Sponsors Link

6 Jenis-Jenis pH Meter Beserta Gambarnya

Sponsors Link

pH meter memiliki 2 jenis umum. Yaitu untuk mengukur pH tanah dan untuk mengukur pH air. Dari kedua alat tersebut, tidak semua harus selalu digunakan pada laboratorium. Terdapat pH meter yang dapat dibawa kemana-mana atau yang disebut dengan pH meter portable sehingga memudahkan pekerjaan manusia dalam mengukur pH ditempat yang jauh dari peradaban ataupun jika harus mengukur pH tersebut pada waktu tertentu. Perbedaannya antara pH meter tanah dan pH meter air adalah sebagai berikut.

ads

pH Meter Tanah

pH meter ini digunakan untuk mengetahui kadar pH pada tanah pada kedalaman tertentu. Selain itu, pH meter tanah juga dapat membaca kadar sinar matahari dan kelembaban dari tanah tersebut. Jenis-jenis pH meter tanah antara lain :

  • pH meter kesuburan tanah KS-05

pH meter tanah KS-05

 

pH meter KS-05 dapat membantu kita untuk mengukur pH serta kadar kelembaban dan kadar air pada tanah tersebut. Kelemahan dari alat ini adalah masih memiliki model analog sehingga perlu dilakukan kalibrasi yang cukup sering.

 

  • pH meter tanah AMTAST ETP-111

pH meter tanah AMTAST ETP-111

 

pH meter AMAST ETP-111 alat yang digunakan untuk pH tanah pada pertanian. Alat ini memiliki logam besi yang terdapat dektektor diujungnya untuk digunakan sebagai pembaca pH dan dilihatkan pada analog yang terdapat di alat tersebut.

 

  • pH meter 3 in 1

pH meter tanah 3 in 1

 

pH meter 3-1 merupakan pH meter yang dapat mengukur pH, kelembaban dan kadar cahaya. Cara menggunakan pH meter tanah ini cukup praktis dikarenakan mampu untuk membaca 3 hal yang cukup penting yang dibutuhkan tanah untuk dimanfaatkan oleh manusia seperti bercocok tanam.

 

pH Meter Air

pH meter air digunakan untuk mengukur pH dalam air. Terdapat 2 jenis secara umum yaitu pH meter kantong dan pH meter laboratorium. Meski memiliki fungsi yang sama, tetapi keduanya sedikit berbeda dalam membacanya. Jenis-jenis dari pH meter air adalah sebagai berikut :

  • pH meter KL-03

pH meter KL-03

pH meter KL-03 merupakan pH meter yang dapat dibawa kemana-kemana. Jenis pH meter ini dapat dibawa dan dapat mengukur pH secara langsung pada gelas minuman. Contohnya, kita dapat mengukur kadar keasaman dari susu yang telah diletakan di suhu ruang dalam waktu 4 hari. Rasa asam tersebut karena terurainya laktosa menjadi asam laktat.

 

Sponsors Link

  • pH meter pH 105

pH meter pH105

pH meter pH 105 merupakan jenis pH meter yang meter yang dapat digunakan diluar ruangan. pH meter ini dapat mengukur air pada air keran, air hujan dan sumber mata air. Alat ini tidak dapat digunakan pada suhu yang tinggi dan tidak dapat mengukur pada larutan yang memiliki viskositas yang tinggi/ larutan yang kental. Sehingga alat ini lebih cocok untuk digunakan pada air yang memiliki viskositas sekitar 1 mPa.s.

 

  • pH meter laboratorium

pH meter laboratorium

 

pH meter laboratorium dapat mengukur pH meter dari air beserta dengan konduktivitasnya. Konduktivitas merupakan kemampuan air tersebut untuk menghantarkan listrik dengan satuan S ( siemens ). Semua jenis air memiliki nilai konduktivitas walaupun sangat kecil. Secara teori, air aquademin yang merupakan air murni memiliki nilai 0.0054 uS.

 

Jika kita menggunakan alat pengukuran dalam jangka yang panjang, tentu saja lama kelamaan alat tersebut akan membaca dengan tidak maksimal. Oleh karena itu, semua alat tersebut memerlukan kalibrasi. Kalibrasi bertujuan untuk meningkatan dan mempertahankan keakurasi-an dari alat tersebut untuk mendeteksi nilai pH. Setiap alat memiliki jangka waktu yang berbeda-beda untuk masa kalibrasinya. Tergantung dari perusahaan yang membuat alat tersebut dan juga seberapa lama alat tersebut digunakan. Begitulah macam-macam pH meter beserta fungsinya.

Sponsors Link
, , , ,



Oleh :
Kategori : Kimia