Sponsors Link

10 Fungsi Air Bagi Tubuh Manusia

Sponsors Link

Air adalah komponen penting dalam kehidupan manusia dan air memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak sumber air bersih dan sumber mata air jernih kini banyak dimanfaatkan oleh perusaan besar untuk membangun produk air mineral. Sumber mata air bersih memang memiliki peranan penting bagi manusia, karena jika mengandalkan air sungai sangatlah tidak baik bagi kesehatan dan kebanyakan air sungai dibersihkan dengan menggunakan kaporit atau penjernih air.

ads

Fungsi air sangatlah banyak dan sebaiknya gunakanlah air dengan cara yang benar. Berikut ini adalah beberapa fungsi air bagi tubuh manusia:

1. Memperlancar pencernaan

Ketika anda beraktivitas sehari-hari tentu memerlukan energi yang sangat besar dan seringkali mengalami kondisi capek yang berlebih. Hal ini biasanya diatasi dengan meminum air putih dan air juga dapat memperlancar proses pencernaan makanan pada manusia, karena dengan bantuan air makanan akan mudah untuk masuk kedalam tubuh. Dengan minum air putih dengan rutin anda bisa terhindar dari berbagai penyakit pencernaan seperti sariawan, gusi berdarah dan sakit gigi. Rutinlah minum air putih seriap hari agar kesehatan terjaga dan semua penyakit yang akan menyerang menjauh.

2. Stabilkan suhu tubuh

Minum air putih memang sangatlah mudah, karena air putih banyak tersedia di mana-mana dan sistem organ manusia akan berjalan lancar dengan adanya bantuan air putih yang masuk kedalam tubuh. Suhu tubuh yang mengalami kekurangan cairan akan sulit untuk menjalankan aktivitas dengan baik dan mengantuk menjadi salah satu hal yang sering dirasakan oleh orang yang malas untuk minum. Minumlah air putih dengan porsi yang cukup, karena bila kebanyakan akan menimbulkan kembung dan perut akan merasakan sakit yang luar biasa.

3. Metabolisme Tubuh

Minum air putih dapat membuat semua jaringan penyusun tubuh manusia berjalan dengan baik, karena metabolisme akan terjadi secara normal dan hal ini seringkali dianggap remeh oleh sebagian orang, padalah proses metabolisme dalam tubuh memiliki peranan yang sangat penting. Daya tahan tubuh juga akan sangat terganggu bila metabolisme tidak berjalan dengan baik dan air putih juga dapat membuat tenaga manusia menjadi kuat. Sebaiknya rutin minum air putih yang telah di olah terlebih dahulu supaya lebih sehat dan terbebas dari bakteri.

4. Membersihkan tubuh

Dengan air manusia bisa membersihkan tubuhnya dari berbagai bakteri dan dapat menghilangkan berbagai kuman yang menempel di badan setelah seharian melakukan aktivitas. Air yang paling baik digunakan untuk mandi adalah air yang berasal dari gunung langsung dan air yang berasal dari sumur. Kini banyak air yang telah mengalami proses penjernihan air secara kimia dan sebaiknya hal ini dihindari, karena proses penjernihan bisa menimbulkan sebuah efek samping. Dengan air manusia bisa merawat diri dengan baik dan tidak malu untuk melakukan sosialisasi dengan orang lain.

5. Tercegah dari bau napas

Nafas yang bau menjadi salah satu hal yang dibenci banyak orang, karena dengan hal ini seseorang seringkali kehilangan percaya diri dan dijauhi oleh teman-temannya. Bau mulut bisa dicegah dengan rutin konsumsi air putih dan janganlah banyak konsumsi minuman yang memiliki rasa, karena berbahaya bagi kesehatan. Air putih juga bisa menghindarkan semua gangguan pada sistem pernapasan dan kendala bau mulut yang dimiliki seseorang akan hilang dengan banyak minum air. Air putih juga bisa menghindarkan berbagai penyakit yang sering menyerang pernapasan.

6. Tingkatkan nafsu makan

Manusia seringkali mengalami kondisi sulit makan dan dengan kurangnya nafsu makan akan berdampak pada berat badan yang turun drastis. Hal ini sangat membahayakan kesehatan tubuh dan salah satu langkah pencegahannya adalah dengan banyak minum air putih, karena dengan air putih semua organ-organ pencernaan manusia dapat bekerja dengan baik. Nafsu makan akan terangsang dengan baik, karena semua bakteri dan kuman yang dapat hilang dengan air putih. Tak hanya itu air putih juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan perncernaan.

7. Mencegah sakit kepala

Sakit kepala adalah salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia dan banyak faktor yang menyebabkan sakit kepala seperti berpikir keras. Sakit kepala juga bisa disebabkan dari organ-organ pernapasan yang tidak berjalan dengan baik dan dengan mengkonsumsi air putih dapat mencegah terjadinya sakit kepala. Air putih menjadi salah satu minuman yang sangat mudah untuk didapatkan dan untuk mencari air putih yang lebih higienis bisa juga di dapatkan di supermarket dan minimarket terdekat, ada banyak merk air putih yang tersedia.


8. Hindarkan dehidrasi

Dehidrasi adalah salah satu penyakit kekurangan cairan yang sering dialami manusia dan hal ini sering terjadi karena kondisi cuaca yang panas. Semakin panas suhu suatu wilayah, maka akan semakin besar pula potensi seseorang terkena dehidrasi dan dengan air putih dehidrasi bisa dicegah ataupun dikalahkan. Sebaiknya jangan terlalu banyak minum air yang dicampur dengan gula seperti teh manis, karena bisa menimbulkan penyakit diabetes yang sampai saat ini sangat sulit untuk disembuhkan dan air putih adalah salah satu hindarkan dehidrasi.

9. Hindarkan Batu Ginjal

Air juga memiliki fungsi untuk mengencerkan kandungan garam serta mineral yang terdapat pada urine dan hal ini menjadi penyebab terjadinya batu ginjal. Jadi dengan jarang minum air putih seseorang akan mudah terserang batu ginjal dan air putih dapat mencegah batu ginjal jika dikonsumsi secara rutin. Kinerja ginjal juga akan baik bila asupan airnya terproses dengan baik dan salah satu penyebab ginjal rusak adalah kurangnya air putih yang masuk dalam tubuh. Berbagai kotoran yang masuk dalam tubuh akan dapat dihindarkan dengan baik oleh air putih.

10. Cegah sakit pinggang

Banyak orang yang mengalami sakit pinggang dan salah satu penyebabnya adalah karena terlalu banyak duduk saat bekerja. Contohnya karyawan kantoran akan bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama dan hal ini seringkali menyebabkan pinggang serta persendian lain menjadi sakit. Salah satu langkah pencegahan sakit pinggang adalah dengan rutin minum air putih, karena air putih akan membuat tubuh menjadi lebih kuat dan semua penyakit yang berhubungan dengan persendian akan tercegah dengan baik.

Demikian ulasan lengkap mengenai fungsi air bagi tubuh dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,



Oleh :
Kategori : Biologi
Search
Belajar Online Gratis

Ternyata banyak sekali orang-orang pintar dari Indonesia yang berhasil menciptakan sesuatu dan diakui oleh Internasional. Berikut ini daftar ilmuwan dengan ciptaannya yang fungsi dan temuannya diakui oleh banyak negara di dunia.