Sponsors Link

Peranan Virus yang Menguntungkan Bagi Tumbuhan

Sponsors Link

Jika kita berbicara mengenai pengelompokan hewan maka ada banyak sekali jenis yang bisa kita temukan. Setiap hewan akan selalu memiliki keunikan dan karakteristik berbeda-beda yang sangat menarik. Hal tersebutlah yang membuat banyak sekali jenis-jenis hewan yang beraneka ragam. Kegunaan atau manfaat dari setiap jenis hewan tersebut juga berbeda-beda. Semuanya akan tergantung dari jenis dan karakteristik dari hewan tersebut.

ads

Namun, satu hal yang pasti adalah setiap hewan atau makhluk hidup memiliki manfaatnya masing-masing. Yang bisa digunakan untuk menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat. Bahkan beberapa hewan seperti dan bakteri dan virus pun memiliki manfaat mereka masing-masing yang dapat digunakan untuk berbagai macam kepentingan.

Salah satu jenis hewan yang di anggap sebagai penyebar hal buruk adalah virus. Hewan yang satu ini merupakan sebuah hewan yang cukup untuk dan menarik. Keunikan  dari hewan yang satu ini dapat kita temukan pada daur hidup virus. Jika berbicara mengenai daur hidup maka akan  berbicara mengenai siklus reproduksi yang dimiliki oleh hewan ini. Secara garis besar, virus dapat berkembang biak dengan menggunakan dua cara satu sikluk lisogenik dan siklus litik. Keduanya merupakan cara yang digunakan untuk berkembang biak dari virus.

Pada dasarnya virus sendiri memiliki banyak sekali jenis dan kegunaan. Setiap jenis akan menyerang beberapa makhluk hidup tertentu secara spesifik. Meskipun hewan ini memiliki banyak efek buruk, tapi ada beberapa efek positif. Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa virus yang menguntungkan bagi tumbuhan. Hal ini lebih berhubungan denganperanan dari virus itu sendiri

PERANAN VIRUS

Selama ini virus merupakan salah satu hewan yang banyak dikategorikan sebagai hewan yang memberikan keburukan bagi makhluk hidup. Ada banyak sekali penyakit yang dihasilkan oleh virus. Bahkan virus tak hanya menyerang pada hewan dan manusia saja. Ada beberapa virus yang menyerang dan merusak susunan dari tumbuhan yang ada di bumi. Namun, virus sendiri juga memiliki beberapa kelebihan seperti

1. Sebagai Pembuat Vaksin

Jika kita berbicara mengenai vaksin maka akan berhubungan erat dengan bidang mikrobiologi. Hal tersebut karena kita membicarakan mengenai virus. Jika kita berbicara mengenai manfaat virus yang menguntungkan bagi tumbuhan maka, peranan tersebut adalah sebagai sebuah vaksin. Jika berbicara mengenai vaksin maka kita tak hanya berbicara mengenai vaksin pada hewan atau manusia saja. Namun, tumbuhan sendiri juga membutuhkan pemberian vaksin. Hal ini bertujuan untuk memberikan kekebalan pada tingkat genetika bagi tumbuhan tersebut. Pada jenis tumbuhan seperti ini, maka tumbuhan itu akan tahan terhadap serangan virus-virus tertentu yang berbahaya.

2. Media isolasi genetik

Virus merupakan sebuah hewan yang bisa dikatakan cukup sederhana. Bahkan mungkin lebih sederhana daripada bakteri. Meskipun disebut sebagai hewan, tapi virus memiliki perbedaan yang sangat mencolok pada tingkat keberadaan jaringan hewan. Pada beberapa bidang ilmu genetika tumbuhan, virus sering digunakan sebagai vektor untuk membawa genetik tumbuhan tertentu. Ketika informasi genetik suatu tumbuhan tertentu diberikan pada virus, maka kita dapat memantau perkembangan dari rekayasa genetik. Selain itu hal ini juga dapat lebih mengamankan informasi genetik yang ada.

3. Pembunuh bakteri

Bakteri merupakan patogen lain yang sangat berbahaya bagi tumbuhan. Kerusakan yang disebabkan oleh munculnya infeksi bakteri merupakan salah satu yang sangat dihindari. Untuk dapat menghindari ini, maka kita bisa memasukan DNA virus kedalam DNA bakteri. Ketika DNA virus memasuki bakteri, maka secara otomatis bakteri tersebut akan dapat rusak dengan sendirinya. Jadi dalam hal ini bisa dikatakan bahwa virus merupakan salah satu musuh alami bagi bakteri

4 Pembuatan Antitoksin

Point berikutnya pada manfaat virus yang menguntungkan bagi tumbuhan, maka pembuatan toksin adalah salah satu hal yang penting. Toksin biasanya disebarkan oleh bakteri tertentu yang memasuki kedalam tumbuhan. Penyebaran toksin pada tumbuhan biasanya akan mengakibatkan busuk dan beberapa kelainan lain. virus merupakan salah satu vektor yang banyak digunakan untuk membuat antitoksin. Ketika virus diberikan DNA toksin tertentu maka, DNA virus akan secara otomatis memproduksi penawar dari virus tersebut. kemudian virus tersebut akan disuntikan kepada Bakteri untuk memperbanyak jumlahnya. Dari sinilah muncul beberapa antivirus yang sangat bermanfaat bagi ketahanan  tumbuhan.

EFEK BURUK

Selain memiliki efek posistif, Virus sendiri juga memiliki ebebrapa efek buruk seperti

  1. Bercak kuning yang ada di daun tembakau diakibatkan oleh Tobacco Mosaic Virus (TMV).
  2. Cucumber Mosaic Virus, virus penyebab kerusakan buah mentimun.
  3. Wheat Mosaic Virus, virus penyebab kerusakan gandum.
  4. Bean Mosaic Virus, virus penyebab kerusakan buncis.
  5. Tungro yang merusak padi lewat hama wereng dan penyebab padi kerdil.
  6. Sugarcane Mosaic Virus, virus penyebab kerusakan tebu.
  7. Turnip Yellow Mosaic Virus, virus penyebab rusaknya daun kapas dan daun jadi menggulung.
  8. Citrus Vetn Phloem Degeneration merupakan penyebab matinya tanaman jeruk.

Itu tadi beberapa manfaat virus yang menguntungkan bagi tumbuhan. Selain memiliki peranan positif pada dasarnya virus juga memiliki peranan negaritf yang cukup berbahaya. Semua itu tergantung bagaimana kita memanfaatkan setiap kondisi dan pengetahuan. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Sponsors Link
, ,



Oleh :
Kategori : Hewan
Search
Belajar Online Gratis

Ternyata banyak sekali orang-orang pintar dari Indonesia yang berhasil menciptakan sesuatu dan diakui oleh Internasional. Berikut ini daftar ilmuwan dengan ciptaannya yang fungsi dan temuannya diakui oleh banyak negara di dunia.