Sponsors Link

Dampak Penipisan Lapisan Ozon

Sponsors Link

dampak penipisan ozonLapisan ozon memiliki fungsi untuk melindungi bumi dari sinar ultraviolet yang membawa dampak buruk bagi makhluk hidup di bumi, mensstabilkan suhu agar dapat dimanfaatkan makhluk hidup di bumi. Lapisan ozon berperan penting dalam mencegah radiasi sinar ultraviolet sehingga radiasi tersebut tidak sampai ke permukaan bumi. Namun, aktivitas manusia telah menyumbang banyak pada penipisan lapisan ozon ini. Dampak yang ditimbulkan sangat merugikan, tidak hanya bagi manusia tetapi juga pada mahluk lainnya. Dampak penipisan lapisan ozon dapat diuraikan sebagai berikut :

ads
  1. Dampak pada kesehatan manusia

Penipisan lapisan ozon menyebabkan radiasi sinar ultraviolet (UV) dapat mencapai permukaan bumi. Radiasi sinar UV berdampak buruk pada kesehatan manusia. Penyakit dan masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan dari terpapar sinar UV diantaranya adalah kanker kulit, katarak, terbakar matahari (sunburn), melemahkan system ketahanan tubuh (imunitas), penuaan dini, iritasi sauran pernapasan bagi penderita kardiopulmoner yang disebabkan terlalu banyak ozon di atmosfer bawah

  1. Dampak bagi Tumbuh-tumbuhan

Banyak jenis tanaman yang sangat rentan bila terpapar pada radiasi sinar UV dan paparan berlebih terhadap sinar UV dapat menyebabkan rendahnya tingkat pertumbuhan, fotosintesis dan perbungaan. Beberapa diantaranya adalah gandum, padi, jagung, oat dan bunga kol. Hutan juga akan mengalami dampak yang sama akibat penipisan lapisan ozon ini.

  1. Ancaman pada kehidupan laut

Biota laut, terutama plankton, juga akan terpengaruh bila terpapar sinar UV berlebih. Plankton memiliki posisi yang sangat penting didalam rantai makanan perairan laut. Jika jumlah fitoplankton menurun, maka rantai makanan di perairan laut akan terpengaruh dalam banyak hal. Selain itu, beberapa biota laut akan langsung terpengaruh pada tahapan awal perkembangannya.

Meningkatnya sinar UV berlebih berakibat membunuhmikrorganisme perairan besar-besaran sehingga mengaggu keseimbangan ekosistem perairan.

  1. Dampak pada hewan

Pada hewan yang telah didomestikasi, hampir sama seperti pada manusia. Paparan berlebih sinar UV dapat menyebabkan kanker pada kulit dan mata.

  1. Dampak Bagi Lingkungan Global

Penipisan ozon meyebabkan pemanasan global.Suhu yang meningkat menyebabkan gunung es di kutub mencair. Daratan di permukaan bumi perlahan akan tenggelam.

  1. Dampak pada material tertentu

Material seperti plastik, kayu, kain dan karet akan mengalami degradasi yang akut bila terpapar sinar UV.

Sponsors Link

Upaya Pencegahan Terjadinya Penipisan Lapisan Ozon

Beberapa yang dapat kita lakukan untuk menjaga lapisan ozon adalah dengan melakukan kegiatan ramah ozon atau ozone friendly dan sosialisasi untuk mengubah perilaku manusia dimulai dari diri sendiri. Penerapan aplikasi prinsip 4R, yaitu melakukan: reduce, reuse, recycle, replace/replant. Berikut adalah upaya yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir terjadinya penipisan lapisan ozon.

  1. Pengurangan intensitas pemakaian kendaraan bermotor dan mobil karena emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan tersebut membahayakan lapisan ozon di bumi.
  2. Konversi mobil bermesin pada umumnya dengan mobil hybrid atau mesin mol emisi.
  3. Pemilihan alat pembersih rumah tangga yang ramah lingkungan.
  4. Menghindari pemakaian pestisida.
  5. Pengurangan intensitas penggunaan AC dan hair dyer karena kedua alat tersebut penyumbang gas CFC dalam jumlah banyak.
  6. Berhenti menggunakan nitrous oxide.

Itulah beberapa upaya yang daapat kita laukan untuk dapat mencegah atau meminimalisir terjadinya kerusakan pada lapisan ozon. Semoga tulisan tentang dampak penipisan lapisan ozon ini menyadarkan kita akan pentingnya mencermati penggunaan fasilitas yang menyebabkan penipisan lapisan ozon. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang ozon.

Sponsors Link
,
Oleh :
Kategori : Ekologi