Sponsors Link

Contoh Penerapan Hukum Newton Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sponsors Link

Seperti yang kita ketahui, bahwa asal muasal semua hukum-hukum yang ada pada ilmu fisika sebenarnya dibuat berdasarkan kepada kejadian yang ada di sekeliling kehidupan kita, jadi, tidak salah jika kita juga pasti akan menemukan penerapan hukum newton dalam kehidupan sehari-hari.

ads

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai penerapan Hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari, mungkin masih ada lupa atau belum tahu dengan Hukum yang dibuat oleh ilmuwan asal Inggris bernama Newton ini? Ya, Hukum Newton atau biasa juga disebut sebagai Hukum Gerak Newton adalah hukum dasar mekanika klasik yang mendeskripsikan korelasi atau hubungan antara gaya yang bekerja pada sebuah benda dan gerak yang disebabkannya.

Hukum Newton yang begitu populer di dunia fisika ini dinamakan berdasarkan nama penemunya, yaitu seorang ilmuwan kebangsaan Inggris bernama lengkap Isaac Newton. Secara garis besar, Hukum Newton sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu Hukum Newton I, II, dan III. Semua temuan Newton terkait dengan hukum fisika tersebut kemudian disebar luaskan dalam karyanya yang berjudul Philosophiae Naturalis Principia Mathematica yang terbit pada 5 Juli 1687 silam, sampai pada akhirnya kita ketahui sampai sekarang.

Setelah memahami Hukum Newton, ada beberapa kejadian di sekeliling kita yang sebenarnya juga menerapkan ketiga hukum tersebut. Berikut di antaranya:

  • Hukum Newton I

Secara umum, Hukum Newton I membahas mengenai sifat kelembaman suatu benda, yang berarti dalam semua benda punya kencenderungan untuk tetap mempertahankan posisi atau kedudukannya. Pada kehidupan sehari-hari, kita bisa menemukannya saat seseorang memberhentikan atau mengerem sepeda motor atau sepeda. Momentum saat mengerem secara tiba-tiba dan sekaligus tersebut membuat tubuh pengemudi akan terdorong ke depan. Contoh lain ada pada saat seseorang menginjak pedal gas pada mobil atau memacu gas sepeda motor, secara tiba-tiba pastinya tubuh pengendara bakal terdorong ke belakang.

  • Hukum Newton II

Lain halnya dengan hukum pertama Newton, hukum kedua Newton berhubungan dengan keadaan benda saat bergerak. Kemudian massa benda dan gaya yang diberikan terhadap benda akan dihitung. Pada kehidupan sehari-hari, kita bisa menemukan hukum ini pada saat seseorang mendorong gerobak mie ayamnya dengan kekuatan tertentu, kemudian gerobak itu bakal melaju dengan percepatan tertentu. Misalnya, pada sebuah mobil yang bermassa 1 ton, maka mobil tersebut akan melaju dengan percepatan 1 m/s2.

  • Hukum Newton III

Hukum ketiga Newton mengulas gaya aksi dan reaksi, maksudnya, benda yang diberikan gaya bakal menghasilkan reaksi terhadap kita. Pada kehidupan sehari-hari, kita bisa menemukan aplikasi hukum ini pada saat seseorang sedang menggunakan perahu dayung. Untuk bisa membuat perahu tersebut melaju, diperlukan aksi pendayung dengan mengayuh pendayungnya ke arah belakang terlebih dahulu, sehingga menimbulkan reaksi dari gaya yang diberikan, yaitu menyebabkan terdorongnya perahu ke arah depan.

Sponsors Link

Contoh lain bisa ditemukan juga pada sebuah mainan roket air.  Jika pernah bermain dengan roket air, Anda akan melihat tekanan air yang mengandung detergen dalam keadaan tinggi, lalu saat penutup roket air terbuka akan ada aksi berupa semburan air yang menyembur ke bawah, sehingga menimbulkan reaksi gaya untuk mendorong roket terlontar ke atas.

Itulah beberapa kejadian sederhana yang menggambarkan penerapan Hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari. Anda juga bisa menemukan kejadian lain yang sering kita lihat dan sebenarnya berkaitan juga dengan ketiga Hukum Newton.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Fisika