Sponsors Link

7 Jenis Sumber Daya Alam di Pulau Kalimantan

Sponsors Link

Kalimantan adalah salah satu pulau terbesar yang ada di Indonesia dan pulau ini memiliki banyak sekali sumber daya alam. Kalimantan memang terkenal sebagai penghasil tambang yang sangat besar, namun masih banyak lagi sumber daya alam lainnya di kalimantan. Kawasan hutan yang sangat luas, membuat kalimantan sangat berlimpah akan kayu dan pemanfaatan yang baik, akan membuat kekayaan alam terjaga dengan baik. Eksploitasi hasil hutan yang berlebihan, akan berdampak pada kerusakan lingkungan dan bisa menimbulkan berbagai bencana alam. Pulau kalimantan juga populer dengan berlimpahnya sungai dan setiap sungainya memiliki keunikan.

Pada dasarnya masyarakat kalimantan bisa hidup dengan sejahtera dengan cara memanfaatkan hasil hutan, namun era teknologi yang semakin canggih membuat banyak masyarakat lokal yang merantau dan salah satu kota tujuan perantauan adalah Jakarta. Hasil hutan yang dimiliki kalimantan bisa digunakan secara berkelanjutan, apabila pengelolaannya dilakukan dengan baik dan aturan yang tegas akan membuat pelanggaran eksploitasi alam tidak ada. Pengrusakan hutan untuk kepentingan tertentu, bisa merugikan bagi masyarakat Indonesia secara keseluruhan dan bisa berdampak pada lingkungan yang ditinggali masyarakat. Pemerintah pulau kalimantan terus melakukan berbagai upaya untuk menjaga kelestarian kekayaan alam yang ada di Kalimantan.

Berikut ini beberapa sumber daya alam di Pulau Kalimantan.

1. Batu Bara

Pulau Kalimantan menjadi salah satu pulau penghasil batu bara terbesar di Indonesia dan penambangan terbesar di Kalimantan bernama KPC atau Kaltim Prima Coal. Penambangan KPC di Kalimantan berlangsung dari tahun 1982 dan kini kepemilikan tambang batu bara di Sangatta dimiliki oleh PT Bumi Resources Tbk. Batu bara di pulau Kalimantan sangatlah menguntungkan dan membantu meningkatkan pendapatan negara setiap tahunnya. KPC menjadi salah satu perusahaan batu bara terbesar di Indonesia dan KPC memiliki banyak sekali jumlah pegawai, mulai dari karyawan perusahaan sampai dengan karyawan kontraktor. Batu bara di Kalimantan bisa cepat habis, apabila pengawasan pemerintah dari proses eksploitasi tidak berjalan dengan baik.

2. Bauksit

Pada dasarnya Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak sekali kandungan bauksit dan pulau Kalimantan memiliki jumlah bauksit yang berlimpah. PT Antam menjadi perusahaan yang mengelola tambang bauksit di Kalimantan dan salah satu lokasi tambangnya tidak jauh dari jembatan Kapuas Tayan. Berdasarkan berbagai jenis metode penelitian, penambangan yang dilakukan dengan cara yang benar akan memperkecil kerusakan alam dan lubang tambang bekas galian harus direklamasi dijadikan hutan kembali. Proses penambangan bisa berlangsung lama, begitu pun proses pemulihan lingkungannya dan pihak pemerintah Kalimantan melakukan berbagai peraturan yang harus diikuti perusahaan pengelola tambang bauksit.

3. Besi

Kalimantan menjadi salah satu pulau penghasil besi berkualitas dan potensi bijih besi di Kalimantan tersebar di berbagai wilayah. Besi memiliki banyak sekali manfaat untuk kehidupan masyarakat, karena besi digunakan untuk berbagai keperluan dan jumlah penambang besi di Kalimantan terbilang lumayan banyak. Besi menjadi benda yang keras, karena hanya bisa dipotong dengan berbagai benda khusus dan besi sering ditemukan di rumah-rumah untuk pagar. Besi bisa bertahan dalam waktu yang lama, maka tak heran banyak orang yang menggunakannya dan besi juga menambah kesan elegan pada suatu rumah atau bangunan mewah lainnya.

4. Kayu Hutan

Kalimantan menjadi pulau yang punya kawasan hutan sangat luas dan kalimantan menjadi kawasan penghasil kayu terbesar di Indonesia. Pedalaman kalimantan menyimpan banyak sekali jenis kayu dan ada berbagai hewan langka yang dilindungi di indonesia, namun keberadaannya di hutan kalimantan. Hutan kalimantan memiliki banyak jenis kayu hutan dan kualitas kayu yang dihasilkan sangatlah bagus. Banyak pohon yang sudah hidup dalam waktu ratusan tahun dan saat ditebang menghasilkan kayu yang sangatlah kuat. Kayu jati menjadi salah satu jenis kayu hutan yang dihasilkan di hutan kalimantan dan jati memiliki harga jual yang sangat tinggi, sehingga menjadi sumber daya alam kalimantan yang bermanfaat bagi banyak pihak.

5. Rotan

Rotan adalah hasil bumi yang bermanfaat untuk masyarakat, karena rotan bisa digunakan untuk banyak hal dan Kalimantan menjadi kawasan penghasil rotan dengan kualitas yang baik. Rotan seringkali disulap menjadi kerajinan dengan harga jual yang tinggi dan proses pembuatan kerajinan dengan rotan memerlukan keahlian khusus. Kerajinan khas Kalimantan sudah menyebar ke berbagai daerah di indonesia dan gerak pemerintah dalam menyelamatkan sumber daya alam rotan sudah sangat baik, karena rotan bisa didaur ulang dengan proses yang tidak terlalu panjang. Banyak masyarakat yang hidup dari profesi pembuatan kerajinan tangan dan keberadaan rotan sangatlah penting di Kalimantan, untuk menopang kehidupan banyak masyarakatnya.

6. Minyak Bumi

Indonesia menjadi negara yang memiliki banyak sekali jumlah alat transportasi darat dan pembatasan kepemilikan kendaraan tidak diatur dengan jelas, karena setiap masyarakat bisa punya banyak kendaraan darat seperti mobil dengan motor. Kendaraan pasti membutuhkan minyak bumi untuk bisa melaju dan Kalimantan menjadi pulau penghasil minyak bumi dalam jumlah besar. Minyak bumi sangat menopang perekonomian masyarakat Kalimantan dan ada beberapa perusahaan tambang minyak bumi yang beroperasi di Kalimantan. Peranan minyak bumi dalam keseharian sangatlah tinggi, tak heran minyak bumi akan cepat habis dan proses penanggulangan minyak bumi harus membutuhkan waktu yang lama.

7. Emas

Pulau Kalimantan juga menjadi penghasil emas yang berkualitas dan ada beberapa perusahaan tambang yang sejak lama berkuasa di kalimantan untuk menghasilkan emas. Emas yang seringkali dijadikan perhiasan, bisa dibentuk dengan proses yang cepat dan emas perhiasan di Indonesia memiliki beberapa kategori harga serta kualitas. Emas yang dihasilkan di kalimantan juga laku di pasar dunia dan seringkali diperjualbelikan dengan pihak asing. Emas menjadi sumber daya alam yang sulit diperbaharui, namun bisa diekploitasi dengan sangat cepat dan penambang emas di Kalimantan sangatlah banyak. Emas dengan kualitas bagus memiliki proses pengolahan yang panjang dan proses pengolesan dilakukan secara perlahan.

Demikian ulasan lengkap mengenai sumber daya alam di pulau kalimantan dan semoga artikel yang dihasilkan memberikan banyak manfaat bagi penggunanya.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Geografi