Sponsors Link

2 Cara Mengatasi Kelebihan Nitrogen Pada Tanaman

Sponsors Link

Tanaman adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan hubungan manusia dengan tanaman tidak bisa dilepaskan, karena manusia membutuhkan tanaman untuk mempertahankan hidupnya. Banyak sekali tanaman yang bermanfaat bagi manusia secara langsung seperti tanaman padi, timun, cabe, terong, bayam, wortel, kol dan tanaman lainnya. Semua tanaman memiliki rasa yang berbeda dan memiliki keunikannya masing-masing. Kini semua masyarakat sangat dimudahkan mendapatkan hasil tanaman, karena bisa di belai di pasar tradisional, supermarket, minimarket dan berbagai tempat belanja lainnya.

Tak hanya itu harga jual tanaman pun tak terlalu tinggi, karena disesuaikan dengan biaya yang dimiliki masyarakat dan bila ada kenaikan itupun di hari-hari yang penting seperti lebaran dan natal. Kini para petani tanaman apapun tak perlu takut lagi dengan pemasaran, karena sudah banyak petani yang menggunakan cara online untuk memasarkan tanaman. Tak hanya itu untuk mempercepat proses pertumbuhan tanaman bisa dilakukan dengan banyak cara dan salah satu cara yang populer adalah dengan menggunakan bantuan nitrogen.

Nitrogen memiliki peranan untuk membentuk klorofil, menjaga organisme penyubur tanah, menyediakan kandungan protein, menjadi zat penyusun protein, penyedia asam amino, mempercepat proses pertumbuhan tanaman, menjaga kandungan zat amonia dan berbagai peranan lainnya. Mengingat banyaknya peranan yang dimiliki nitrogen menjadikan nitrogen sangat dibutuhkan tanaman dan pemberian nitrogen harus dilakukan dengan takaran yang jelas. Dengan memberikan nitrogen dengan jumlah banyak, maka akan menjadikan sebuah dampak negatif yang tentunya sangat merugikan bagi para petani.

Ada banyak dampak yang akan diperoleh tanaman jika penggunaan nitrogen terlalu banyak seperti terhambatnya pertumbuhan tanaman, warna daun akan layu, daun juga akan menjadi kering, jika terlalu para tanaman akan mati, buah yang dihasilkan sangatlah jelek, rasa buah juga tidak seperti biasa, warna buah menjadi tidak jelas dan lain-lain. Pada saat pemberian nitrogen sebaiknya lakukanlah dengan takaran yang jelas atau konsulasikan dulu hal ini ke penyuluh pertanian yang lebih paham mengenai seluk beluk pertanian. Jangan biarkan kondisi seperti ini bertahan dalam waktu lama, karena akan menyebabkan gagal panen.

Nitrogen adalah salah satu unsur kimia yang bisanya dilambangkan dengan N dan nitrogen sangat berguna bagi tumbuh kembang tanaman. Tanaman sangat membutuhkan nitrogen untuk perkembangannya dan peran nitrogen sangatlah penting, karena bisa membantu berbagai proses yang terjadi pada suatu tanaman. Ada berbagai cara mengatasi tanaman yang memiliki kelebihan nitrogen dan hal ini harus diatas dengan sangat baik agar tidak menimbulkan masalah baru. Berikut ini adalah cara mengatasi kelebihan nitrogen pada tanaman:

1. Pencucian

Pencucian media tumbuh atau disebut juga leaching menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kandungan nitrogen dalam suatu tanaman dan banyak yang berpendapat bahwa langkah ini juga menjadi cara untuk menghilangkan unsur hara. Pemberian nitrogen yang terlalu banyak akan mengakibatkan tanaman menjadi tidak tumbuh sempurna dan dapat berdampak pada matinya tanaman.

Tanaman yang ditanam dalam pot menjadi tanaman yang sangat mudah untuk diatasi saat kebanyakan nitrogen dan daun yang terbakar serta warnanya yang semakin kuning. Cara mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan menyiramkan air sebanyak-banyaknya ke dalam pot dan biarkan pot sampai tergenang air, hal ini dilakukan sampai air keluar dengan sendirinya melalui lubang pot. Langkah ini perlu dilakukan secara berulang-ulang sampai nitrogen habis dan saat melakukan langkah ini jangan melakukan pemupukan yang lainnya.

Untuk tanaman yang yang ditanaman yang ditanah langsung memang lumayan sulit, namun bisa dicoba dengan cara memangkas daun yang sudah terganggu atau mau mati dan genanglah tanaman dengan air, hal ini dilakukan untuk mengusir hara. Lakukanlah penggenangan selama 1 sampai 2 menit dan setelah itu lepaskanlah genangan air dengan cara membuka paritnya. Cara lain yang banyak digunakan para petani tradisional adalah dengan melakukan penyiraman air sebanyak-banyaknya dan lakukan cara ini hingga 2-3 kali saja.

2. Ganti media

Pada saat menanam tumbuhan dalam pot tapi kelebihan dalam pemberian nitrogen bisa diatasi dengan mengganti media tumbuh dan ubahlah media tumbuh ke media lainnya. Ganti semua tumbuhan yang mengering atau mati dengan cara di pangkas atau digunting menggunakan gunting rumput. Pada tanaman proses daur nitrogen memang tidak terlihat dengan jelas, namun memberikan sebuah dampak terhadap tumbuh kembang tanamannya.

Gali semua media tumbuh yang telah dilakukan pada awal penanaman dan isilah dengan mediat tumbuh yang lain. Keluarkan semua tanah yang sebelumnya dipakai, kemudian ganti dengan tanah yang lebih baru dan dengan cara ini pemberian nitrogen pada tanaman akan sangat terkontrol. Nitrogen memang wujud zat yang tidak terlihat secara langsung, namun dampaknya terhadap tanaman sangatlah besar.

Setelah proses selesai siramnya tanaman dengan air secukupnya dan tunas baru akan muncul dengan baik. Dapat dipastikan dengan pemberian pupuk yang baik semua hal yang berkaitan dengan pemberian pupuk akan terkontrol. Untuk tanaman yang ditanam di kebun prosesnya hampir sama, namun sangat membuat repot para petani dan membuat petani menjadi bekerja 2 kali. Hal ini penting dilakukan agar pertumbuhan tanaman akan baik dan normal. Nitrogen memang menjadi faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang sengaja di tanam.

Kesimpulan dari semua bahasan diatas adalah perlunya peranan nitrogen dalam proses tumbuh kembang tanaman, haruslah dibarenggi dengan ilmu pengetahuan yang cukup mengenai cara penggunaannya dan hal ini perlu dilakukan untuk mencegah berbagai hal yang tidak diinginkan seperti berbagai dampak yang dijelaskan diatas. Nitrogen untuk tanaman tidak boleh kekurangan dan tidak boleh kelebihan, karena hal ini sangat membahayakan bagi kesehatan tanaman. Lakukanlah 2 langkah-langkah diatas untuk mengatasi tanaman yang kelebihan nitrogen dan ikutilah semua tahapannya.

Hal ini juga bisa dikonsultasikan dengan para penyuluh pertanian yang diusut langsung oleh pemerintah untuk memperbaiki berbagai hal yang berkaitan dengan pertanian dan dengan cara konsultasi, para penyuluh akan memberikan saran terbaiknya.

Demikian ulasan lengkap mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan cara mengatasi kelebihan nitrogen pada tanaman dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya serta menjadi referensi yang terbaik.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan