Sponsors Link

Unsur Lingkungan Biotik Berdasarkan Fungsi dan Tingkatan Organisme

Sponsors Link

Unsur biotik disebut juga unsur hayati yang berarti hidup. Jenis unsur biotik yaitu manusia, tumbuhan dan hewan. Lingkungan biotik merupakan lingkungan yang meliputi semua organisme hidup di bumi. Unsur lingkungan biotik dalam suatu ekosistem meliputi semua organisme baik manusia, tumbuhan maupun hewan baik yang makro maupun mikro yang berinteraksi satu sama lain. Berikut ini penjelasan mengenai unsur lingkungan biotik.

ads

Unsur Lingkungan Biotik Menurut Peran dan Fungsinya

unsur lingkungan biotik1. Produsen

Organisme yang mampu mengubah bahan anorganik di lingkungan menjadi susunan senyawa organik berupa makannya sendiri. Proses tersebut hanya bisa dilakukan oleh tumbuhan berklorofil melalui proses fotosintesis.

Karena prosesnya membuat makanan sendiri tanpa bantuan organisme lain hanya membutuhkan matahari maka organisme ini disebut autotrof. Contoh produsen:

  • Tumbuhan hijau: memiliki daun yang berklorofil.
  • Fitoplankton: organisme perairan laut berupa plankton yang mirip dengan tumbuhan seperti alga.
  • Perifiton: tumbuhan yang melekat di dasar laut seperti lumut (Baca juga: Ciri-Ciri Tumbuhan Lumut)

2. Konsumen

Organisme pada tingakatan ini dikenal dengan heterotroph yaitu organisme dalam pemenuhan kebutuhannya bergantung pada organisme lain karena tidak dapat membuat makanannya sendiri. Golongan konsumen berdasarkan jenis makanannya:

  • Herbivora: hewan pemakan tumbuh-tumbuhan
  • Karnivora: hewan pemakan daging
  • Omnivora: hewan pemakan segala baik tumbuhan maupun hewan

Jenis Konsumen menurut tingkatannya:

  • Konsumen primer: Pemakan produsen (semua bangsa herbivora dan sebagian omnivora) seperti kambing, sapi, kelinci.
  • Konsumen sekunder: Pemakan konsumen primer (sebagian karnivora dan omnivora) seperti katak, ular, harimau.
  • Konsumen tertier: Pemakan konsumen sekunder (sebagian karnivora dan omnivora) seperti hiu, gurita, elang.

3. Dekomposer (pengurai)

Organisme yang menguraikan bahan organik yang sudah mati menjadi unsur hara yang dapat dipergunakan produsen. Contoh: Bakteri pembusuk dan jamur.

4. Detrifora

Organisme pemakan partikel organik berupa hancuran jaringan hewan atau tumbuhan yang melapuk. Contoh: cacing tanah, siput, lipan, keluwing. Peristiwa makan dimakan antar tingkatan makhluk hidup tersebut disebut dengan rantai makanan. Baca juga: Perbedaan Rantai Makanan dan Jaring-jaring Makanan.

Sponsors Link

Unsur Lingkungan Biotik Tingkatan Organisme Makhluk Hidup

1. Individu

Organisme tunggal seperti seorang manusia, seekor hewan dan sebatang pohon atau tumbuhan. Setiap jenis individu memiliki caranya sendiri untuk mempertahankan diri dalam mengatasi masalah hidup. Cara bertahan hidup dengan bentuk struktur dan tingkah laku disebut adaptasi. Selain manusia setiap tumbuhan dan hewan pun memiliki nama dengan spesies tertentu untuk membedakan dengan penamaan yang dikenal dengan binomial nomenklatur.

2. Populasi

Populasi dalam bahasa latin disebut penduduk. Populasi merupakan kumpulan individu sejenis dalam satu area dan waktu tertentu. Karakter populasi tersebut berupa kepadatan dan perubahan kepadatan yang dipengaruhi oleh kelahiran, kematian dan migrasi. Untuk mengetahui jumlah populasi dalam suatu wilayah diperlukan sensus atau pendataan. Perhitungan populasi berupa jumlah individu atau spesies per satuan luas wilayah, sedangkan untuk organisme yang hidup di air umumnya digunakan per meter kubik atau liter.

Sponsors Link

3. Komunitas

Komunitas merupakan gabungan dari populasi yang hidup di daerah tertentu dalam satu waktu yang saling berinteraksi dan berpengaruh satu sama lain. Memiliki paduan yang lebih kompleks. Baca juga: Jenis-jenis Ekosistem Air Tawar.

4. Ekosistem

Interaksi antara komunitas dan lingkungan komponen didalamnya. Komponen biotik penyusun ekosistem berupa produsen, konsumen dan decomposer yang saling berhubungan dengan keragaman interaksinya satu sama lain. Baca juga: Komponen Biotik dan Abiotik.

5. Biosfer

Biosfer merupakan seluruh bio-ekosistem yang berada di dunia.setiap makhluk hidup dalam biosfer menepati lingkungan yang sesuai untuk kehidupannya yang disebut dengan habitat. Biosfer terbagi dalam beberapa bioma yang ditempati berbagai jenis biota. Baca juga: Bioma Laut.

Itulah unsur lingkungan biotik pada ekosistem. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Oleh :
Kategori : Ekologi