Sponsors Link

Konsep Teori Atom Mekanika Gelombang Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Sponsors Link

Bicara soal atom, banyak yang tidak percaya bahwa atom itu ada dan atom yang memiliki bentuk kecil hanya bisa dilihat dengan menggunakan alat. Atom tidak bisa dilihat dengan mata biasa dan untuk melihat atom, harus menggunakan berbagai percobaan yang teliti. Pada dasarnya, para ahli hanya mengetahui bahwa model atom adalah gambaran dan bentuk atom secara nyatanya sangat sulit untuk didefinisikan. Penyempurnaan mengenai teori atom terus berlangsung sampai sekarang dan dunia pendidikan terus mengalami perkembangan yang pesat. Indonesia menjadi negara yang miliki perhatian khusus terhadap dunia pendidikan dan pendidikan dianggap sektor yang sangat penting.

Dalam sejarahnya atom berasal dari bahasa yunani yang artinya atomos dan atom memiliki sifat yang tidak dapat dipecahkan lagi. Ahli kimia pada abad ke 19 banyak menemukan unsur kimia yang tidak bisa dipecahkan lagi dan pada abad ke 20 baru ada keputusan dari kimiawan yang menyebutkan bahwa atom tidak bisa dipecah lagi. Atom terbentuk dari partikel elektron, neutron dan proton. Salah satu gagasan paling populer mengenai atom muncul dari seorang John Dalton dan kajian dalton menjadi konsep paling atom paling populer. Dalam perjalanannya, dalton terus mengembangkan temuannya dengan berbagai langkah-langkah penelitian yang jelas dan teori atom Dalton terus dikembangkan oleh ilmuan lainnya.

Konsep Teori Atom Mekanika Gelombang

Teori atom adalah teori ilmiah yang menjelaskan tentang sifat alami materi dan teori atom menyatakan bahwa suatu materi disusun dari yang terkecil yaitu atom. Pada awal ke 19 ada suatu konsep filosofis yang menyatakan bahwa materi memiliki perilaku seperti saat disusun oleh atom-atom. Teori tentang atom terus berkembang dari waktu ke waktu dan memberikan dampak besar terhadap keilmuan. Teori atom memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Teori atom menjadi kajian yang sangat penting untuk dipelajari, karena menjadi dasar dari ilmu pengetahuan dan teori atom selalu muncul pada jenjang sekolah menengah atas atau sma.

Teori atom mekanika gelombang adalah dasar ilmu fisika yang menggantikan ilmu mekanika klasik yang berlaku pada atom dengan subatom dan sistem yang ada pada mekanika gelombang dapat berada di superposisi. Hadirnya teori atom mekanika gelombang menjadikan dasar munculnya berbagai cabang ilmu kimia dan fisika. Ada beberapa ilmu baru yang merupakan cabang dari teori mekanika gelombang seperti kimia kuantum dan fisika partikel. Teori mekanika kuantum gelombang menjadi dasar atau pilar fisika modern dan dasar dari mekanika kuantum menyebutkan bahwa ilmu tidaklah kontinyu. Mekanika kuantum terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu dan menghasilkan gerak yang varitif.

Kelebihan Teori Atom Mekanika Gelombang

1. Posisi ditemukan elektron

Elektron yaitu partikel yang masuk dalam subatom bermuatan negatif dan elektron dinyatakan tidak memiliki komponen dasar. Elektron memiliki massa dan antipartikel elektron sering disebut sebagai positron dan saat elektron dengan positron bertumbukan, maka akan memunculkan kemungkinan saling berhambur atau menghasilkan musnah total. Dengan hadirnya teori atom mekanika gelombang dapat mengemukakan posisi elektron dan posisi elektron dalam penelitian klasik dinyatakan tidak bisa ditemukan. Teori atom mekanika gelombang menjadi salah satu pembahasan dalam cabang ilmu kimia dan teori ini mampu menentukan posisi elektron.

2. Elektron saat mengorbit

Dalam dunia fisika, pasti akan menemukan pembahasan mengenai gerak relatif dan suatu gerak dapat terjadi pada suatu orbit. Pada dasarnya orbit adalah jalur yang bisa dilalui oleh objek, karena mendapat pengaruh dari gravitasi dan hadirnya orbit membuat suatu benda bisa bergerak secara lurus. Hal ini terjadi pada elektron yang bisa mengorbit dan teori atom mekanika gelombang mampu menerangkan posisi elektron saat mengorbit. Dengan hadirnya teori atom mekanika gelombang, maka dapat disimpulkan bahwa elektron dapat melakukan orbit dan Penjelasan ini menjadi salah satu kelebihan dari teori atom mekanika gelombang. Pada dasarnya dalam suatu atom hidrogen, pasti terdiri dari suatu elektron yang melakukan orbit dan proses orbitnya berada pada inti yang miliki satu proton.

3. Perpindahan energi eksitasi

Perpindahan energi menjadi sebuah hal yang biasa terjadi pada benda dan menjadi pembahasan yang seringkali muncul pada ilmu kimia dengan fisika. Dalam pengajaran fisika disebutkan bahwa eksitasi adalah penambahan jumlah energi ke suatu sistem dalam inti atom atau molekul dan perpindahan energi bisa dilakukan pada energi terendah sampai energi yang lebih tinggi. Salah satu kelebihan yang dimiliki teori mekanika gelombang adalah dapat mengukur perpindahan energi eksitasi dan energi emisinya.

4. Identifikasi proton dan netron

Proton adalah suatu partikel subatomik yang memiliki simbol P dan proton memiliki massa yang lebih sedikit dibandingkan neutron. Pada dasarnya suatu atom pasti memiliki proton dan nautron yang berada di inti atom atau bagian tengah. Elektron akan mengelilingi inti suatu atom. Pada suatu atom yang memiliki muatan netral, pasti jumlah protonnya akan sebanding dengan jumlah elektronnya. Sifat kimia suatu atom biasanya ditentukan dari jumlah proton di bagian inti dan inti atom biasa dikenal sebagai nukleon. Teori atom mekanika gelombang mampu mengidentifikasi proton dan netron yang ada pada inti atom.

Kekurangan Teori Atom Mekanika Gelombang

1. Rumusan persamaan gelombang

Inti atom adalah pusat dari suatu atom dan terdiri dari proton dengan neutron. Nomor atom biasanya didapatkan dari jumlah proton di inti atom dan jumlah proton bisa menentukan elemen dari atom. Ukuran inti atom pasti memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan ukuran atomnya dan jumlah elektron yang terdapat di inti atom akan menentukan isotop. Jumlah proton dan neutron akan saling berhubungan. Dalam teori atom mekanika gelombang, rumusan persamaan gelombang hanya bisa diterapkan secara eksak.

2. Teori atom mekanika gelombang sulit diterapkan dalam skala besar

Dalam kajian teori atom mekanika gelombang sangat sulit diterapkan pada skala yang besar dengan banyaknya atom dan teori ini sulit diterapkan pada hewan, manusia dengan tumbuhan. Teori ini hanya bisa diterapkan pada skala yang kecil.

Demikian ulasan lengkap mengenai teori atom mekanika gelombang dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Kimia