatakan banyak penikmatnya. Selain itu kandungan gizi, mineral dan vitamin yang terdapat dalam buah pisang sendiri juga sangat banyak jenisnya.

Pisang sendiri merupakan salah satu tumbuhan yang berasal dari suku Musaceae. Secara lengkap, taksonmi dari pisang berupa:

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Liliopsida
  • Ordo : Musales
  • Kelas : Musaceae
  • Genus : Musa

Pisang merupakan sebuah tanaman yang banyak ditemukan di berbagai pekarangan yang dapat tumbuh secara bebas. Sangat jarang kita temukan adanya perkembunan yang memang menyediakan lahan secara khusus untuk dapat ditanami dan digunakan sebagai lahan perkembangbiakan dari Pisang itu sendiri. Kecuali beberapa jenis pohon pisang yang memang secara sengaja dibudidayakan dan diperjualbelikan dalam jumlah besar. Perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan bisa dilihat pada pohon pisang. Selain itu proses perkembangbiakan dari pisang sendiri tak memang tidak terlalu sulit. Hal inilah yang menyebabkan tanaman yang satu ini menyebar sangat cepat dan memiliki area persebaran yang sangat luas.

Pisang merupakan salah satu jenis tumbuhan yang melakukan proses perkembangbiakan menggunakan tunas. Biasanya tunas ini akan kita temukan berada di sekitar indukan yang ada. Tunas yang muncul ini sendiri merupakan sebuah individu baru dan sangat berbeda dari indukan yang ada. Meskipun pisang memiliki biji, namun perkembangbiakan yang lebih banyak dilakukan adalah dengan cara menanam tunas yang tumbuh disekitar pohon utama.

Satu pohon indukan pisang sendiri, dapat memiliki lebih dari satu buah tunas yang dapat muncul. Namun munculnya tunas ini sendiri tidak selamanya ada. Biasanya dalam kurun waktu tertentu saja batang indukan akan memunculkan tunas yang dapat diambil. Tapi, dalam beberapa kasus terkadang tunas juga muncul pada indukan yang sudah dalam kondisi mati. Kondisi tersebut akan semakin membuktikan bahwa tunas yang muncul adalah sebuah individu mandiri yang terlepas secara penuh dari individu indukan yang ada.

Pengambilan dan penanaman tunas dari pohon pisang sendiri tidak terlalu sulit. Kita hanya perlu mengambil tunas tersebut dari batang induk. Bisanya bagian bawah tunas ini akan menyambung dengan batang indukan. Namun, pada waktu tertentu tunas tersebut akan terpisah secara alami dan menjadi individu baru. Dalam hal ini, penurunan sifat akan jauh lebih mirip dengan indukan utama.

Itu tadi beberapa informasi mengenai cara perkembangbiakan pohon pisang yang bisa kita ketahui. Pisang memang merupakan tumbuhan yang bisa dikatakan cukup mudah untuk dibudidayakan. Selain itu, manfaat yang dimiliki oleh pisang sendiri memang cukup banyak. semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan