Sponsors Link

7 Contoh Radiasi Benda Hitam

Sponsors Link

Benda hitam pertama kali diperkenalkan oleh Gustav Robert Kirchhoff (1824-1887) pada tahun 1862. Istilah Benda hitam merupakan sebutan untuk benda yang mampu menyerap dan melepaskan radiasi kalor dengan baik. Radiasi kalor tersebut diserap dan dipacarkan dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Bentuk radiasi gelombangnya berbeda-beda tergantung wujud zat. Zat padat dan cair berupa spektrum kontinu dan gas berupa spektrum garis.

ads

Temperatur benda hitam berpengaruh terhadap jumlah dan jenis radiasi gelombang elektromagnetikyang di pancarkan. Semakin tinggi suhu benda hitam maka semakin banyak energi yang yang dipancarkan mulai dari panjang gelombang merah, jingga, kuning dan putih. Benda hitam merupaka istilah, objeknya tidak harus berwarna hitam.Radiasi benda hitam sering kita temui dalam kehidupan sehari –hari. Berikut contoh radiasi benda hitam.

Contoh Radiasi benda Hitam

  1. Efek Rumah Kaca

Penerapan dari sifat radiasi benda hitam dari efek rumah kaca adalah gejala dari fisika kuantum. Radiasi sinar matahari yang masuk ke bumi berupa sinar ultra violet dengan panjang gelombang pendek. Sebagian akan dipantulkan kembali dan diserap oleh gas-gas di atmosfer yang disebut efek rumah kaca. Merupakan salah satu gejala alam yang terjadi di troposfer (salah satu lapisan atmosfer paling dasar). Radiasi sinar matahari yang terperangkap oleh gas rumah kaca menyebabkan seisi rumah (dalam hal ini bumi) menjadi panas. (baca juga: Contoh fenomena pada lapisan atmosfer)

Energi yang memanskan bumi tersebut berupa gelombang panjang dalam bentuk radiasi infra merah oleh awan dan permukaan bumi. Efek rumah kaca dalam keadaan normal diperlukan untuk mempertahankan panas bumi namun manusia terkadang membuat konsentrasi CO2 menjadi naik sehingga berdampak berupa pemanasan global (global warming)

  1. Penggunaan Pakaian Berwarna Hitam

Baju warna hitam atau gelap merupakan penyerap dan pemancar panas yang baik sehingga ketika kita memakai pakaian hitam di siang hari akan terasa lebih panas dan pada malam hari terasa lebih hangat. Sedangkan baju warna putih merupakan penyerap dan pemancar panas yang buruk sehingga nyaman di siang hari daripada malam hari.

  1. Panel Surya

panel suryaPanel surya merupakan wadah logam berongga yang di cat hitam yang panel paling depan terbuat dari kaca. Fungsinya untuk menyerap radiasi sinar matahari. Sistem kerjanya yaitu radiasi matahari yang mengenai panel surya tersebut akan diserap oleh permukaan hitam dan dihantarkan secara induksi oleh logam dan bagian dalam panel tetap hangat oleh efek rumah kaca. Sirkulasi air dalam wadah logam akan membawa panas menjauh untuk dimanfaatkan sistem air panas domestik atau bisa juga untuk memanasi air pada kolam renang.

  1. Termos

Termos didalamnya berisi lapisan perak. Fungsinya adalah untuk mencegah perpindahan kalor secara radiasi. Lapisan perak tersebut memantulkan kembali radiasi ke dalam termos sehingga menjada suhu dalam termos tetap hangat. Sedangkan dinding gelas tidak dapat memindahkan panas karena merupakan konduktor yang buruk.

Baca juga:

Sponsors Link

  1. Kendi

Kendi merupakan wadah yang menampung air seperti halnya teko dan termos yang terbuat dari tanah liat. Air dalam kendi akan jauh lebih dingin daripada disimpan dalam teko atau bejana plastik karena terdapat pori-pori kecil. Sehingga kalor yang diperlukan untuk penguapan air akan diambil dari kendi dan air didalamnya dan tidak dapat meradiasi kalor keluar kendi.

  1. Mengukur suhu matahari atau bintang dengan spektrum radiasi benda hitam

Suhu bintang atau matahari atau bintang dapat diketahui dengan meneliti spektrum bintang atau matahari. Spektrum bintang didapat dari pengukuran kecepatan spektrum cahaya yang dipancarkan oleh semua gelombang elektromagnetik di ruang angkasa dengan kecepatan yang sama yang dihasilkan dari pancaran energi matahari atau bintang berupa radiasi melalui panjang gelombangnya.

Pada temperatur yang tinggi secara otomatis bintang atau matahari akan berdifusi yaitu terjadi penggabungan inti ringan yang membentuk inti berat. Inti atom hidrogen bergabung membentuk inti helium untuk membangkitkan energi didalam bintang atau matahari tersebut.

Sponsors Link

  1. Ruang vakum

Ruang vakum memiliki sumbat dari bahan isolator diantara dua dinding. Hal ini mencegah perpindahan kalor baik secara konduksi maupun konveksi. Sehingga pada saat cuaca panas kulit kita akan berkeringat dan keringat kita menguap dengan mengambil kalor dari tubuh kita sendiri dan menjadi dingin. Berbeda dengan anjing yang tidak memiliki kulit yang mampu mengeluarkan keringat. Saat panas hal yang dilakukan nya adlah menjulurkan lidah untuk mendinginkan tubuhnya agar terjadi  penguapan pada air ludahnya.

Demikian uraian penjelasan mengenai contoh radiasi benda hitam dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diaplikasikan. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan dan menjadi inspirasi dalam memicu penemuan penemuan yang lebih baik dan bermanfaat bagi kita semua.

 

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Fisika