Sponsors Link

Contoh Tumbukan Lenting Sempurna Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sponsors Link

Kita seringkali menyaksikan benda saling bertumbukan dalam kehidupan sehari-hari. Kehidupan kita tidak terlepas dari tumbukan. Benda yang saling bertumbukan satu sama lain bergerak saling menjauh atau diam tergantung energi dan momentum benda tersebut. Suatu tumbukan dikatakan sempurna apabila tidak ada energi yang hilang setelah tumbukan. berlaku hukum kekekalan momentum dan kekekalan energi kinetik. Nilai koefisien elastisitas pada sebuah benda yang mengalami lenting sempurna adalah 1.

ads

Contoh tumbukan lenting sempurna dalam kehidupan sehari-hari yaitu

  1. Permainan bola billiard

Bola billiard merupakan cabang olahraga yang membutuhkan konsentrasi. Terdapat dua tipe bola yaitu bola terget yang dalam keadaan diam, berarti momentumnya bernilai nol dan bola putih yang disodok agar bergerak menyentuh atau bertumbukan dengan bola target sehingga memiliki massa dan kecepatan. Bola putih akan berkurang kecepatannya setelah bertumbukan dan bola target akan bergerak dan itu berarti momentum bertambah. Perubahan momentum terhadap bola putih ke bola target tersebut diakibatkan adanya perpindahan momentum. Sehingga jumlah momentum sebelum dan sesudah tumbukan akan sama besar.

Sponsors Link

  1. Permainan bola bekel

Permainan anak-anak yang menggunakan prinsip dari momentum lenting sempurna adalah permainan bola bekel dengan memntulkan bola ke lantai. Momentum bola sebelum dan sesudah adalah sama. Sehingga berlaku hukum tumbukan lenting sempurna.

  1. Bola bisbol dan pemukulnya

Bola bisbol bersentuhan dengan tongkat pemukul yang menyebabkan terjadinya momentum. Jumlah dari momentum awal dan jumlah momentum akhir pemukuldan bola adalah sama. Momentum pemukulyang hilang akan berpindah pada bola bisbol.

  1. Peluru yang ditembakan

Peluru yang ditembakan oleh pistol mengalami jumlah momentum peluru dan pistol ke arah yang berlawanan. Ketika pistol mundur momentum awal dan akhir salin meniadakan dan sistem kedudukannya sama.

  1. Melompat dari perahu

Ketika seseorang melompat dari sebuah perahu maka akan terjadi perubahan posisi perahu dan orang tersebut yang saling  berlawanan arah. Pergerakan orang melompat kedepan akan menyebabkan perahu mundur kebelakang. Seseorang dan perahu memiliki massa dan kecepatan, sehingga memiliki momentum. Seseorang dan perahu sebelum dan sesudah bergerak akan memiliki momentum yang sama.

Sponsors Link

Contoh soal 1
Benda A bermassa 2 kg menumbuk benda  B dengan kecepatan 4 m/s berlawanan arah. Massa benda B adalah 4 kg dengan kecepatan 2 m/s. jika tumbukan tersebut adalah lenting sempurna maka berapa kecepatan akhirnya kedua benda tersebut?
Pembahasan
Diketahui :
mA = 2 kg, m= 4 kg
vA = 4 m/s, vB = -2 m/s
Ditanya : vA’ dan vB
Jawab : Kecepatan setelah bertumbukan adalah vA’ = -2 m/s dan vB’ = 4 m/s. arahnya berlawanan jika sebelumnya benda A ke kanan maka jadi ke kiri.

Contoh Soal 2

Bola A bermassa 2 kg bergerak ke kanan dengan kelajuan 2 m/s menumbuk benda B bermassa 2 kg yang sedang diam. Jika kedua benda bertumbukan lenting sempurna, berapa kelajuan akhir benda A dan benda B ?
Pembahasan
Diketahui :
mA = 2 kg, m= 2 kg
vA = 2 m/s, vB = 0 m/s
Ditanya : vA’ dan vB
Jawab :
vA’ = 0 dan vB’ = 2 m/s
Setelah bertumbukan, benda A diam dan benda B bergerak ke kanan dengan kelajuan 2 m/s.

Demikian uraian mengenai contoh dari tumbukan lenting sempurna beserta contoh soal dan pembahasannya.Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai tumbukan lenting sempurna. Jika ada yang mau ditanyakan. silahkan komentar atau hubungi penulis.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Ekologi