Sponsors Link

Konsep Teori Atom Louis De Broglie serta Kelebihan dan Kekurangannya

Sponsors Link

Secara sejarah perkembangan atom di seluruh dunia dimulai sejak 400 tahun sebelum masehi dan pencetus atom yang pertama adalah filsafat yunani yang bernama Leukippos dengan Demokritos. Kedua filsafat melakukan penelitian untuk mencari asal mula semua benda yang ada di alam semesta dan kesimpulannya menyatakan bahwa semua benda pasti berasal dari bagian-bagian yang kecil. Sekitar abad ke 5 sebelum masehi ada filsafat India yang mengemukakan bahwa unsur benda terdiri dari 1 sampai dengan 5 unsur dan pada abad ke 8, ada seorang ilmuan muslim yang bernama Jabir menyatakan bahwa atom adalah partikel dasar yang tidak dapat dipecah lagi.

Model atom yang dikemukakan J.J. Thomson menjadi salah satu model atom yang familiar, karena eksperimen ini menggunakan sinar katoda dan eksperimen ini menyebutkan bahwa sinar katoda terbelokkan dengan adanya medan magnet. Sinar katoda adalah radiasi yang mengandung partikel listrik dan partikel-partikel yang ada di sinar katoda biasa disebut sebagai elektron. Teori yang menjelaskan mengenai atom memang bermunculan dan setiap teori memiliki keunikkan. Teori atom Louis Broglie memiliki andil besar untuk perkembangan pengetahuan dan teori ini menjadi penyempurnaan beberapa teori yang sebelumnya pernah ada.

Bunyi Teori Atom Louis Broglie

Teori Atom Louis Broglie dalam cabang ilmu kimia mengemukakan mengenai hipotesis gelombang materi dan penemuan ini menjadi kebalikan dari teori Max Planck tentang partikel suatu cahaya. Louis Broglie melakukan eksperimen difraksi berkas elektron dan mampu meneliti adanya gelombang. Prinsip dualitas berkesimpulan mengenai materi yang miliki sifat gelombang di samping suatu partikel dan prinsip ini sangatlah mendasar dalam teori atom. Sifat partikel dengan suatu gelombang memang tidak bisa nampak secara nyata dan sifatnya sangat tergantung pada perbandingan panjang suatu gelombang. Partikel yang bergerak disebutkan memiliki sifat gelombang dan hal ini terlihat dari petir dengan kilat.

Pada dasarnya kilat akan terjadi lebih dulu dibandingkan dengan petir dan kilat akan terlihat dalam bentuk cahaya, sedangkan petir akan terdeteksi dalam bentuk bunyi. Teori atom Louis Broglie menyatakan bahwa materi akan memiliki sifat yang terbagi menjadi sifat materi dan juga gelombang. Sekitar tahun 1924, Louis Broglie pernah menyatakan bahwa cahaya dapat terlihat dalam suatu suasana atau kondisi tertentu dan c1 adalah cara untuk menghitung panjang gelombang yang ditemukan Louis Broglie. Teori ini sudah terbukti benar dengan ditemukannya sifat gelombang pada suatu elektron dan elektron ditemukan memiliki sifat difraksi layaknya suatu sinar x.

Teori atom Louis Broglie masuk dalam jajaran teori model atom modern yang memiliki peranan penting terhadap perkembangan keilmuan atom dan teori ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan teori lainnya, namun ada juga kekurangan yang dimiliki teori ini. Dualisme sifat materi, membuat gagasan Bohr mengenai lintasan gelombang tidaklah benar dan gelombang dinyatakan tidak mengikuti suatu garis, melainkan menyebar pada suatu daerah.

Kelebihan Teori Atom Louis Broglie

1. Susunan inti atom

Neutron adalah partikel subatomik yang memiliki kandungan massa sekitar 940 MeV/c² dan tidak memiliki muatan netral. Jumlah massa yang dimiliki neutron sedikit lebih besar daripada proton dan netron yang berada di luar inti atom, memiliki kondisi yang tidak stabil. Pada dasarnya atom pasti memiliki inti atom yang tersusun atas proton yang miliki muatan positif dengan elektron yang memiliki muatan negatif. Berdasarkan langkah-langkah penelitian disimpulkan bahwa susunan inti atom bisa ditentukan dengan adanya teori atom Louis Broglie dan penelitian ini memiliki andil yang sangat penting untuk perkembangan ilmu atom.

2. Peradaran elektron

Dalam berbagai jenis metode penelitian di ilmu fisika, elektron memiliki peranan yang sangat penting dan suatu elektron yang bergerak akan menghasilkan medan magnet. Suatu elektron yang geraknya dipercepat, pasti akan menyerap ataupun memancarkan suatu energi dan elektron akan bekerja sama dengan proton serta neutron untuk membentuk atom. Elektron hanya mengambil sebagian kecil massa atom dan adanya gaya tarik antara alektron dengan proton akan menghasilkan elektron yang terikat. Teori atom Louis Broglie dapat menentukan peredaran elektron pada inti atom dan peredaran dilakukan pada lintasan kulit.

3. Susunan kulit eletron

Hubungan antara pembahasan fisika dengan cabang ilmu kimia tidaklah terlalu bersebrangan, karena sama-sama masuk lingkup ilmu pengetahuan alam atau sains dan dalam dunia fisika ada istilah percepatan partikel. Ada banyak ilmuan yang mengembangkan ilmu tentang percepatan partikel dan elektron menjadi suatu kandungan atom yang bisa dipercepat. Elektron menjadi bahasan yang seringkali muncul dalam dunia fisika dan sangat berhubungan dengan proton dengan netron. Kulit elektron pasti tersusun atas sub kulit dan penemuan ini menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh teori atom Louis Broglie.

4. Ruang elektron

Dengan adanya teori atom Louis Broglie, maka dapat ditemukan bahwa kulit elektron memiliki sub kulit dan setiap sub kulit, pasti tersusun atas orbital atau ruang elektron. Peredaran elektron sangat ditentukan oleh bilangan kuantum dan dalam hal ini dinyatakan bahwa elektron sangatlah penting bagi atom. Atom dengan elektron menjadi sebuah hal yang tidak bisa dipisahkan, karena saling berhubungan satu sama lainnya. Elektron pasti akan mengelilingi inti atom dan lintasan kulit dikategorikan menjadi beberapa macam. Pelajaran mengenai elektron sangatlah penting untuk dipelajari sebagai dasar pembelajaran atom.

Kekurangan Teori Atom Louis Broglie

Atom memang tidak hanya memiliki elektron tunggal, karena banyak yang memiliki elektron bervariasi dan teori atom louis broglie memiliki kelemahan dari pembahasannya yang hanya menerangkan atom dengan elektron tunggal. Gas hidrogen adalah salah satu contoh atom yang memiliki elektron tunggal dan teori atom louis broglie tidak dapat menerangkan spektrum warna dari suatu atom. Secara keseluruhan teori atom ini memang memiliki banyak kelebihan, jika dibandingkan dengan kekurangannya dan pemanfaatan teori ini sangatlah baik untuk bidang pendidikan. Sebagai dasar pengajaran fisika, pelajar harus memahami beberapa kelebihan dan kekurangan suatu teori atom.

Sekian ulasan lengkap mengenai teori atom Louis Broglie dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kimia