Sponsors Link

Pengertian dan Contoh Hewan Nokturnal yang Hidup di Air

Sponsors Link

Hewan noktural adalah hewan yang tidur pada siang hari dan aktif berburu serta mencari mangsa pada malam hari, hewan ini memiliki indera penglihatan, pendengaran dan penciuman yang sudah dirancang untuk dapat melakukan aktifitas aktif dan mencari mangsa pada malam hari. Hewan noktural yang hidup di darat seperti : kucing, kelelawar, burung hantu, jangkrik dan tikus. Binatang tersebut tidur atau beristirahat pada siang hari dan berburu mangsa atau makannya pada malam hari.

ads

Untuk mengurai persaingan berburu mangsa di siang hari dan menghindari diri dari serangan predator hewan, serta mengoptimalkan kemampuan pendengaran, penglihatan, dan penciuman mereka pada malam hari. Namun siapa sangka, hewan noktural tidak hanya hidup di darat saja, adapula hewan noktural yang hidup didaerah perairan.  Berikut profil singkat hewan nokturnal yang hidup di air seperti:

1. Belut

Binatang seperti belut banyak kita temukan di perairan, pesawahan, rawa-rawa dan daerah berlumpur lainnya. Binatang ini membuat lubang dan bersembunyi pada siang hari, dan belut akan keluar pada malam hari untuk mencari makanannya.

2. Kepiting Bakau

kepiting bakauKepiting merupakan bagian dari fillum Antrhopoda (hewan yang tidak bertulang belakang), hewan ini banyak kita temukan didaerah perairan, dan laut. Kepiting memangsa makanannya menggunakan capit untuk menghancurkan dan mencacah makanannya setelah itu baru memakannya. Jenis kepiting yang aktif bergerak pada malam hari dan pasif pada malam hari adalah: Hermit crab, Mud lobster, dan kepiting bakau.

3. Ikan Longnose Gar

 Longnose Gar

 

Ikan ini aktif berburu mencari mangsa pada malam hari, ikan ini juga memiliki mulut moncong yang panjang sehingga berfungsi untuk menerkam mangsanya dari kejauhan.

 

4. Ikan Piranha Merah

ikan piranha merah

 

Jenis ikan ini banyak sekali kita jumpai di pasar-pasar yang menjajakan ikan hias. Namun siapa sangka ikan ini adalah sejenis hewan noktural yang aktif berburu mulai sore hari sampai dengan pagi hari. Ikan ini biasa berburu: cacing, sirip ikan, ikan kecil, siput, dan beberapa tanaman air.

 

5. Ikan Air Payau

Ikan jenis ini sering melakukan pemburuan hewan kecil lain seperti siput, ikan, dan udang-udangan pada malam hari. Ia melakukan penyembunyian diri di dekat tanaman air dan akan menyergap mangsa yang ada di dekatnya.

6. Genus Polypterus

polypterusIkan ini tergolong hewan yang pasif berburu pada siang hari dan cenderung aktif mencari mangsa pada malam hari. Makanan atau mangsa yang paling sering diburu oleh ikan ini adalah: udang-udangan, potongan lele, dan cacing.

 

Sponsors Link

7. Catfish (Ikan Lele)

Siapa sangka ikan yang paling sering kita jumpai disekitar kita adalah jenis hewan yang noktural artinya mereka aktif mencari makan pada malam hari dan pasif pada siang hari. Ikan dengan jenis ini cenderung menyukai makanan yang sudah mati.

8. Ikan Wolf Fish

ikan wolfishIkan jenis ini aktif pada malam hari dan tidur pada siang hari. Ikan wolf fish ini memiliki kemampuan penglihatan yang tajam sehingga ia dapat melakukan penyergapan terhadap mangsanya meski dalam kondisi sedikit cahaya. Ikan ini menyukai makanan yang sudah mati ataupun yang hidup seperti udang-udangan, dan ikan-ikan kecil.

 

Demikian 8 hewan  nokturnal yang hidup aktif pada malam hari dan tidur atau pasif pada siang hari. Semoga informasi dan sedikit pembahasan diatas dapat memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan pembaca sekalian.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Hewan